10 Hal Tak Terduga Penyebab Bau Mulut

Bau mulut yang tak sedap memang sangat menyebalkan karena bisa membuat kita minder dan tidak percaya diri apabila berbicara secara dekat dengan orang lain. Biasanya kebanyakan dari kita tidak menyadari akan bau mulut diri sendiri tetapi tidak demikian bagi orang yang berada di sekitar kita, mereka akan sangat terganggu dan menjadi malas dekat dengan kita. Penyebab bau mulut pada seseorang sangat beragam, namun yang biasanya penyebab utamanya adalah karena malas memperhatikan kesehatan gigi dan mulut.

Penyebab bau mulut

Bagi sebagian orang untuk mengatasi masalah bau mulut ini mereka lebih memilih cara yang instan seperti menggunakan mouthwash. Walaupun cara ini bisa dikatakan praktis dan ampuh namun kita juga harus melakukan berbagai perawatan lainya yaitu rajin membersihkan atau menyikat gigi secara rutin dan menghindari berbagai kebiasaan buruk penyebab bau mulut.

Nah, berbicara mengenai bau mulut ternyata selain malas menggosok gigi ada 10 hal tak terduga yang menjadi penyebab mulut kita menjadi bau. Penasaran apa saja hal tak terduga tersebut ? yuk mari kita simak tulisan dibawah ini

1. Tidak Sarapan Pagi
Sarapan pagi sangatlah penting karena begitu banyak manfaat bagi kesehatan tubuh dan bisa membuat mood kita menjadi bagus ketika melakukan aktivitas sehari-hari. Nah, ketika kita melewatkan sarapan pagi ternyata tidak hanya membuat tubuh menjadi lemas tetapi juga menyebabkan bau mulut.

2. Gangguan Hati
Bau mulut tidak hanya karena kita malas menjaga kesehatan mulut dan gigi namun juga bisa menjadi pertanda bahwa adanya masalah pada organ didalam tubuh Anda. Nah, ternyata ganguan hati yang mengakibatkan sakit kuning juga bisa menjadi penyebab mulut menjadi bau.

3. Sariawan
Sariawan merupakan salah satu masalah yang mungkin sering dialami oleh kebanyakan orang. Tidak hanya menyakitkan, sariawan juga bisa menyebabkan mulut menjadi bau. So, jaga kebersihan mulut dan perhatikan makanan yang Anda konsumsi agar terhindar dari sariawan dan bau mulut.

4. Pendarahan Gusi
Apakah gusi anda sering berdarah ? jika iya maka sebaiknya cepat atasi agar tida menjadi masalah yang serius yaitu salah satunya adalah apabila terjadi penumpukan darah maka tentu saja hal ini akan menimbulkan bau mulut.

5. Infeksi Tenggorokan
Penyebab bau mulut yang mungkin tidak pernah Anda sadari adalah karena adanya infeksi pada tenggorokan. Ketika kita mengalami infeksi pada tenggorokan maka bakteri penyebab infeksi terkadang menghasilkan lendir yang berbau tidak sedap sehingga hal ini bisa membuat mulut menjadi bau.

6. Gagal Ginjal
Penyebab bau mulut yang tak terduga selanjutnya adalah karena gagal ginjal. Gagal ginjal merupakan salah satu penyakit berbahaya dan sehingga maka dari itu sayangilah ginjal Anda agar tidak rusak karena apabila sudah rusak bisa membuat Anda menderita dan menyebabkan mulut menjadi bau.

7. Mengkonsumsi Alkohol
Semua orang pasti tahu bahwa alkohol tidak baik bagi kesehatan tubuh, namun ternyata selain itu alkohol juga bisa menyebabkan mulut menjadi bau. Seseorang yang sering mengkonsumsi alkohol, kalenjer ludahnya akan kering sehingga apabila produksi air liur berkurang maka bakteri akan cepat berkembang didalam mulut sehingga menyebakan bau mulut.

8. Diet
Diet merupakan salah satu cara terbaik untuk menjaga berat badan agar selalu stabil, namun ternyata diet juga bisa menjadi pemicu bau mulut.

9. Obat
Penyebab bau mulut selanjutnya adalah karena obat-obatan seperti anti depresan atau obat penghilang rasa sakit. Obatan diatas bisa membuat mulut menjadi kering sehingga bisa membuat bakteri cepat berkembang dan memicu timbulnya bau mulut.

10. Apnea Tidur
Apnea tidur merupakan suatu kondisi dimana seseorang bernapas menggunakan mulut ketika sedang tidur. Hal ini membuat air liur cepat mengering dan bisa memicu timbulnya bau mulut.

Itulah penyebab bau mulut yang tak pernah terduga sebelumnya. So, jagalah kebersihan mulut dan gigi Anda secara rutin agar mulut tidak bau serta nafas menjadi segar. Baca Juga : 4 Tips Perawatan Bagi Gigi Berlubang Agar Tidak Bau