10 Makanan Penyebab dan Pencegah Jerawat

10 Makanan Penyebab dan Pencegah Jerawat
Jerawat memang tidak membahayakan kesehatan tetapi bisa membuat seseorang menjadi tidak percaya diri, apalagi jerawat tersebut telah memenuhi seluruh wajah kita maka hal ini tentunya akan sangat mengganggu penampilan dan membuat wajah kita terlihat tidak menarik. Berbicara mengenai jerawat tentu saja banyak hal yang menjadi penyebab mengapa jerawat bisa muncul di wajah kita, diantaranya mungkin karena faktor hormon, kurang memperhatikan kebersihan wajah hingga kesalahan dalam memilih kosmetik atau produk perawatan wajah.

Selain faktor diatas, kesalahan dalam mengkonsumsi makanan juga bisa menjadi penyebab timbulnya jerawat diwajah. Mungkin sebagian dari kita tidak menyadari hal ini sehingga tak heran apabila wajah Anda tetap berjerawat meskipun sudah melakukan berbagai macam perawatan karena selalu mengkonsumsi makanan penyebab jerawat.

Nah pertanyaannya, makanan seperti apa sih yang bisa menyebabkan jerawat ? baiklah jika Anda penasaran maka silahkan simak tulisan dibawah ini mengenai apa saja makanan yang bisa menyebabkan jerawat dan makanan apa saja yang bisa mencegah timbulnya jerawat.


Makanan Penyebab Jerawat


1. Gorengan
Apakah Anda gemar mengkonsumsi gorengan ? jika iya maka sebaiknya mulailah dari sekarang untuk menguranginya. Meskipun nikmat, mengkonsumsi gorengan secara berlebihan bisa membuat kulit kita menjadi kusam serta memicu timbulnya jerawat.
Seperti yang kita ketahui bahwa gorengan mengandung banyak lemak, nah apabila kita terlalu sering mengkonsumsi gorengan maka lemak tersebut akan menumpuk didalam tubuh. Lemak yang berlebihan ini kemudian akan dikeluarkan tubuh melalui pori-pori kulit yang kemudian menyebabkan wajah kita menjadi lebih berminyak. Jika wajah kita sudah berminyak maka hal ini akan memicu timbulnya jerawat.

2. Makanan Berbahan Susu
Susu merupakan salah satu minuman yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Tetapi tahukah Anda ? meskipun susu ini sangat baik bagi tubuh tetapi beberapa produk olahan yang berbahan dasar susu seperti yoghurt,  keju, susu cair, susu cream dan coklat bisa menjadi penyebab munculnya jerawat pada wajah. Maka dari itu, konsumsilah  makanan tersebut sewajarnya saja dan tidak perlu berlebihan.

3. Alkohol
Semua orang pasti sudah mengetahui bahwa mengkonsumsi minuman beralkohol memang sangat tidak dianjurkan karena selain memabukan, juga bisa merusak kesehatan tubuh. Ternyata tidak hanya itu saja dampak buruk dari alkohol, bahkan minuman beralkohol juga bisa merusak kecantikan kulit Anda menyebabkan wajah menjadi mudah berjerawat.

4. Kacang-Kacangan
Kacang merupakan salah satu cemilan favorit bagi setiap orang, bahkan terkadang ada beberapa orang yang menjadikan kacang sebagai teman saat menonton televisi. Meskipun enak dan memiliki kandungan vitamin yang baik bagi tubuh tetapi tetap saja apabila dikonsumsi secara berlebihan maka bisa memicu timbulnya jerawat pada wajah. Sama seperti gorengan, kacang mengandung lemak yang bisa membuat kulit wajah Anda menjadi berminyak dan pada akhirnya bisa menyebabkan jerawat.

5. Kafein
Kemudian selanjutnya makanan yang bisa menyebabkan munculnya jerawat adalah makanan atau minuman berkafein seperti kopi, minuman berenergi, coklat dan obat tertentu. Kafein ini bisa memicu tubuh untuk memproduksi hormon stres sehingga secara tidak langsung bisa menyebabkan jerawat muncul diwajah. Seperti yang kita ketahui, stres juga bisa menyebabkan wajah menjadi berjerawat.

Makanan Pencegah Jerawat


Setelah Anda mengetahui apa saja makanan yang bisa memicu timbulnya jerawat maka kali ini saya akan memberi tahu Anda apa saja makanan sehat yang ternyata sangat baik untuk kulit dan bisa mencegah datangnya jerawat.

1. Mentimun
Siapa yang tak kenal dengan buah mentimun ? saya rasa mungkin kita tidak asing lagi dengan yang namanya mentimun. Nah, mentimun ini biasanya sering kali dijadikan lalapan ataupun jus oleh sebagian orang  atau bahkan beberapa dari kita sering menjadikan timu sebagai sayur.

Apapun itu, ternyata mengkonsumsi buah mentimun ini ternyata memiliki banyak manfaat bagi kita diantaranya adalah bisa mencegah timbulnya jerawat pada wajah. Seperti yang kita ketahui bahwa kandungan vitamin, air, antioksidan dan vitamin C didalam mentimun sangat bagus bagi kulit kita dan bersifat mendinginkan, bahkan tidak hanya itu saja tetapi juga mampu mencegah peradangan sehingga jerawat tidak mudah muncul diwajah.

2. Ikan
Apakah Anda gemar mengkonsumsi ikan ? jika iya maka kita sama. Kandungan vitamin pada ikan tidak hanya baik untuk tubuh kita bahkan juga bisa membantu meningkatkan kesehatan mata dan otak. Tidak hanya itu saja, ikan juga mengandung asam lemak omega 3 yang bisa melindungi kulit kita dari peradangan serta mencegah timbulnya jerawat.

3. Minyak Zaitun
Mungkin sebagian dari kita sudah mengetahui bahwa minyak zaitun ini sangat baik bagi kesehatan maupun kecantikan kulit. Anda cukup mengkonsumsi minyak zaitun ini dua kali dalam sehari sebanyak satu sendok maka ketika pagi dan malam hari maka itu sudah cukup untuk menjauhkan Anda dari jerawat. Tenang, Anda bisa mendapatkan minyak zaitun di toko-toko atau supermarket terdekat karena memang pada saat ini sudah banyak toko yang menjual minyak zaitun.

4. Teh Hijau
Apabila Anda ingin sehat dan bebas jerawat maka cobalah untuk mengkonsumsi teh hijau. Teh hijau ini sangat baik bagi tubuh dan mampu membantu detoksifikasi sehingga racun-racun didalam tubuh kita bisa keluar sehingga tubuh menjadi sehat dan kulitpun semakin cantik serta bebas jerawat.

5. Air Putih
Kemudian terakhir ada air putih. Kita semua tahu bahwa air putih ini memiliki manfaat yang luar biasa bagi kesehatan tubuh kita dan juga bermanfaat bagi kecantikan kulit. Konsumsilah air putih setidaknya delapan gelas dalam sehari agar tubuh tidak kekurangan cairan dan dehidrasi.


Itulah 10 makanan penyebab dan pencegah jerawat yang harus Anda ketahui agar perawatan wajah yang Anda lakukan tidak menjadi sia-sia.