Cara Menghilangkan Bau Mulut Tak Sedap Secara Alami

Cara menghilangkan bau mulut yang tak sedap sebenarnya sangatlah simpel dan mudah sehingga untuk itu Anda tidak perlu harus repot-repot membeli berbagai macam obat penghilang bau mulut yang dijual di pasaran. Meskipun obat penghilang bau mulut yang dijual dipasaran bisa menghilangkan bau mulut Anda secara instan tetapi percayalah itu hanya sementara dan apabila nanti Anda sudah tidak menggunakan obat itu lagi maka masalah bau mulut yang Anda alami akan muncul kembali.

Seperti yang kita ketahui bahwa bau mulut yang tak sedap ini memang sangat menyebalkan dan menjengkelkan karena hal ini bisa membuat kita menjadi tidak percaya diri saat berbicara dengan orang lain, apalagi ketika kita berbicara saling berdekatan maka bau mulut Anda yang tak sedap tersebut pasti juga akan tercium oleh lawan bicara Anda sehingga membuat mereka merasa terganggu dan kapok untuk mengobrol didekat Anda.

Cara Menghilangkan Bau Mulut Tak Sedap Secara Alami


Nah ngomong-ngomong masalah bau mulut, sebelum kita membahas bagaimana cara menghilangkan bau mulut yang tak sedap maka ada baiknya jika Anda menyimak terlebih dahulu apa saja yang menjadi penyebab dari bau mulut ini.


Penyebab Bau Mulut Tak Sedap


1. Merokok
Semua pasti orang pasti tahu bahwa merokok sangat tidak baik bagi kesehatan, bahkan orang-orang yang kecanduan merokok sangat beresiko terkena berbagai macam penyakit mematikan. Nah, selain bisa menimbulkan berbagai macam penyakit ternyata merokok juga bisa menyebabkan bau mulut Anda menjadi tidak sedap. Bau tembakau pada rokok bisa tertinggal didalam mulut Anda sehingga hal ini akan menyebabkan mulut menjadi bau.

2. Malas Menggosok Gigi
Kemudian penyebab bau mulut yang kedua yaitu malas membersihkan dan menggosok gigi. Sisa-sisa makanan yang menempel di gigi bisa memicu perkembangan bakteri didalam mulut sehingga menyebabkan bau mulut menjadi tidak sedap. Bahkan bakteri-bakteri ini akan membuat gigi Anda menjadi rusak dan berlubang.

3. Mengkonsumsi Makanan Penyebab Bau Mulut
Makanan seperti jengkol dan petai bisa menyebabkan bau mulut anda menjadi tak sedap dan menyengat. Tidak hanya jengkol dan petai saja, makanan dan minuman yang memiliki bau kuat seperti bawang putih atau bawang merah, kopi dan minuman beralkohol juga bisa menjadi penyebab bau mulut menjadi tidak sedap.

4. Menurunnya Kadar Air Liur
Penurunan kadar air liur didalam mulut akan menyebabkan penumpukan bakteri didalam mulut. Seperti yang sudah dijelaskan diatas tadi, apabila bakteri sudah menumpuk maka tentunya hal ini akan membuat bau mulut menjadi tidak sedap.

Ada tiga kondisi dimana seseorang mengalami penurunan kadar air liur. Pertama, ketika kita merasa lapar atau puasa lalu yang kedua adalah kondisi dimana kita sedang merasa haus dan kemudian yang ketiga adalah di saat pagi hari. Ketiga kondisi tersebut adalah waktu dimana kadar air liur didalam mulut menurun sehingga apabila Anda sering memperhatikan maka biasanya bau mulut akan menjadi tidak sedap ketika kita berada pada tiga kondisi tersebut

5. Adanya Indikasi Penyakit
Bau mulut juga bisa menjadi satu pertanda bahwa ada yang salah pada tubuh Anda. Ada beberapa penyakit yang bisa menyebabkan bau mulut menjadi tidak sedap yaitu diantaranya adalah adanya gangguan usus, gangguan ginjal, diabetes, sariawan, peradangan kronis pada paru-paru dan kanker. Penyakit-penyakit diatas juga bisa menyebabkan bau mulut Anda menjadi tidak sedap sehingga untuk itu Anda harus tetap waspada dan tidak boleh menyepelekan masalah bau mulut ini

6. Mengkonsumsi Obat Tertentu
Kemudian, penyebab bau mulut tak sedap yang terakhir yaitu akibat mengkonsumsi obat-obat tertentu. Obat-obatan seperti obat kemoterapi, nitrat dan tranquiliser bisa menyebabkan mulut Anda menjadi bau.

Cara Menghilangkan Bau Mulut Tak Sedap


1. Gosok Gigi Secara Teratur
Hal pertama yang harus dan wajib Anda lakukan apabila ingin menghilangkan bau mulut yang tak sedap ini adalah dengan menggosok gigi secara rutin serta teratur setiap hari. Menggosok gigi secara rutin akan membuat gigi Anda menjadi bersih sehingga sisa-sisa makanan tidak akan menempel pada gigi. Jangan lupa, sikat juga bagian lidah serta langit-langit mulut Anda dengan menggunakan pasta gigi yang mengandung flouride agar gigi tetap sehat, kuat, putih dan bersih sehingga bau mulut yang tak sedap akan hilang.
Kemudian untuk hasil yang lebih baik maka setelah menggosok gigi, usahakan untuk selalu berkumur-kumur dengan menggunakan cairan antibakteri. Pilih obat kumur yang mengandung chlorhexidine atau hidrogen peroksida, tapi tanpa kandungan alkohol sehingga mulut tidak menjadi kering

2. Cukup Minum dan Kunyah Permen Karet
Pastikan bahwa Anda mengkonsumsi air putih yang cukup setiap hari karena air putih ini tidak hanya bisa membantu Anda terhindar dari dehidrasi saja tetapi juga bisa membuat mulut tetap lembab dan tidak kering. Selain mengkonsumsi air putih, Anda juga bisa mengunyah permen karet namun pilihlah permen karet yang rendah gula atau jika bisa yang tanpa gula. Permen karet akan sangat membantu menyegarkan nafas Anda dan menghilangkan bau mulut yang tak sedap.

3. Hindari Makanan Penyebab Bau Mulut
Hindarilah makanan penyebab bau mulut karena percuma saja meskipun Anda rajin membersihkan gigi tetapi jika Anda tetap mengkonsumsi makanan yang memiliki bau tajam seperti petai, jengkol dan bawang maka hal ini tetap saja akan membuat bau mulut Anda menjadi tidak sedap. Selain itu hindari juga kebiasaan merokok karena selain bisa membuat nafas menjadi bau, merokok juga bisa menyebabkan gigi menjadi kuning. Perbanyaklah mengkonsumsi buah dan sayuran agar tubuh sehat dan bau mulut berkurang.

4. Daun Sirih
Daun sirih juga bisa Anda andalkan untuk menghilangkan bau mulut yang tak sedap. Cara menghilangkan bau mulut dengan daun sirih ini juga terbilang sangat mudah yaitu Anda cukup mengambil enam lembar daun sirih yang sudah di cuci bersih, lalu rebus dengan air dua gelas. Biarkan hingga mendidih sampai tinggal satu gelas, apabila sudah tinggal satu gelas maka angkat dan biarkan hingga air rebusan tersebut menjadi hangat-hangat kuku. Setelah itu, baru gunakan air rebusan daun sirih tersebut untuk berkumur.

5. Rutin Periksa ke Dokter
Kemudian, tips terakhir untuk menghilangkan bau mulut yang tak sedap ini adalah dengan cara pergi kedokter gigi. Dengan pergi ke dokter gigi setiap 6 bulan sekali maka kita bisa mencegah berbagai macam penyakit pada gigi dan gusi. Nah, apabila kesehatan gigi dan gusi tetap terjaga maka Anda akan terbebas dari bau mulut yang tak sedap.


Itulah penyebab dan cara mengatasi bau mulut yang tak sedap secara alami. Jangan sepelekan masalah bau mulut ini karena bisa berdampak buruk bagi diri Anda sendiri. Silahkan bagikan artikel ini jika dirasa bermanfaat agar manfaatnya juga bisa dirasakan oleh teman dan kerabat dekat Anda.