Cara Mengatasi Iritasi Kulit Secara Cepat dan Alami

Pernah kah Anda mengalami iritasi kulit ? Jika iya maka pasti sangat menyebalkan bukan karena biasanya apabila kulit mengalami iritasi maka akan menimbulkan rasa gatal, kemerahan, bentol-bentol, nyeri, sensasi seperti terbakar, ruam hingga bahkan terkadang kulit seperti bersisik atau pecah-pecah. Banyak hal yang menyebabkan mengapa seseorang sering mengalami iritasi pada kulitnya, namun penyebab paling umum biasanya karena akibat paparan parfum, deterjen, produk pembersih rumah tangga, sabun, suhu ekstrem panas atau dingin, kain dan pewarna sintetis. Tidak hanya itu saja, terkadang ada juga beberapa orang yang mengalami iritasi pada kulit wajahnya akibat salah dalam memilih kosmetik, produk perawatan rambut dan lainnya.

Cara Mengatasi iritasi kulit dengan cepat dan ampuh


Nah, ngomong-ngomong masalah iritasi pada kulit maka diartikel kali ini saya akan berbagai tips bagaimana cara mengatasi iritasi kulit secara alami tanpa harus pergi ke dokter. Mau tahu ? yuk silahkan simak saja langsung dibawah ini.


Cara Mengatasi Iritasi Kulit Secara Alami


1. Kompres Air Dingin
Langkah pertama yang bisa Anda lakukan ketika mengalami iritasi pada kulit adalah dengan mengompresnya menggunakan air dingin. Caranya sangat mudah yaitu Anda rendam saja kain kedalam air dingin kemudian setelah itu letakan kain tersebut pada bagian kulit yang mengalami iritasi. Selain itu, Anda juga bisa mengompresnya dengan batu es yang telah dimasukan kedalam kantong.

2. Baking Soda
Cara alami kedua adalah dengan menggunakan baking soda. Cara mengatasi iritasi kulit dengan menggunakan baking soda ini sangatlah mudah yaitu cukup siapkan saja baking soda, lalu kemudian campurkan baking soda tersebut dengan air. Aduk rata agar terbentuk seperti pasta, setelah itu baru kemudian dioleskan pada kulit yang terkena iritasi.

3. Oatmeal
Cara menghilangkan iritasi di kulit selanjutnya adalah dengan menggunakan oatmel. Jika selama ini kita hanya mengetahui oatmel ini hanya dikonsumsi tetapi kali ini kita akan menggunakan oatmel untuk mandi agar iritasi kulit yang Anda alami bisa sembuh. Caranya sangat simpel yaitu, siapkan saja satu cangkir oatmel lalu kemudian tumbuk hingga halus. Masukan oatmel yang telah halus tersebut kedalam air hangat, lalu jadikan air hangat tersebut untuk mandi.

4.  Aloe Vera
Aloe vera atau yang biasa kita kenal dengan lidah buaya merupakan tanaman obat yang memiliki banyak manfaat. Nah, selain mampu membuat wajah Anda menjadi cerah, aloe vera ini bisa dijuga digunakan untuk mengatasi iritasi pada kulit. Oleskan saja gel lidah buaya pada bagian kulit yang terkena iritasi dan diamkan saja hingga mengering. Aloe vera ini tidak hanya bersifat mendinginkan kulit tetapi juga bisa mengurangi kemerahan, bengkak, dan gatal-gatal.

5. Cuka Sari Apel
Anda bisa membeli cuka sari apel di pasaran, harganya tidak terlalu mahal kok dan sangat sebanding dengan manfaatnya. Selain menyehatkan apbila dikonsumsi, cuka sari apel ini juga bisa dijadikan obat luar yaitu salah satunya adalah bisa mengatasi iritasi pada kulit. Nah, apabila Anda pada saat ini sedang mengalami iritasi kulit maka coba oleskan cuka sari apel pada bagian kulit yang terkena iritasi dengan menggunakan kapas. Lakukan 2-3 kali dalam sehari agar iritasi dikulit Anda bisa segera cepat sembuh.

6. Minyak Chamomile
Selain cuka sari apel, Anda juga bisa menggunakan minyak chamomile untuk mengatasi iritasi pada kulit. Caranya sama yaitu tinggal oleskan saja minyak chamomile ini pada bagian kulit yang terkena iritasi lalu biarkan saja hingga mengering.

7. Campuran Madu dan Kayu Manis
Campuran madu dan kayu manis juga bisa menjadi alternatif untuk mengobati iritasi pada kulit. Anda tidak perlu khawatir karena semua orang pasti sudah mengetahui bahwa madu merupakan salah satu bahan alami yang memiliki banyak manfaat sehingga sangat aman untuk digunakan. Caranya yaitu campurkan madu kira-kira tiga sendok makan dengan dua sendok makan bubuk kayu manis. Aduk hingga kedua bahan tercampur rata dan berbentuk seperti pasta, setelah itu baru oleskan pada kulit yang terkena iritasi. Biarkan hingga mengering dan kemudian baru bilas dengan menggunakan air bersih.

8. Campuran Madu dan Telur
Campuran madu dan telur merupakan salah satu obat alami yang bisa dikatakan paling baik untuk mengatasi iritasi pada kulit. Bagi Anda yang sedang mengalami iritasi pada kulit wajah maka bisa mencoba membuat ramuan ini.

Cara membuatnya sangat simpel yaitu campurkan saja satu sendok maduk dengan putih telur lalu aduk hingga terlihat seperti pasta. Oleskan ramuan alami ini pada bagian wajah Anda yang terkena iritasi, bisa juga dijadikan masker ke seluruh wajah.

9. Mentimun
Cara alami terakhir untuk mengatasi masalah iritasi di kulit ini bisa dengan menggunakan mentimun. Cara mengaplikasikan nya juga terbilang mudah yaitu tinggal iris saja mentimun lalu tempelkan pada bagian kulit yang mengalami iritasi. Selain bisa menghilangkan iritasi di kulit, mentimun ini juga dipercaya mampu membantu mencerahkan wajah dan menghilangkan noda hitam bekas jerawat.


Itulah cara mengatasi iritasi kulit secara alami yang bisa Anda coba dirumah. Bagaimana, mudah bukan ? semoga bermanfaat dan membantu Anda semua. Silahkan bagikan kepada teman lainnya agar lebih banyak lagi orang yang mengetahui hal ini.