10 Manfaat Tomat Untuk Kecantikan Wajah

Tomat merupakan identik dengan dapur karena memang biasanya sering digunakan oleh ibu rumah tangga untuk menyedapkan masakan mereka, namun walaupun demikian terkadang ada juga sebagian orang yang suka menjadikan tomat sebagi minuman yaitu dengan cara di jus. Tomat memang tidaklah sepopuler apel, alpukat dan lainnya namun jika berbicara mengenai khasiat maka kita tidak bisa meremehkan buah yang satu ini karena begitu banyak manfaat tomat baik itu bagi kesehatan maupun untuk kecantikan kulit.

Manfaat tomat

Kandungan vitamin C dan lycophen pada buah tomat tidak hanya berfungsi sebagai penangkal radikal bebas tetapi juga sangat bagus untuk kecantikan kulit sehingga itulah mengapa jika Anda ingin memiliki kulit wajah yang halus, putih dan bebas jerawat maka cobalah sesekali menggunakan masker tomat. Begitu banyak manfaat tomat bagi kecantikan kulit kita sehingga Anda tidak perlu haru membeli produk kecantikan kulit yang berbiaya mahal karena bahan alami tradisional yang murah meriah saja tidak kalah khasiatnya.

Manfaat Tomat Utuk Kulit Wajah


1. Mencerahkan Wajah
Wajah cerah dan putih secara alami merupakan impian bagi setiap orang karena ini bisa meningkatkan rasa percaya diri. Nah, bagi Anda yang ingin mencerahkan wajah secara alami tanpa harus mengeluarkan uang yang banyak maka tidak ada salahnya untuk menggunakan masker tomat.

2. Menghilangkan Flek Hitam
Flek hitam memang sangat menyebalkan karena sangat mengganggu penampilan kita sehingga akan membuat kita malu dan minder jika bertemu dengan gebetan. Untuk menghilangkan flek hitam diwajah ini maka kita juga bisa memanfaatkan tomat yaitu dengan cara dijadikan masker.

3. Mengecilkan Pori-Pori Wajah
Manfaat tomat yang selanjutnya adalah bisa mengecilkan pori-pori wajah. Seperti yang kita ketahui bahwa pori-pori wajah yang besar tidak hanya membuat seseorang menjadi tidak percaya diri tetapi juga bisa menimbulkan berbagai macam masalah pada kulit wajah salah satunya adalah jerawat.

4. Menghilangkan Jerawat
Masker tomat tidak hanya bisa membuat kulit kita cerah tetapi juga bisa membantu mengempeskan jerawat, bahkan jika digunakan secara rutin dan teratur maka noda hitam bekas jerawat juga bisa hilang dalam waktu singkat.

5. Mengatasi Minyak Berlebihan pada Wajah
Manfaat tomat yang terakhir untuk kecantikan kulit wajah Anda dalah untuk mengurangi minyak berlebihan pada wajah. Wajah berminyak memang menyebalkan karena bisa membuat kita terlihat kusam sehingga harus diatasi, salah satu cara mengatasinya dengan masker tomat.

Cara Membuat Masker Tomat Untuk Wajah


Cara membuat masker tomat untuk wajah

Nah jika tadi diatas kita sudah membahas apa saja manfaat tomat untuk kulit wajah maka pada kali ini kita akan membahas bagaimana cara membuat masker tomat untuk mengatasi berbagai masalah yang sering timbul pada kulit wajah seperti jerawat, wajah berminyak dan lainnya. Penasaran ? silahkan simak tulisan dibawah ini.

1. Masker Tomat Untuk Wajah Berjerawat
Bagi Anda yang memiliki jerawat di wajah maka tidak ada salahnya untuk menggunakan masker tomat karena ini merupakan cara alami yang cukup ampuh untuk mengatasi peradangan pada jerawat sekaligus menghilangkan bekas jerawat atau noda hitam diwajah. Cara membuatnya juga cukup mudah yaitu kita blender tomat segar dan kemudian campurkan dengan air perasan lemon atau jeruk nipis. Setelah itu, oleskan pada kulit wajah secara merata. Biarkan masker tomat ini menempel selama 30 menit, lalu baru dibilas menggunakan air bersih.

2. Masker Tomat Untuk Wajah Kering
Untuk mengatasi kulit wajah kering maka kita harus mencampurkan tomat dengan yoghurt. Cara membuatnya juga sangat mudah yaitu seperti biasa kita haluskan tomat dan yoghurt didalam blender dan biarkan bahan tersebut hingga tercampur rata. Setelah itu, jadikan masker pada wajah dan diamkan saja selama 20 menit. Kemudian bilas dengan air bersih dan ketika mengeringkan wajah jangan digosok-gosok dengan handuk tetapi cukup di tepuk-tepukan saja handuk pada wajah Anda.

3. Masker Tomat Untuk Wajah Berminyak
Wajah berminyak memang sangat menyebalkan karena bisa menyebabkan berbagai masalah kulit wajah. Nah untuk itu harus diatas dengan cepat agar kulit wajah Anda terbebas dari berbagai masalah seperti jerawat dan lainnya. Cara mengurangi minyak diwajah ini bisa dengan menggunakan masker tomat yang dicampur dengan beberapa bahan alami lainnya.

Siapkan tomat segar, oatmel dan lemon. Pertama, siapkan air perasan lemon dan oatmel didalam mangkok. Setelah itu, blender tomat hingga halus dan campurkan dengan air perasaan lemon dan oatmel yang telah disediakan tadi. Jika sudah tercampur rata maka oleskan masker tersebut pada kulit wajah Anda secara merata dan diamkan saja selama 20 menit. Bilaslah dengan air bersih setelah itu.

4. Masker Tomat Untuk Wajah Kusam
Bagi Anda yang memiliki masalah dengan wajah kusam maka jangan khawatir karena ini bisa diatasi dengan masker tomat. Haluskan saja tomat dengan cara diblender maka langsung dijadikan masker pada wajah. Jika dilakukan secara rutin dan konsisten maka wajah Anda akan kembali cerah dan bebas kusam.

5. Masker Tomat Untuk Mengecilkan Pori-Pori
Pori-pori besar memang sangat mengganggu dan hal ini harus diatasi dengan cepat dan tepat agar tidak membuat wajah Anda mudah berjerawat. Salah satu cara yang bisa Anda coba adalah dengan menggunakan masker tomat. Cara membuatnya juga sangat mudah yaitu campurkan tomat yang sudah dihaluskan dengan satu sendok tepung maizena lalu kemudian jadikan sebagai masker. Biarkan saja selama 15 menit, setelah itu baru dibilas menggunakan air bersih.

Itulah manfaat tomat untuk wajah yang harus Anda ketahui. Cara membuat ramuan alami untuk kecantikan kulit dari tomat juga terbilang cukup mudah dan semua orang pasti bisa membuatnya sendiri dirumah. Baca Juga : Cara Merawat Wajah Agar Tidak Mudah Berjerawat