Cara Menambah Nafsu Makan

Cara menambah nafsu makan bisa dilakukan secara alami tanpa harus dibantu dengan obat-obatan ataupun jamu-jamu yang dijual dipasaran. Walaupun terkadang obat-obatan atau jamu tersebut bisa meningkatkan nafsu makan kita secara instan tetapi hal tersebut hanya bersifat sementara dan apabila nantinya kita tidak mengkonsumsi obat itu lagi maka nafsu makan akan kembali menurun dan kita seperti kurang berselera melihat makanan.

Seperti yang kita ketahui bahwa setiap orang pasti butuh yang namanya makan karena makan adalah salah satu kebutuhan pokok yang tidak bisa ditinggalkan. Apabila sehari saja kita tidak makan maka tubuh akan terasa lemas, lesu dan bahkan terkadang bisa menyebabkan kita menjadi sakit. Itu baru sehari saja, bagaimana jika kita tidak makan selama beberapa hari ? pasti tentunya tubuh Anda akan mudah terserang berbagai macam penyakit dan bahkan menyebabkan kematian.

Cara Menambah Nafsu Makan, anak, orang dewasa, remaja secara alami


Nah, maka dari itu cobalah untuk selalu makan tepat waktu agar tubuh tetap sehat dan bugar sepanjang hari. Apabila Anda kurang berselera untuk makan atau nafsu makan menurun maka segera mencari solusi karena biasanya kebanyakan dari kita menjadi malas untuk makan karena merasa tidak berselera. Malas makan bukanlah solusi untuk mengatasi menurunnya nafsu makan Anda, justru dengan melewatkan makan bisa berdampak buruk bagi tubuh Anda sendiri

Bagi Anda yang pada saat ini sedang kurang nafsu untuk makan maka berikut dibawah ini ada beberapa tips dan cara menambah nafsu makan secara alami yang bisa Anda ikuti dan aplikasikan.



Cara Menambah Nafsu Makan


1. Coba Memasak Makanan Kesukaan Anda
Cara pertama yang bisa Anda lakukan agar nafsu makan kembali meningkat yaitu dengan memasak makanan kesukaan Anda. Cobalah untuk meminta kepada istri atau ibu Anda untuk memasakan makanan yang paling Anda sukai, biasanya hal ini akan membangkitkan selera makan Anda kembali dan membuat Anda menjadi semangat untuk makan.

2. Variasikan Menu Makanan
Banyak orang yang menjadi malas untuk makan ketika melihat makanan yang dihidangkan hanya itu-itu saja. Makanan yang monoton dan itu-itu saja akan membuat kita menjadi jenuh sehingga nafsu makan akan hilang dan kemudian akhirnya membuat kita malas untuk makan. Nah, apabila sudah demikian maka segeralah untuk  melakukan perubahan yaitu variasikan menu makanan Anda. Makanan yang beragam akan membuat nafsu makan Anda meningkat kembali. Misalnya hari ini menu makanan Anda adalah tempe, sayur bayam, ikan dan nasi maka pada keesokan harinya maka cobalah ganti dengan tahu, tumis kangkung, telur dan nasi. Apabila menu harian Anda beragam dan terus berganti setiap hari maka hal ini bisa menambah nafsu makan Anda.

3. Berolahraga
Kemudian cara selanjutnya yang bisa Anda lakukan untuk menambah nafsu makan yaitu dengan berolahraga. Mungkin sebagian dari Anda bertanya-tanya, apa hubungan antara olahraga dan meningkatkan nafsu makan ? jelas saja ada, dengan berolahraga secara rutin maka tidak hanya membuat tubuh menjadi sehat saja tetapi juga bisa meningkatkan nafsu makan.
Ketika kita berolahraga maka tubuh akan membakar kalori lebih banyak dan juga membuat tubuh mengeluarkan energi yang banyak. Terbakarnya kalori dan terbuangnya energi akibat berolahraga akan membuat tubuh menjadi lebih cepat lapar dan membuat nafsu makan kita meningkat.

4. Hindari Stres
Apabila Anda ingin nafsu makan bertambah maka cobalah untuk menghindari stres. Ketika tubuh kita sedang stres maka biasanya nafsu makan akan juga ikut menurun, meskipun Anda mengkonsumsi berbagai suplemen dan obat-obatan penambah nafsu makan maka tidak akan berpengaruh apabila Anda sedang stres. Nah, maka dari itu sebisa mungkin hindarilah stres dan cobalah untuk rileks karena apabila tubuh rileks maka tidak hanya akan berdampak baik bagi kesehatan tubuh kita saja tetapi juga bisa membuat nafsu makan jadi meningkat.

5. Konsumsi Pepaya
Daripada Anda mengkonsumsi suplemen dan obat-obatan penambah nafsu makan yang dijual dipasaran maka tidak ada salahnya apabila Anda mencoba mengkonsumsi buah pepaya. Buah pepaya ini tidak hanya bisa membantu melancarkan BAB saja tetapi buah yang satu ini juga dipercaya bisa menambah nafsu makan Anda. Bahkan bukan hanya buahnya saja tetapi daun pepaya juga baik dikonsumsi dan bermanfaat untuk meningkatkan nafsu makan.

6. Mengkonsumsi Ramuan Tradisional
Kemudian apabila cara diatas masih juga belum bisa membuat nafsu makan Anda meningkat maka langkah terakhir yaitu cobalah untuk mengkonsumsi ramuan tradisional yang terbuat dari bahan-bahan alami.

Ramuan tradisional yang bis Anda coba konsumsi dan buat sendiri dirumah yaitu ramuan dari daun pepaya. Caranya, siapakan satu genggam daun pepaya muda segar, satu sendok madu dan satu gelas air matang. Cuci bersih daun pepaya lalu tumbuk hingga halus, kemudian masukan kedalam gelas yang berisi air tadi dan tambahkan juga satu sendok madu. Aduk hingga semuanya tercampur rata dan kemudian setelah itu saring air tersebut. Minum ramuan daun pepaya tersebut setidaknya 2 kali sehari dengan takaran setengah gelas sekali minum.


Itulah cara menambah nafsu makan secara alami baik itu pada orang dewasa maupun anak-anak. Silahkan bagikan artikel ini agar lebih banyak lagi orang yang mengetahui hal ini. Semoga bermanfaat.