Bahaya Terlalu Sering Mengkonsumsi Makanan Pedas

bahaya makanan pedas bagi kesehatan

Tren makanan serba pedas akhir-akhir ini kian populer dan makanan dengan cita rasa pedas juga memiliki peminat yang sangat tinggi. Mungkin Anda juga termasuk orang yang gemar mengkonsumsi makanan pedas. Walau sebenarnya cabai memiliki kandungan vitamin A, B, C dan E yang mampu melancarkan saluran pencernaan serta menyehatkan jantung. Namun dibalik manfaat tersebut ada bahaya terlalu sering mengkonsumsi makanan pedas juga tetap ada dan tidak bisa dianggap remeh.

Bagi Anda yang suka mengkonsumsi makanan pedas sebaiknya hindari konsumsi secara berlebihan karena bahaya tadi. Lambung merupakan organ manusia yang paling rawan mengalami masalah jika Anda mengkonsumsi makanan dengan cita rasa pedas secara berlebihan. Tanda-tanda jika lambung Anda sudah mengalami masalah gastritis adalah perut kembung, mual, muntah hingga diare.

Untuk informasi lebih lanjut, simak ulasan lengkap mengenai penyakit yang mengintai jika Anda terlalu sering mengkonsumsi makanan pedas.


Bahaya Terlalu Sering Mengkonsumsi Makanan Pedas


1. Asam Lambung
Pedas merupakan pemicu naiknya asam lambung sehingga membuat perut terasa mual, muntah hingga begah. Asam lambung yang naik secara berlebihan akan mengiritasi lambung sehingga terasa sangat perih. Jika tidak segera dikurangi atau dihentikan penderita asam lambung yang tetap mengkonsumsi makanan pedas akan mengalami perdarahan.

2. Sakit Perut dan Nafsu Makan Menurun
Sakit perut merupakan hal wajar yang akan terjadi jika Anda mengkonsumsi makanan pedas secara berlebihan.  Makan makanan pedas terlalu berlebihan akan membuat saluran pencernaan menjadi iritasi  dan meningkatnya gerakan usus. Biasanya hal ini ditandai dengan rasa mulas yang tidak tertahankan.

Kebanyakan orang menambahkan rasa pedas pada makanan untuk meningkatkan selera makan. Namun ada beberapa orang yang justru kehilangan nafsu makan akibat rasa pedas sehingga lebih banyak minum dibandingkan menghabiskan makanan yang ada.

3. Kesehatan Kulit Terganggu
Bahaya terlalu sering mengkonsumsi makanan pedas selanjutnya adalah bisa mengurangi kecantikan kulit Anda. Mengkonsumsi cabai yang diolah dengan cara digoreng akan membuat timbunan lemak bertambah serta kulit menjadi berminyak, khususnya pada wajah sehingga mengganggu penampilan. Riasan atau make up juga rusak apabila produksi minyak berlebihan.

Produksi minyak berlebih juga bisa menimbulkan timbulnya masalah jerawat. Jerawat sendiri merupakan masalah kulit yang cukup serius karena bisa menurunkan rasa percaya diri seseorang. Cara agar jerawat tidak semakin meradang adalah dengan mengurangi konsumsi makanan terlalu pedas sebagai salah satu penyebab meningkatnya produksi sebum berlebihan.

4. Insomnia
Insomnia merupakan gangguan pada kualitas tidur seseorang. Salah satu bahaya terlalu sering mengkonsumsi makanan pedas  terutama di malam hari adalah bisa menyebabkan insomnia. Sebaiknya sebelum tidur hindari makan makanan terlalu pedas karena bisa menyebabkan gangguan tidur akibat peningkatan suhu tubuh.

Apabila seseorang mengalami insomnia maka siang harinya badan akan terasa letih, lemah  dan lesu sehingga aktivitas menjadi terganggu.

5. Sariawan
Pola hidup yang kurang sehat apabila ditambah dengan konsumsi makanan pedas secara berlebihan maka bisa menyebabkan Anda mudah terserang sariawan. Kondisi tubuh yang lemah memudahkan seseorang terserang berbagai macam penyakit terutama sariawan ini. Sariawan merupakan penyakit yang sangat mengganggu karena bisa mengurangi selera makan hingga bisa menyebabkan berat badan menurun.

6. Refluks Asam
Refluks asam adalah rusaknya bagian kerongkongan sehingga mengakibatkan isi lambung mengalir kembali ke kerongkongan. Selain rusaknya saluran kerongkongan refluks asam bisa menyebabkan nyeri dan peradangan.

7. Sakit Kepala
Bahaya terlalu sering mengkonsumsi makanan pedas yang sangat mengganggu adalah sakit kepala. Konsumsi makanan pedas dalam keadaan perut kosong akan membuat rasa sakit kepala hebat sebagai efek dari naiknya asam lambung.


Itulah dia bahaya makanan pedas bagi kesehatan yang perlu Anda ketahui. Bagi kamu pecinta makanan pedas mesti hati-hati ya, jangan terlalu berlebihan mengkonsumsi makanan pedas.