5 Bahaya Menelan Air Kolam Renang Bagi Kesehatan Tubuh

Berenang di kolam renang umum memang sangat mengasyikan karena biasanya di kolam renang umum terdapat berbagai macam fasilitas yang cukup lengkap sehingga membuat kita menjadi betah untuk berlama-lama untuk mandi disana. Air kolam renang yang jernih dan dingin juga menjadi salah satu daya tarik mengapa seseorang senang untuk berenang berlama-lama.

Nah, meskipun berenang ini sangat mengasyikan dan menyehatkan tetapi Anda tetap harus berhati-hati ketika sedang berada dikolam renang dan jangan sampai menelan air dikolam renang. Air kolam renang biasanya mengandung kaporit dan berbagai macam bakteri, seperti E. Coli, Giardia, dan Paracites Cryptosporidium yang mana zat dan bakteri tersebut bisa membahayakan kesehatan tubuh anda.

 Bahaya Menelan Air Kolam Renang Bagi Kesehatan Tubuh



Apa saja bahaya kesehatan akibat tak sengaja minum air kolam renang ini ? simak selengkapnya dibawah ini.

Bahaya Minum Air Kolam Renang


1. Diare
Bahaya kesehatan yang pertama akibat tidak sengaja menelan air kolam renang adalah diare. Seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa air kolam renang banyak mengandung bakteri Eschericia Coli atau E. Coli, yang mana apabila masuk kedalam tubuh maka bisa menyebabkan masalah pada usus kita dan membuat kita terserang diare. Apa  itu diare ? diare adalah suatu penyakit yang bisa menyebabkan tinja menjadi lembek atau cair. Orang yang menderita diare biasanya mereka akan bolak-balik ke kamar mandi untuk buang air besar. Meskipun terlihat sepele, diare termasuk penyakit yang berbahaya dan merupakan penyebab kematian paling umum pada balita.

2. Penyakit Cacing
Kemudian dampak negatif yang kedua akibat tidak sengaja menelan air kolam renang adalah yaitu bisa menyebabkan Anda terkena penyakit cacing atau yang biasa kita sebut dengan cacingan. Cacing yang terdapat dikolam renang bisa tidak hanya berpindah melalui air yang tertelah saja tetapi juga bisa menular dan masuk melalui kulit kita sehingga maka dari itu kita harus selalu berhati-hati ketika sedang berenang agar air kolam renang tidak tertelan. Tidak hanya itu, usahakan agar Anda juga selalu mandi dan membilas badan dengan air bersih setelah mandi di kolam renang agar kulit kita terbebas dari berbagai macam kuman dan cacing.

3. Disentri
Air kolam renang yang tertelan tidak hanya menyebabkan Anda terkena diare saja tetapi juga bisa menyebabkan kita terkena penyakit disentri. Penyakit disentri ini disebabkan karena infeksi bakteri Shigella yang terdapat pada air kolam renang, biasanya orang yang terkena penyakit ini akan mengalami gejala seperti demam, mual, muntah, diare, kram, dan sakit kepala.

4. Penyakit Kuning
Menelan air kolam renang juga sangat beresiko dan membuat Anda terkena penyakit kuning. Air kolam renang sangat banyak mengandung bakteri salah satunya adalah bakteri leptospira. Bakteri yang satu ini tidak bisa dianggap sepele karena apabila Ia masuk kedalam tubuh maka bakteri ini bisa menyerang organ hati kita dan membuat fungsi hati menurun. Penurunan fungsi hati ini bisa menyebabkan kadar bilibirun pada hati meningkat sehingga terjadi penumpukan bilibirun atau zat kuning yang mana hal ini bisa berdampak negatif bagi tubuh Anda dan menyebabkan tubuh menjadi kuning terutama pada bagian putih mata juga ikut menjadi kuning.

Selain membuat tubuh menjadi kuning, penyakit kuning juga sering kali ditandai dengan demam, menggigil, kulit menjadi berwarna kuning, pendarahan, dan ruam pada kulit. Penyakit ini bisa sangat berbahaya apabila tidak diatasi dengan cepat dan tepat karena bisa mengakibatkan komplikasi merusak ginjal.

5. Diare Akut
Kemudian dampak negatif akibat menelan air kolam renang yang bisa dikatakan cukup berbahaya adalah yaitu bisa menyebabkan diare akut. Diare akut ini biasanya ditandai dengan beberapa gejalan seperti kram perut, kembung, sering buang air, muntah, pucat, dan sakit badan. Selain itu, penyakit ini juga bisa menyebabkan penderita mengalami krisis gizi dikarenakan tubuh yang tidak mampu menyerap kebutuhan nutrisi makanan.

Baca Juga : 5 Tips Mengatasi Kulit Kering dan Kusam Setelah Berenang

Itulah bahaya menelan air kolam renang bagi kesehatan tubuh kita. Nah, maka dari itu bagi Anda yang gemar berenang maka sebaiknya harus selalu berhati-hati ketika sedang berenang dan jangan sampai menelan air di kolam renang karena ini dampaknya sangat buruk bagi Anda. Bagi Anda para orang tua yang mengajak anak nya untuk berenang, sebaiknya selalu memperhatikan anak Anda dan memberikan peringatan kepada si anak agar tidak meminum air kolam renang.

Share this :

Previous
Next Post »