5 Hal Ini Menyebabkan Kulit Ketiak dan Selangkangan Menghitam

Penyebab ketiak dan selangkangan menghitam
Kulit Ketiak dan selangkangan merupakan salah satu bagian tubuh yang sangat rentan mengalami penggelapan kulit sehingga untuk itu Anda harus rajin dan rutin membersihkan kulit di area ini. Ya, meskipun ketiak dan selangkangan selalu tertutup pakaian tetapi tetap saja apabila kulit didaerah tersebut menghitam maka bisa membuat seseorang menjadi tidak percaya diri terutama bagi wanita, mereka tidak bisa bebas untuk memilih dan mengenakan baju berlengan pendek.

Nah, ternyata menurut para ahli mengatakan bahwa penggelapan kulit di ketiak dan selangkangan tidak hanya disebabkan oleh karena kurangnya menjaga kebersihan tetapi ada beberapa faktor lain yang menyebabkan kulit didaerah tersebut menghitam. Apa saja faktor tersebut ? yuk mari kita simak ulasannya dibawah ini.


Penyebab Ketiak dan Selangkangan Hitam


1. Berat Badan Berlebih
Penyebab kulit ketiak dan selangkangan menghitam yang pertama adalah karena akibat obesitas atau kelebihan berat badan. Mungkin kita tidak pernah menyadari akan hal ini, yang kita tahu adalah apabila seseorang tubuhnya sudah mulai cukup gemuk maka rentan terserang berbagai penyakit.

Ya memang benar, orang gemuk sangat rentan terkena berbagai macam penyakit salah satunya adalah diabetes tetapi selain itu ternyata kelebihan berat badan juga membuat kulit di ketiak dan selangkangan kita menghitam. Hal ini disebabkan karena tidak ada lagi celah atau jarak antara kedua paha ataupun lengn dan ketiak sehingga terjadi gesekan secara terus menerus antara kedua bagian kulit tersebut yang lama-kelamaan akan menyebabkan kulit di selangkangan dan ketiak menghitam.

2. Terlalu Sering Menggunakan Pakaian Ketat
Apakah Anda sering menggunakan pakaian ketat ? jika iya maka sebaiknya mulai dari sekarang dihentikan kebiasaan tersebut karena selain tidak baik bagi kesehatan juga berdampak buruk bagi kecantikan kulit Anda dan menyebabkan penggelapan kulit di ketiak dan selangkangan.

Ketika kita menggunakan pakaian baik itu baju atau celana yang ketat maka kulit akan tertekan serta membuat gesekan pada kulit lebih intens. Apabila hal ini berlangsung lama maka akan menyebabkan kulit menjadi susah bernafas dan pada akhirnya mengalami iritasi yang kemudian menyebabkan hiperpigmentasi kulit.

3. Hormon Yang Tidak Seimbang
Ketidakseimbangan hormon juga bisa menyebabkan kulit di daerah ketiak dan selangkangan menjadi hitam. Biasanya, hal ini sering terjadi pada wanita menstruasi tetapi Anda para wanita tidak perlu khawatir karena setelah selesai masa menstruasi tersebut maka daerah yang menghitam tersebut akan kembali memudar dengan sendirinya.

4. Diabetes
Mungkin Anda sudah mengetahui penyakit yang satu ini. Diabetes merupakan salah satu mematikan yang sampai saat ini belum ada obatnya. Nah, ternyata seseorang yang menderita penyakit ini juga cenderung mengalami penggelapan pada kulit atau yang biasa disebut dengan acunthosis migricans.

5. Malas Mandi
Terakhir, penyebab kulit ketiak dan selangkangan menghitam adalah karena kurangnya menjaga kebersihan tubuh atau jarang mandi. Hal ini menyebabkan daki menumpuk pada kulit dan lama-kelamaan akan menjadi daki membandel dan membuat kulit di daerah tersebut menjadi hitam.


Itulah penyebab selangkangan dan ketiak menghitam yang harus diketahui agar Anda bisa mencegah dan merawat kulit dengan baik.