Cara Merawat Wajah Berminyak dan Berjerawat

Wajah berminyak dan berjerawat merupakan salah satu “momok” yang menakutkan terutama bagi para remaja karena hal ini akan membuat mereka menjadi malu dan tidak percaya diri ketika bertemu dengan gebetan ataupun teman. Wajah berminyak saja sudah membuat kita menjadi pusing apalagi ditambah berjerawat maka tentu saja akan membuat kita menjadi stres bukan ?

Cara merawat wajah berminyak dan berjerawat yang mudah

Nah, namun Anda tidak perlu stres begitulah karena untuk mengatasi masalah ini Anda hanya perlu di tuntut untuk konsisten dan rutin melakukan perawatan wajah. Perawatan seperti apa yang harus kita lakukan agar kulit wajah kembali putih dan bersih ? jika Anda penasaran yuk kita simak tulisan dibawah ini.

Cara Merawat Wajah Berminyak dan Berjerawat Secara Alami


1. Bersihkan Wajah
Perawatan pertama yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi masalah wajah berminyak dan berjerawat ini adalah yaitu rajin untuk membersihkan wajah. Cucilah wajah Anda dengan menggunakan sabun pencuci wajah yang tepat agar minyak dan jerawat diwajah Anda bisa berkurang. Jangan lupa selalu sediakan tisu jika berpergian keluar rumah sehingga kita bisa membersihkan wajah setiap saat. Ingat, kotoran yang bercampur dengan minyak wajah bisa menjadi penyebab timbulnya jerawat sehingga maka dari itu kita harus menyiapkan tisu untuk membersihkan wajah.

2. Masker Wajah 
Kemudian selanjutnya yaitu untuk menghilangkan jerawat dan mengurangi minyak yang berlebihan di wajah maka kita harus rajin menggunakan masker wajah. Anda tidak perlu repot-repot untuk membeli masker wajah karena beberapa bahan alami yang ada disekitar kita juga bisa kita jadikan masker wajah diantaranya 

a. Putih Telur
Telur merupakan makanan yang tinggi protein sehingga sangat bagus untuk kesehatan tubuh. Namun siapa sangka jika ternyata telur tidak hanya enak untuk dikonsumsi tetapi putih telur sangat bermanfaat untuk mengatasi jerawat dan minyak berlebihan diwajah. Untuk cara membuatnya masker putih telur ini juga sangat sederhana dan tidak perlu dicampur dengan bahan alami lainnya.

Pertama, siapkan telur ayam kampung dan kemudian pisahkan antara kuning dan putih telur tersebut. Setelah itu, Anda bisa langsung menggunakan dan mengoleskan putih telur yang telah disiapkan tadi ke seluruh wajah. Oleskan pada wajah ketika hendak tidur dimalam hari dan diamkan semalaman, kemudian baru bilas dipagi hari. Jika Anda lakukan secara rutin setiap malam maka mudah-mudahan jerawat dan minyak yang ada diwajah akan hilang.

b. Jeruk Nipis
Jeruk nipis bukanlah buah yang mahal dan sangat mudah ditemukan di sekitar kita. Buah yang kaya akan vitamin C ini biasanya sering kali di konsumsi dengan cara di jus, meskipun rasanya sedikt unik tetapi khasiatnya sangat baik untuk tubuh. Nah, selain dikonsumsi ternyata jeruk nipis ini juga memiliki khasiat yang luar biasa lainnya yaitu bisa dijadikan masker untuk mengtasi wajah berjerawat serta bisa menghilangkan minyak berlebihan pada wajah.

Cara membuat masker jeruk nipis ini juga terbilang simpel dan mudah yaitu Anda hanya perlu menyiapkan satu buah jeruk nipis segar dan kemudian belah menjadi dua lalu peras agar airnya keluar. Anda bisa langsung mengoleskan air perasan jeruk nipis ini pada wajah atau jika ingin hasil yang maksimal maka Anda juga bisa mencampurkan satu sendok madu pada perasan air jeruk nipis tadi. Oleskan pada wajah secara merata dan diamkan selama 30 menit, lalu baru bilas dengan air bersih. Cara ini bisa Anda gunakan ketika hendak tidur dimalam hari secara rutin setiap hari agar hasilnya maksimal.

c. Mentimun 
Kemudian bahan alami lainnya yang bisa kita jadikan masker wajah untuk mengatasi masalah wajah berminyak dan berjerawat adalah dengan menggunakan mentimun. Jika selama ini kita hanya tahu dan menjadikan mentimun sebagai lalapan maka pada kali ini kita akan membahas bagaimana cara membuat masker mentimun untuk mengatasi berbagai permasalahan pada kulit wajah

Pertama Anda siapkan satu buah mentimun segar dan kemudian parut atau bisa juga diblender. Nah, setelah itu oleskan pada wajah Anda secara merata dan diamkan saja selama 20 menit lalu baru setelah itu bilas dengan air bersih. Selain bisa menghilangkan jerawat dan minyak pada wajah, masker mentimun ini juga bisa membuat wajah menjadi cerah sekaligus dapat menghilangkan noda hitam pada wajah.

3. Pilih Kosmetik Yang Tepat
Jika Anda selalu menggunakan kosmetik maka usahakan untuk menggunakan dan membeli kosmetik yang tepat agar tidak memperparah kondisi jerawat yang ada diwajah Anda. Namun saya sarankan, apabila kulit Anda sedang berjerawat dan berminyak maka sebaiknya hentikan terlebih dahulu penggunaan make up agar jerawat tidak meradang dan kulit bisa bernapas sehingga dapat membantu mempercepat penyembuhan jerawat.

4. Perbaiki Gaya Hidup
Mulailah menjalani gaya hidup yang sehat dan mengatur pola makan agar kulit Anda semakin sehat dan cantik. Hindari makanan yang berlemak dan berminyak karena hal ini hanya akan memperparah dan membuat wajah Anda semakin berjerawat dan berminyak. Mulailah untuk berolahraga, mengkonsumsi makanan sehat seperti buah dan sayuran, tidur yang cukup dan jangan lupa untuk selalu mengkonsumsi air putih setidaknya 8 gelas sehari. 


Itulah cara merawat wajah berminyak dan berjerawat yang bisa Anda coba lakukan dirumah. Sebenarnya sangat simpel namun terkadang kebanyakan dari kita ingin sesuatu yang instan dan membeli cream pemutih dan penghilang jerawat yang ada dipasaran.  Namun apapun itu, keputusan tetap kembali pada pribadi masing-masing. Baca Juga : 9 Ciri-Ciri Cream Pemutih Wajah Yang Berbahaya