Cara Membuat Sunblock Sendiri Dirumah

Sinar matahari terutama pada siang hari memiliki dampak buruk bagi kulit kita, apabila kita berlama-lama berada dibawah terik matahari siang maka bukan hanya membuat kepala menjadi pusing saja tetapi juga bisa membuat kulit wajah, tangan, kaki menjadi gosong atau hitam. Nah Anda tentunya tidak mau bukan, jika kulit wajah, tangan dan kaki yang telah susah payah dirawat setiap hari tiba-tiba menjadi hitam kusam akibat paparan matahari di siang hari.

Maka dari itu, sebelum keluar rumah untuk melakukan aktivitas harian maka ada baiknya jika kita terlebih dahulu membentengi kulit wajah, tangan dan kaki dengan sunblock. Tenang, Anda tidak perlu merogoh kocek yang dalam untuk membeli sunblock yang dijual dipasaran karena sebenarnya kita bisa membuat sunblock sendiri dirumah dengan menggunakan bahan-bahan alami.

Cara Membuat Sunblock Sendiri Dirumah


Mau tau apa saja bahan-bahan alami rumahan yang bisa kita jadikan sebagai bahan untuk membuat sunblock ? jika Anda penasaran dan ingin mengetahuinya maka silahkan simak selengkapnya dibawah ini.


Cara Membuat Sunblock Sendiri di Rumah


Cara membuat sunblock atau tabir surya sendiri dirumah sebenarnya tidaklah terlalu sulit tetapi sayangnya tidak banyak orang yang suka membuat sunblock sendiri dirumah dan mereka lebih suka membeli sunblock yang dijual dipasaran karena dianggap lebih praktis dan simpel. Namun apapun itu, pilihan tetap ditangan Anda dan apabila Anda ingin mencoba membuat sunblock atau tabir surya sendiri dirumah maka berikut bahan-bahan yang harus Anda siapkan

Bahan-Bahan
  • 1/4 cangkir minyak kelapa (kandungan SPF 4)
  • 1/4 cangkir lilin lebah atau bisa menggunakan madu
  • 1/2 cangkir minyak zaitun
  • 2 sendok makan ZINC OXIDE (jenis non-nano yang tidak diserap tubuh, jangan dihirup, bahan ini akan memberi SPF 20)


Bahan Tambahan :
  • 2 sendok makan shea butter (meningkatkan SPF hingga 4-5)
  • 1 sendok teh minyak vitamin E
  • Minyak esensial atau ekstrak vanila.


Cara pembuatan :
  1. Masukan semua bahan yaitu mulai dari minyak kelapa, lilin lebah atau madu, minyak zaitun, shea butter, minyak vitamin E dan minyak esensial. Masukan semua bahan tersebut kecuali zinc oxide kedalam mangkok yang agak besar dan aduk hingga semuanya tercampur rata
  2. Lalu kemudian panaskan panci berisi air, tunggu hingga airnya menjadi hangat
  3. Setelah itu, masukan semua bahan yang sudah tercampur tadi kedalam panci yang berisi air hangat tersebut dan aduk-aduk hingga semuanya larut dan tercampur rata
  4. Apabila semua bahan sudah tercampur rata maka baru masukan zinc oxide dan aduk lagi agar semuanya tercampur rata  ( Pake masker saat pencampuran zinc oxide )
  5. Setelah semuanya tercampur maka matikan api dan dinginkan
  6. Masukan tabir surya atau sunblock buatan Anda tersebut kedalam toples dan simpan ditempat yang sejuk.

Note :
  • Produk ini mengandung SPF 20-25
  • Sunblock bisa bertahan selama 6 bulan 
  • Hindari kontaminasi dengan air saat penimpanan
  • Cara menggunakan sunblock sama seperti biasa 
  • Simpan Sunblock ditempat sejuk dan kering


Itulah cara membuat tabir surya atau sunblock sendiri dirumah dengan menggunakan bahan-bahan alami. Jika Anda waktu dan sedang tidak repot maka bolehlah sesekali untuk mencoba membuatnya dirumah. Jangan bairkan kulit putih halus Anda di "curi" oleh sinar matahari.