15 Manfaat Wortel Bagi Kesehatan dan Kecantikan

Siapa yang tidak mengenal wortel. Wortel merupakan salah satu jenis sayuran yang banyak memiliki kandungan vitamin dan mineral terutama vitamin A yang tentunya sangat bagus untuk kesehatan mata. Selama ini masyarakat kita hanya mengetahui bahwa wortel bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata padahal ternyata selain itu wortel juga memiliki manfaat hebat lainnya untuk kecantikan kulit maupun kesehatan tubuh.

Gak percaya ? yuk kita simak apa saja sih manfaat dari wortel yang mungkin masih jarang diketahui oleh banyak orang.

Manfaat Wortel yang jarang diketahui



Manfaat Wortel Bagi Kesehatan dan Kecantikan



1. Menjaga kesehatan mata
Manfaat wortel yang pertama dan mungkin sudah familiar dikalangan masyarakat adalah untuk menjaga kesehatan mata. Seperti yang kita ketahui bahwa kandungan vitamin A didalam wortel memang sangat bagus untuk mata kita sehingga tidak ada salahnya apabila kita mengkonsumsi wortel setiap hari.

2. Mengurangi rambut rontok
Kemudian selain menjaga kesehatan mata, wortel juga bisa kita manfaatkan untuk mengatasi atau mengurangi rambut rontok. Seperti yang kita ketahui bahwa rambut rontok merupakan salah satu masalah besar bagi para wanita maupun pria karena apabila dibiarkan tanpa diatasi maka bisa menyebabkan kebotakan.

Nah, maka dari itu apabila Anda mengalami rambut rontok maka tidak perlu mengeluarkan uang yang banyak untuk membeli berbagai macam produk perawatan rambut karena cukup dengan menggunakan wortel saja maka rambut rontok yang Anda derita bisa teratasi. Caranya cukup simple hanya dengan mengambil beberapa buah wortel, kemudian diblender. Setelah halus oleskan pada seluruh bagian kepala secara merata dan pijat perlahan. Diamkan selama 10 menit kemudian bilas dengan air bersih.

3. Meningkatkan sistem imun
Jika sistem kekebalan tubuh kita lemah, maka tubuh akan mudah terserang berbagai penyakit. Maka dari itu kita harus menjaga asupana makanan agar sistem imun kita tetap normal.  Nah salah satu makanan yang bisa Anda andalkan untuk meningkatkan sistem imun pada tubuh adalah wortel. Kandungan vitamin dan mineral pada wortel mampu membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

4. Membentuk otot
Selain dapat meningkatkan sistem imun, kandungan protein pada wortel dapat membantu pembentukan otot. Sangat dianjurkan untuk para atlet mengonsumsi wortel agar proses perombakan otot menjadi bentuk baru dan berjalan dengan lancar.

5. Mencerahkan kulit
Manfaat wortel selanjutnya dapat mencerahkan kulit Anda. siapa yang tak mau mempunyai kulit bersih bersinar. Semuanya pasti ingin memiliki kulit bersinar khususnya bagi para wanita. Caranya pun cukup simple, pertama blender beberapa wortel dengan dicampur sedikit madu. Setelah halus, olesakan pada wajah secara merata dan diamkan selama 10 menit. Jika sudah, bilas dengan air bersih. Agar hasilnya maksimal, lakukan secara rutin dan konsumsi juga jus wortel setiap harinya.

6. Merelaksasikan kulit wajah
Wajah kita terlalu sering terkena paparan sinar matahari, akibatnya kulit wajah menjadi kering. Nah, apabila dibiarkan dan tidak diatasi maka lama-kelamaan kulit wajah kita akan menjadi rusakdan membuat wajah terlebih cepat tua.
Untuk mengatasi masalah diatas Anda bisa mengandalkan facial spray yang terbuat dari wortel. Cara membuatnya sangat muda yaitu :

1. ambil satu buah wortel, kupas dengan rata
2. setelah itu, blender wortel dan tambahkan sedikit air tunggu  hingga menjadi seperti pasta.
3. campurkan pasta wortel tersebut kedalam air mawar, aduk hingga larut.
4. masukkan kedalam botol semprot bekas yang telah dibersihkan.
5. terakhir, semprotkan saja langsung campuran tadi pada wajah.

Jika melakukannya secara rutin setelah beraktivitas seharian, Anda dapat mendapat kan kulit wajah yang tetap segar dan juga sehat.

7. Melembabkan kulit
Selain dijadikan sebagai facial spray, wortel juga dapat dijadikan sebagai masker yang berguna melembabkan kulit wajah. Cara membuat masker dari wortel cukup simple. pertama dengan menyiapkan wortel kemudian diparut, setelah itu campurkan dengan madu murni dan sedikit susu krim serta minyak zaitun. Aduk sampai rata. Sebelum diaplikasikan pada kulit wajah, basahi kulit wajah dahulu dengan air hangat. Kemudian, aplikasikan campuran wortel tersebut pada kulit wajah secara merata. Diamkan secara merata Selama 15 menit. Setelah itu bersihkan dengan cara memercikkan air dingin perlahan pada kulit wajah dan bilas dengan air bersih. Lakukan hal tersebut secara rutin.

8. Memberi efek penyembuhan luka
Jika ada bagian tubuh Anda yang terluka. Wortel dapat mempercepat penyembuhan luka pada kulit Anda. hal ini dikarenakan sifat anti-inflamasi pada wortel dapat merevitalisasi sekaligus meratakan warna kulit. Hal yang perlu Anda lakukan hanya memarut wortel mentah, kemudian letakkan parutan wortel tersebut pada bagian tubuh yang terluka. Lakukan hal tersebut dengan rutin, agar penyembuhan luka benar-benar berhasil.

9. Mengobati berbagai penyakit kulit
Tidak hanya bermanfaat bagi penyembuhan luka, wortel juga dapat mencegah sekaligus mengobati penyakit yang menyerang kulit. kandungan oksidan pada wortel, bertugas menangani semua penyakit kulit. tetapi, Anda tidak dianjurkan untuk mengonsumsi wortel secara berlebihan, hal ini dikarenakan jika mengonsumsi wortel secara berlebihan maka dapat menimbulkan penyakit bukan mengobati penyakit.

10. Memelihara elasitas kulit
Vitamin C  yang terkandung dalam wortel mampu mengoptimalkan produksi kolagen yang diperlukan oleh tubuh. Kolagen adalah protein yang berfungsi untuk menjaga keelastisan kulit. vitamin C juga membantu Anda akan kelihatan awet muda.

11. Membersihkan noda pada wajah
Seringkali jerawat yang timbul pada wajah menimbulkan bekas  atau flek hitam. Masalah itu dapat kita selesaikan dengan menggunakan wortel. Caranya hanya dengan menerapkan parutan wortel pada flek hitam yang ada pada wajah, lakukan hal tersebut secara rutin minimal 3kali dalam seminggu.

12. Membantu proses pembekuan darah
Jika tubuh  kekurangan vitamin K maka proses pembekuan darah pada tubuh tidak akan berjalan dengan normal. wortel memiliki kandungan vitamin K yang berperan untuk menjaga agar proses pembekuan darah berjalan dengan baik atau normal dan tidak kekurangan asupan vitamin K. Jika vitamin K terpenuhi maka proses pembekuan darah untuk penyembuhan luka dapat berjalan dengan lancar.

13. Memperkuat tulang
Banyak para ahli menyatakan bahwa vitamin K berguna memperkuat struktur tulang dan mencegah terjadinya osteoporosis atau pengeroposan tulang. Ternyata wortel juga mengandung vitamin K yang bekerja menyerap mineral agar terbentuk struktur yang kuat dan mencegah terjadinya pengeroposan tulang.

14. Memelihara sistem pencernaan
Vitamin B yang ada pada wortel juga dapat bermanfaat atau memperbaiki sistem pencernaan dan membentuk asam klorida (HCL) yang berfungsi untuk memecah lemak, protein dan karbohidrat.

15. Meningkatkan memori
Vitamin yang terdapat pada wortel berperan penting dalam membangun dinding pelindung disekitar neuron otak dan memberikan efek positif berupa peningkatan memori atau ingatan dan konsentrasi.


Nah inilah beberapa manfaat wortel bagi kesehatan dan kecantikan bagi tubuh. Wortel memang memiliki banyak manfaat jika dikonsumsi secara teratur dan dalam batas yang sewajarnya. Tetapi sebaliknya, jika mengonsumsi wortel secara berlebihan maka dapat menimbulkan penyakit seperti diabetes.