Cara Merawat Rambut Keriting Agar Tidak Kering dan Mengembang

Cara merawat rambut keriting yang baik dan benar agar tidak kering dan mengembang sebenarnya tidaklah terlalu sulit asalkan Anda rajin dan rutin melakukan perawatan. Banyak orang yang merasa malu memiliki rambut keriting karena bagi sebagian wanita menganggap rambut keriting membuat mereka terlihat tidak cantik sehingga tak heran apabila pada saat ini banyak kita lihat wanita yang meluruskan rambutnya dengan cara rebonding.

Rambut keriting bukanlah “aib” yang harus ditutupi dan Anda tetap bisa terlihat cantik meskipun memiliki rambut yang tidak lurus dengan satu syarat yaitu pastikan rambut keriting Anda terawat sehingga akan tampak berkilau dan tidak kering serta mengembang. Seperti yang kita ketahui bahwa permasalahan yang sering muncul pada rambut keriting adalah kering dan mengembang sehingga membuat seseorang merasa tidak percaya diri. Nah, maka dari itu kita harus rajin merawatnya agar rambut keriting Anda menjadi halus, berkilau dan tidak kering ataupun mengembang.

Tips Agar Rambut Keriting Tidak Kering dan Mengembang


1. Rapikan Rambut Anda
Perawatan rambut keriting memang sedikit membutuhkan kesabaran karena memang rambut keriting agak  sedikit susah di atur. Nah, karena itu maka hal pertama yang harus Anda lakukan adalah merapikan atau memotong rambut keriting Anda. Potongan rambut yang cocok untuk orang yang memiliki rambut keriting adalah potongan yang sedikit panjang dengan model layer.

2. Jaga Kebersihan Rambut
Jangan malas untuk membersihkan rambut karena seperti yang kita ketahui bahwa kotoran sangat mudah menempel pada rambut yang bergelombang dan ikal. Nah, maka dari bersihkanlah rambut Anda secara rutin dan terjadwal misalyna 2 hari sekali. Gunakanlah shampo yang tetap dan sesuai dengan jenis rambut Anda agar nantinya rambut Anda menjadi lembut dan tidak kering ataupun mengembang.

3. Gunakan Kondisioner
Kemudian ketika keramas jangan melupakan kondisioner, sesudah Anda menggunakan shampo maka ulangi keramas dengan kondisioner. Kondisioner ini bisa membantu rambut Anda menjadi lembut dan tidak mengembang.

4. Jangan Lupakan Vitamin Rambut
Setelah melakukan keramas dengan shampo dan kondisioner maka jangan lupakan vitamin rambut. Vitamin rambut ini sangat penting agar rambut tidak kering dan mengembang serta membuat rambut menjadi mudah tertata.

5. Keringkan Rambut Dengan Cara di Angin-Anginkan
Setelah itu Anda keringkan rambut dengan cara alami saja yaitu diangin-anginkan, meskipun hal tersebut memakan waktu yang cukup lama tetapi tidak merusak rambut Anda. Hindari penggunaan pengering rambut atau hairdryer karea hal ini bisa membuat rambut Anda menjadi rusak dan membuat rambut keriting Anda menjadi semakin berantakan.

6. Gunakan Sisir Bergigi Jarang
Untuk merapikan rambut keriting Anda tentu saja kita harus menyisirnya. Gunakanlah sisir yang bergigi jarang agar rambut tidak menjadi rontok dan semakin kusut. Namun apabila rambut keriting Anda teksturnya sedikit padat maka sisir saja dengan menggunakan jari untuk meminimalisir kerusakan rambut.

7. Hindari Catokan
Biasanya untuk meluruskan rambut keriting, sebagian orang sering kali menggunakan catokan. Meskipun dapat meluruskan rambut secara instan tetapi ini hanya bersifat sementara karena rambut Anda nantinya akan kembali seperti semula dan dipastikan akan rusak parah sehingga membuat rambut keriting Anda semakin tidak karuan.

8. Mengepang
Kemudian tips terakhir agar rambut keriting tidak mengembang maka Anda bisa mengakalinya dengan cara mengepang. Mengepang rambut ini bisa membuat rambut Anda terlihat lebih rapih dan teratur, yang paling penting tidak terlihat mengembang.

Baca Juga : Cara Merawat Rambut Kering Dan Kasar Dengan Menggunakan Bahan Alami

Itulah cara merawat rambut keriting agar tidak kering dan mengembang yang bisa Anda coba di ikuti dirumah. So, tidak perlu malu memiliki rambut keriting karena apabila Anda bisa merawatnya maka rambut keriting Anda akan menjadi halus dan indah. Baca Juga : Cara Merawat Rambut Keriting Agar Halus dan Indah