Gigi Berlubang : Penyebab, Pencegahan dan Pengobatan

Gigi berlubang sering kali membuat kita merasa tidak nyaman disaat mengunyah makanan, bahkan terkadang apabila makanan yang kita konsumsi nyelip atau masuk kedalam lubang yang ada di gigi maka bisa menimbulkan rasa sakit atau ngilu yang tak tertahankan. Hal ini tentunya sangat menjengkelkan bukan ? bahkan gigi berlubang ini tidak hanya menimbulkan rasa sakit saja tetapi juga sering kali membuat bau mulut kita menjadi kurang sedap.

Nah, ngomong-ngomong mengenai gigi berlubang maka pada kali ini kita akan membahas mengenai penyebab, cara mencegah hingga tindakan pengobatan yang harus Anda lakukan untuk mengatasi gigi berlubang ini. Penasaran ? yuk langsung saja simak selengkapnya dibawah ini.

Penyebab, Pencegahan dan Pengobatan Gigi Berlubang





Penyebab Utama Gigi Berlubang


Gigi berlubang tentunya tidak terjadi begitu saja tetapi ada penyebabnya. Nah, berikut dibawah ini ada beberapa penyebab utama yang membuat gigi menjadi berlubang.

1. Malas Membersihkan Gigi
Penyebab pertama yaitu karena kebiasaan malas untuk membersihkan gigi. Mereka yang jarang menggosok gigi sangat beresiko mengalami gigi berlubang. Sisa-sisa makanan yang menempel pada gigi dan ditambah dengan adanya kuman mampu menyebabkan pengikisan pada email gigi yang kemudian lama-kelamaan akan membuat gigi menjadi retak serta berlubang.

2. Sering Mengkonsumsi Makanan Manis
Kemudian penyebab kedua yang bisa membuat gigi Anda menjadi berlubang adalah yaitu terlalu sering mengkonsumsi makanan manis. Makanan-makanan manis ini biasanya menggunakan gula sebagai pemanis. Apabila zat gula tersebut sering tertinggal pada gigi Anda maka lama-kelamaan hal ini bisa membuat gigi Anda menjadi berlubang.

3. Kesalahan Saat Menggosok Gigi
Cara menggosok gigi yang baik dan benar seharusnya dari atas kebawah atau sebaliknya, bukannya dari kiri ke kanan. Menggosok gigi dengan benar bisa membuat kotoran atau sisa makanan bisa hilang dengan sempurna sehingga membuat gigi menjadi lebih bersih dan terbebas dari kuman penyebab gigi berlubang. Selain itu perhatikan pemilihan sikat gigi yang Anda gunakan, usahakan untuk selalu menggunakan sikat gigi dengan bulu yang lembut dan tidak terlalu keras atau kasar. Penggunaan sikat gigi yang berbulu kasar sangat beresiko menyebabkan gigi Anda menjadi berlubang.

Cara Mencegah Gigi Berlubang


Setelah kita membahas mengenai apa saja penyebab dari gigi berlubang ini maka saatnya kita akan membahas bagaimana cara mencegah gigi berlubang ini. Apa saja caranya ? yuk silahkan simak saja dibawah ini.

1. Gosok Gigi Rutin
Cara mencegah gigi berlubang yang pertama adalah yaitu dengan menggosok gigi secara rutin setiap hari setidaknya 2-3 kali sehari. Menyikat gigi secara rutin setiap hari tidak hanya mampu membantu Anda terhindar dari gigi berlubang saja tetapi juga bisa membuat nafas Anda menjadi lebih segar sehingga Anda terbebas dari yang namanya bau mulut. Gosoklah gigi Anda pada pagi dan malam hari sebelum tidur untuk mencegah terjadinya gigi berlubang.

2. Sikat Gigi Dengan Benar
Seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa cara menyikat gigi yang salah bisa menjadi penyebab gigi berlubang. Nah maka dari itu perhatikanlah cara menyikat gigi Anda, pastikan Anda menyikat gigi dari atas kebawah atau sebaliknya agar kotoran dan sisa makanan bisa hilang dengan sempurna. Kemudian jangan lupa juga untuk menyikat bagian lidah Anda agar kuman-kuman yang berkumpul disana bisa hilang. Satu lagi, usahakan agar Anda selalu menggunakan sikat gigi yang bulunya lembut dan tidak kasar.

3. Gunakan Pasta Gigi Mengandung Flouride
Kemudian salah satu cara mencegah gigi berlubang adalah yaitu dengan menggunakan pasta gigi yang mengandung flouride. Flouride sangatlah penting karena zat yang satu ini bisa membantu membentuk email gigi dan mencegah terjadinya pembusukan pada gigi.

4. Kurangi Mengkonsumsi Makanan Manis
Terakhir, kurangi makanan-makanan manis agar gigi Anda tetap sehat dan terhindar dari gigi berlubang. Boleh mengkonsumsi makanan manis tetapi jangan sampai terlalu banyak karena selain tidak bagus untuk kesehatan gigi Anda, makanan manis ini juga sangat beresiko bisa menyebabkan Anda terkena penyakit diabetes.

Pengobatan Gigi Berlubang


Pengobatan gigi berlubang ini ada dua cara yaitu ditambal atau dicabut. Mungkin sebagian dari kita terkadang bingung untuk memilih, dicabut atau ditambal. Biasanya ketika gigi sedang kumat sakitnya maka kita berpikiran untuk segera mencabutnya tetapi apabila gigi sudah tidak sakit lagi maka keinginan untuk mencabut gigi berlubang sering kali di batalkan. Hal ini memang terkadang sering kali menjadi dilema tersendiri bagi sebagian orang.

Nah, bagi Anda yang giginya sudah terlanjur berlubang maka sebelum mengambil tindakan maka perhatikan terlebih dahulu besar atau kecilnya lubang yang terdapat pada gigi Anda. Apabila lubang pada gigi Anda masih kecil maka untuk mengatasinya adalah dengan ditambal tetapi apabila lubang pada gigi Anda sudah membesar maka sebaiknya dilakukan pencabutan.


Cara Mengobati Saki Gigi Berlubang Secara Alami

Sakit akibat gigi berlubang biasanya tidak bisa diambil tindakan, para dokter biasanya enggan untuk melakukan penambalan ataupun mencabut gigi Anda dan biasanya menunggu hingga gigi berlubang Anda tidak sakit lagi barulah para dokter mau melakukan tindakan terhadap gigi Anda. Nah, maka dari itu untuk menghilangkan rasa sakit tersebut kita bisa menggunakan cara-cara alami setelah sembuh baru pergi kedokter untuk diambil tindakan, mau di cabut atau ditambal agar sakit gigi yang Anda alami tidak terus berulang.

1. Cabe Rawit
Cara menghilangkan sakit gigi berlubang yang pertama yaitu dengan menggunakan cabe rawit. Kandungan capscain pada cabe rawit mampu meredakan sakit pada gigi Anda. Cara mengaplikasi  kan nya sangat mudah yaitu rendam cabe rawit kedalm air hangat, lalu biarkan selama 10 menit. Setelah itu celupkan kapas pada air rendaman cabe rabit dan agak sedikit diperas lalu letakan kapas pada gigi yang berlubang.

2. Bawang Putih
Kemudian cara kedua adalah dengan menggunakan bawang putih. Ambil satu siung bawang putih lalu potong menjadi dua bagian, kemudian letakan pada gigi Anda yang berlubang. Biarkan bawang putih tersebut pada gigi Anda selama 5 menit, lalu setelah itu ambil bawang putih tersebut dan kemudian kumur-kumur dengan air hangat.


Itulah penjelasan mengenai penyebab, cara mencegah dan pengobatan yang bisa Anda lakukan apabila mengalami gigi berlubang. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan kita semua.

Share this :

Previous
Next Post »