14 Manfaat Jambu Biji Bagi Kesehatan dan Kecantikan

Siapa sih yang tak kenal dengan jambu biji ? saya rasa buah yang satu ini sudah pasti sangat familiar bagi masyarakat Indonesia, bahkan ketika masih kecil-kecil dulu saya sangat suka mengkonsumsi jambu biji karena memang pohon nya sangat mudah ditanam dan tumbuh di sekitar kita sehingga tidak perlu repot-repot harus membeli jambu biji dipasar, tinggal manjat dan petik saja dipekarangan rumah.

Meskipun jambu biji ini merupakan buah yang murah meriah bahkan terkadang hanya dibuang-buang saja tetapi Anda jangan meremehkan akan manfaat dari buah yang satu ini. kandungan asam pantotenat,vitamin, mineral, tembaga, mangan dan masih banyak lainnya yang terdapat didalam jambu biji sangat baik bagi kesehatan maupun kecantikan.

Manfaat jambu biji bagi kesehatan dan kecantikan


Nah, bagi Anda yang pensaran dan ingin mengetahui apa saja manfaat hebat lainnya dari jambu biji ini maka silahkan simak tulisan dibawah ini.


Manfaat Jambu Biji Bagi Kesehatan dan Kecantikan


1. Menyehatkan sistem pencernaan
Kandungan serat alami yang ada pada jambu biji sangat baik untuk menyehatkan sistem pencernaan Anda yaitu dengan cara membantu melindungi selaput lendir usus sehingga dapat mengurangi paparan racun dan mengikat bahan-bahan kimia yang menyebabkan kanker di usus besar dan mengeluarkannya bersama limbah.

2. Menyehatkan mata
Betakaroten dan vitamin A pada buah ini memiliki manfaat menjaga penglihatan mata agar tetap sehat. Hanya dengan mengonsumsi satu buah jambu biji setiap hari Anda akan terhindar dari berbagai macam gangguan kesehatan mata.

3. Menjaga tekanan darah
Kandungan lainnya yang terdapat didalam jambu biji adalah kalium. Senyawa kalium ini membantu menjaga tekanan darah didalam tubuh  agar tetap normal dan meredam dampak dari natrium.

4. Membantu penyerapan nutrisi
Senyawa mangan pada jambu biji membantu tubuh untuk menyerap nutrisi penting lain dari makanan. Hal itu berdampak baik bagi tubuh, karena penyerapan nutrisi tersebut dapat membuat tubuh terpenuhi nutrisinya dan menjaga tubuh agar tetap sehat.

5. Mengatasi diabetes
Jika Anda terkena diabetes, konsumsilah jambu biji dengan teratur karena serat yang tinggi pada buah ini dapat membantu mengatur penyerapan gula oleh tubuh yang memungkinkan untuk menurunkan insulin dan glukosa didalam tubuh. Banyak penelitian yang mengatakan bahwa mengonsumsi jambu biji satu sehari bisa mencegah munculnya diabetes tipe-2

6. Menyehatkan tiroid
Selain serat dan kalium yang tinggi, sumber zat tembaga juga merupakan zat penting untuk mengatur metabolisme tiroid yang berfungsi mengontrol produksi hormon. Tahukan Anda kelenjar tiroid ? Kelenjar tiroid adalah salah satu kelenjar yang sangat penting didalam tubuh untuk mengatur hormon dan fungsi sistem organ pada tubuh, sehingga jambu biji dengan kandungan zat tembaganya ini sangat membantu dalam menyeimbangkan kesehatan fungsi tubuh.

7. Mengatasi diare
Senyawa astringents pada buah ini dapat melindungi tubuh dari penyakit diare atau disentri. Senyawa ini dapat menghambat pertumbuhan mikroba dan menghilangkan lendir pada usus.

8. Sebagai obat demam dan batuk
Kandungan vitamin C yang sangat banyak pada jambu biji dapat mencegah masuknya bakteri atau virus saat cuaca dingin sehingga tubuh Anda lebih kebal dan tidak mudah sakit. Selain itu, dengan mengonsumsi jus jambu atau rebusan daun jambu juga mampu mengurangi lendir saat batuk.

9. Manfaat untuk relaksasi
Jambu biji juga kaya akan kandungan magnesium. Senyawa tersebut berkhasiat untuk relaksasi ketika Anda sudah lelah bekerja seharian. Dengan mengonsumsi jambu biji maka dapat membantu mengendurkan otot-otot saraf didalam tubuh dan mengembalikan stamina Anda yang hilang setelah melakukan aktivitas seharian.

10. Melindungi kulit dari UV
Likopen yang terdapat pada jambu biji berguna untuk melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar uv dan juga akibat polusi udara. Hanya dengan mengonsumsi 1  buah jambu biji maka sekitar 2,9 gram likopen telah masuk kedalam tubuh Anda

11. Mencegah penuaan
Vitamin A,B,C dan kalium pada buah ini merupakan antioksidan dan pendetoks alami yang baik bagi tubuh. Hal itu dapat menjaga kulit tetap segar dan cerah serta terbebas dari tanda-tanda penuaan dini. Selain itu juga melindungi sel yang sehat dari racun sisa metabolisme yang menumpuk didalam tubuh agar racun-racun tersebut tidak menyebabkan penuaan dini dengan cara merusak DNA.

12. Membantu program diet
Bagi Anda yang sedang melakukan program diet, jambu biji dapat dijadikan solusinya. Anda dapat mengganti menu makan siang dengan mengonsumsi jambu biji. Hal ini dikarenakan serat yang ada pada jambu biji dapat menahan rasa lapar sampai malam hari. Protein, vitamin,dan mineral pada jambu membuat perut terasa lebih kenyang.

13. Menjaga fungsi otak
Vitamin B3 dan B6 yang ada pada buah jambu berguna membantu menjaga fungsi otak agar berjalan dengan baik. Tidak hanya itu, vitamin yang ada pada jambu biji ini juga melancarkan sirkulisasi darah sehingga tidak terjadi gangguan pada sistem peredaran darah Anda.

14. Menjaga kesehatan kulit
Vitamin C sangat baik bagi tubuh kita salah satunya dapat menjaga kesehatan kulit. dengan mengonsumsi jambu biji setiap harinya maka kulit Anda akan lebih segar, cerah, lembut dan jauh dari gangguan kulit seperti jerawat, kulit kering dan kulit berminyak


Itulah beberapa manfaat jambu biji bagi kesehatan dan kecantikan yang mungkin jarang Anda ketahui. Semoga artikel ini menambah wawasan dan pengetahuan kita. Silahkan bagikan agar lebih banyak lagi orang lain mengetahui akan manfaat hebat dari jambu biji ini.