9 Manfaat Hebat Buah Anggur Yang Jarang Diketahui

Siapa yang tidak menyukai buah anggur ? selain enak, buah yang satu ini sangat baik untuk kesehatan kita. Buah anggur memiliki banyak macam warna seperti anggur merah, anggur hijau, anggur hitam, dan anggur kuning. Semua jenis anggur tersebut memiliki kandungan yang berbeda tetapi manfaatnya sama-sama memberikan dampak yang baik bagi tubuh. Didalam anggur banyak sekali terdapat kandungan antioksidan dan senyawa lain yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Tidak hanya rasanya yang enak dan segar. Anggur juga mempunyai manfaat lain. Pada artikel ini, kita akan membahas apa saja manfaat Anggur untuk kesehatan dan kecantikan bagi tubuh. Penasaran ? yuk simak selengkapnya dibawah ini.

Manfaat anggur bagi kesehatan dan kecantikan



Manfaat Anggur bagi kesehatan dan kecantikan


1. Penyakit jantung
Jika Anda mengonsumsi anggur secara rutin, maka kandungan oksida nitrat pada darah akan meningkat, hal tersebut dapat membawa dampak baik bagi tubuh karena dapat mencegah pembekuan darah dan mengurangi resiko penyakit jantung. Antioksidan dalam anggur juga dapat menghentikan oksidasi kolesterol LDL yang dapat menghambat pembekuan darah.

2. Menjaga kesehatan ginjal
Anggur juga mampu membantu menyingkirkan asam pada ginjal sehingga mengurangi gannguan pada tekanan ginjal. Agar ginjal tetap sehat konsumsilah anggur secara rutin.

3. Membantu mencegah penuaan dini
Biji anggur dapat dijadikan minyak yang dapat bermanfaat untuk mencegah kerutan atau garis-garis halus pada wajah. Caranya hanya dengan mengoleskan minyak biji anggur pada area wajah secara merata sebelum tidur. Biji anggur kaya akan antioksidan dan asam lemak esensial yang dapat membuat wajah Anda tampak lebih awet muda.

4. Memutihkan gigi
Siapa sangka anggur yang kita makan secara rutin ternyata dapat memutihkan gigi. Diketahui bahwa senyawa seperti asam malat pada buah ini dapat secara alami menghapus noda atau bekas makanan  yang tertinggal pada gigi Anda, tidak hanya itu saja anggur juga mengatasi perubahan warna pada gigi.

5. Sumber gula darah yang baik
Anggur memiliki kandungan glikemik yang rendah dibandingkan semangka. Seseorang yang memiliki masalah keseimbangan gula darah lebih baik tidak mengonsumsi semangka, karena kandungan glikemik pada buah semangka cukup tinggi sekitar 70-75 dibandingkan dengan anggur hanya 43-53 kadar glikemiknya. Jadi anggur merupakan sumber gula darah yang baik bagi tubuh.

6. Menjaga kesehatan jantung
Semua orang ingin memiliki jantung yang sehat. Jika jantung kita sehat maka jantung akan bekerja dengan baik atau normal. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa anggur memiliki kandungan zat resveratrol. Senyawa inilah yang mampu meningkatkan pelebaran pembuluh darah dan hal tersebut dapat membuat darah mengalir dengan baik. Sehingga tidak akan terjadi masalah pada kerja jantung.

7. Melindungi dari kanker kulit
Banyak penelitian yang telah menunjukkan bahwa anggur memiliki banyak manfaat salah satunya dapat melindungi tubuh dari kanker kulit. zat resveratrol pada buah ini membawa dampak yang sangat baik bagi tubuh seperti mencegah berkembangnya kanker pada kulit. resvertarol memberikan perlindungan pada kulit akibat paparan sinar UV. Jadi senyawa tersebut dapat membentengi kulit agar terhindar dari kanker kulit. konsumsilah Anggur secara rutin agar kulit Anda tetap sehat.

8. Melembabkan kulit wajah
Jika kulit Anda terlalu sering terkena paparan sinar UV, akan mengakibatkan kulit kusam dan kering hal tersebut dpat membuat seseorang khususnya wanita menjadi tidak percaya diri. Tetapi jangan khawatir anggur dapat menjadi solusinya. Hal yang perlu Anda lakukan hanya mengiris anggur segar menjadi 2 bagian, lalu oleskan pada wajah secara merata dan diamkan selama 15menit. Setelah itu bilas dengan air bersih. Lakukan hal tersebut 2x sehari dan ada baiknya pada waktu pagi dan malam hari sebelum tidur.

9. Mencerahkan kulit wajah
Tidak hanya membuat wajah menjadi lembab, Anggur juga dapat mencerahkan wajah kusam Anda hanya cukup dengan 2 buah anggur maka itu sudah dapat memberikan manfaat besar bagi Anda. Caranya dengan mengupas 2 buah anggur, kemudian hancurkan. Setelah itu, campurkan sedikit madu dan aplikasikan pada wajah Anda. Diamkan sekitar 15 menit dan bilas dengan air bersih. Jika Anda melakukannya secara rutin, maka Anda akan mendapatkan kulit yang bersih bersinar.


Anggur merupakan buah yang memiliki manfaat besar bagi kesehatan dan kecantikan. Tetapi tidak semua orang dapat mengonsumsinya. Bagi orang yang memiliki penyakit diabetes disarankan agar tidak mengonsumsi anggur terlalu banyak karena anggur mengandung kadar gula yang cukup tinggi sehingga bagi penderita jjika mengonsumsi anggur dikhawatirkan dapat menyebabkan penyakitnya bertambah parah. Itulah beberapa manfaat Anggur selamat mencoba.