7 Obat Alami Sakit Gigi Berlubang dan Gusi Bengkak


Beberapa hari yang lalu sakit gigi tiba-tiba menyerang sehingga membuat seluruh aktivitas harian saya menjadi terganggu. Kebetulan gigi geraham sebelah kanan saya memang sudah berlubang dan apabila kemasukan makanan sedikit saja maka akan terasa sakit. Sebenarnya hal tersebut memang sudah biasa bagi saya tetapi kali ini saya merasakan sakitnya sudah lebih dari biasa, apalagi hal tersebut ditambah dengan adanya pembengkakan pada gusi maka Anda pasti sudah bisa membayangkan bagaimana rasanya saya menahan rasa sakit.

Sakit gigi berlubang dan ditambah dengan gusi bengkak ibarat suatu mimpi buruk yang sangat tidak diinginkan oleh kebanyakan orang. Begitupun dengan saya, tidak terbayang kalau ternyata sakit gigi dan gusi bengkak ini akan datang tiba-tiba di saat saya sedang begitu banyak aktivitas. Untuk mengatasi hal ini maka mulailah saya mencari-cari obat untuk sakit gigi berlubang dan gusi bengkak ini di internet.

Setelah berkeliling-keliling di dunia maya ternyata ada begitu banyak bahan-bahan alami tradisonal yang bisa digunakan untuk obat sakit gigi berlubang dan gusi bengkak. Kita tinggal pilih saja salah satu cara alami yang mana paling mudah dan murah. Cara favorit saya adalah dengan berkumur-kumur menggunakan air hangat yang telah dicampur garam dan kemudian dilanjutkan dengan memasukan bawang putih kedalam gigi yang berlubang. Ajaibnya, dalam waktu sekejap obat sakit gigi tradisional ini bisa langsung menghilangkan rasa sakit pada gigi saya.

Nah, selain cara diatas berikut dibawah ini ada sedikit rangkuman yang saya dapatkan di internet mengenai obat sakit gigi berlubang dan gusi bengkak yang ampuh dan aman.

Obat Sakit Gigi Berlubang dan Gusi Bengkak


1. Minyak Cengkeh
Minyak cengkeh bisa menjadi alternatif terbaik untuk mengatasi sakit gigi berlubang dan gusi bengkak. Cara menggunakannya pun sangat mudah, cukup teteskan minyak cengkeh pada kapas dan kemudian tempelkan pada gigi yang berlubang dan pada gusi Anda yang bengkak.

Biarkan selama 20 menit, lalu setelah itu kumur-kumur dengan menggunakan air hangat. Minyak cengkeh akan membantu membunuh kuman penyebab sakit gigi dengan cepat sehingga hal ini bisa membuat rasa sakit pada gigi Anda menghilang dalam waktu singkat.

2. Bawang Putih
Anda pasti bisa dengan mudah menemukan bawang putih karena memang bumbu dapur yang satu ini selalu tersedia di dapur. Selain digunakan sebagai bumbu penyedap masakan, bawang putih juga bermanfaat untuk mengobati sakit gigi berlubang dan gusi bengkak.

Caranya, haluskan satu siung bawang putih dan campur dengan sedikit garam. Setelah itu masukan pada gigi yang berlubang atau oleskan pada gusi yang bengkak. Biarkan saja selama 15 menit dan kemudian setelah itu baru silahkan kumur-kumur dengan air hangat. Meskipun rasanya cukup tidak enak tetapi obat tradisional yang satu ini sangat ampuh didalam mengatasi sakit gigi berlubang dan gusi bengkak.

3. Campuran Air Hangat dan Garam
Campuran air hangat dan garam adalah salah satu cara untuk mengobati sakit gigi dan gusi bengkak yang paling banyak dilakukan oleh kebanyakan orang. Hal ini dikarenakan cara alami yang satu ini sangat simpel, mudah dan ampuh.

Anda cukup menyiapkan setengah gelas air hangat dan kemudian campurkan dengan beberapa sendok garam. Aduk-aduk, setelah garam larut maka cobalah gunakan air tersebut untuk kumur-kumur sebanyak 3 kali. Biasanya rasa sakit pada gigi akan berkurang dan bahkan ada beberapa orang yang mengatakan bahwa sakit giginya langsung hilang dengan melakukan cara alami ini.

4. Rebusan Daun Sirih dan Cengkeh
Anda harus menyiapkan daun sirih dan cengkeh terlebih dahulu. Rebus daun sirih dan cengkeh secukupnya secara bersamaan, biarkan hingga mendidih. Setelah mendidih maka matikan kompor dan tunggu agar air rebusan tersebut menjadi hangat-hangat kuku.

Gunakan air rebusan daun sirih dan cengkeh yang sudah agak dingin tersebut untuk berkumur-kumur. Campuran cengkeh dan daun sirih adalah salah satu ramuan herbal alami yang cukup ampuh untuk mengobati sakit gigi dan gusi bengkak

5. Merica
Obat alami sakit gigi berlubang selanjutnya yaitu merica. Campurkan merica dan garam dengan perbandingan 1:1, lalu haluskan. Anda bisa menambahkannya dengan sedikit air agar campuran merica dan garam berbentuk seperti pasta, lalu kemudian oleskan pada gigi yang berlubang.

Biarkan selama 15 menit, setelah itu silahkan kumur-kumur dengan menggunakan air hangat. Apabila Anda rutin melakukan cara alami diatas maka sakit gigi berlubang yang Anda rasakan akan berkurang dan kemudian hilang selamanya.

6. Biji Alpukat
Bukan saja daging alpukat yang memiliki banyak manfaat tetapi biji alpukat juga mempunyai manfaat yang luar biasa. Ternyata biji alpukat bisa digunakan untuk mengobati sakit gigi berlubang.

Caranya yaitu cuci bersih satu buah biji alpukat dan kemudian keringkan hingga benar-benar menjadi kering. Setelah kering lalu sangrai biji alpukat agar kering sempurna. Selanjutnya silahkan Anda haluskan biji alpukat tersebut. Apabila sudah halus maka siap digunakan untuk obat sakit gigi berlubang. Masukan bubuk biji alpukat pada gigi Anda yang berlubang dan biarkan saja selama 15 menit.  Setelah selesai maka silahkan kumur-kumur dengan menggunakan air hangat.

7. Minyak Batok Kelapa
Batok kelapa atau tempurung kelapa yang dibakar biasanya akan mengeluarkan minyak. Nah, minyak inilah yang bisa kita gunakan sebagai obat alami untuk mengatasi sakit gigi berlubang. Ambil minyak batok kelapa tersebut dengan menggunakan kapas dan kemudian tempelkan pada gigi berlubang. Biasanya dalam waktu sekejap maka rasa sakit pada gigi Anda akan segera hilang.


Itulah obat sakit gigi berlubang dan gusi bengkak yang bisa Anda coba sebagai obat alternatif. Semoga informasi diatas membantu dan bermanfaat untuk Anda