Cara Agar Cepat Pulih Pasca Operasi Caesar

 Cara Agar Cepat Pulih Pasca Operasi Caesar
Setiap wanita yang hamil tentunya ingin melahirkan secara normal namun sayangnya terkadang ada beberapa hal yang menyebabkan para ibu hamil tersebut tidak bisa melahirkan secara normal dan memilih melakukan operasi caesar. Operasi caesar ini adalah proses persalinan melalui pembedahan yaitu dimana sang dokter akan mengeluarkan bayi yang ada didalam perut sang ibu melalui sayatan di perutnya.

Operasi caesar ini tentunya berbeda dibandingkan dengan melahirkan secara normal karena biasanya proses pemulihan pasca operasi caesar ini sedikit lebih lama dibandingkan dengan wanita yang melahirkan secara normal. Bahkan, apabila para ibu tidak pandai-pandai didalam merawat luka bekas operasi caesar tersebut maka bukan tidak mungkin malah nantinya luka tersebut menjadi sulit sembuh dan berubah menjadi infeksi.

Namun meskipun demikian anda tidak perlu terlalu khawatir dan takut secara berlebihan karena ada beberapa tips dibawah ini yang bisa Anda ikuti agar luka bekas operasi caesar bisa cepat pulih dan Andapun bisa beraktivitas seperti biasa kembali.


Cara Cepat Pulih Pasca Operasi Caesar


1. Hindari Mengangkat Beban Berat
Pasca operasi caesar Anda harus menghindari untuk mengangkat beban-beban yang berat karena biasanya wanita yang melakukan operasi caesar kondisi tubuhnya masih sangat lemah dan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk bisa beraktivitas seperti semula. Nah, apabila Anda ngeyel dan masih sering mengangkat-angkat beban yang berat pasca operasi caesar maka hal saya jamin proses pemulihan Anda semakin lama dan bahkan terkadang malah menimbulkan rasa nyeri pada luka bekas operasi caesar Anda.

2. Minum Banyak Air Putih
Kemudian untuk mempercepat proses penyembuhan atau pemulihan pasca operasi caesar adalah dengan cara memperbanyak minum air putih. Air putih ini tidak hanya membantu Anda terhindar dari dehidrasi saja tetapi juga bisa mencegah terjadinya sembelit atau susah buang air besar. Selain itu, air putih ini bisa mengganti cairan Anda yang hilang akibat menyusui.

3. Jangan Lupa Konsumsi Obat
Jangan lupa untuk mengkonsumsi obat-obatan sesuai dengan petunjuk dokter agar luka bekas operasi caesar di perut Anda bisa cepat kering dan kondisi tubuh Anda bisa segara pulih seperti semula. Selain itu, dengan mengkonsumsi obat maka juga bisa membantu menghilangkan rasa nyeri akibat operasi caesar.

4. Bersihkan Luka Secara Rutin
Rutin merawat luka bekas operasi caesar agar luka tersebut cepat mengering dan menghindari Anda agar tidak terjadi infeksi. Bersihkan luka bekas operasi caesar Anda dengan menggunakan cairan saline (NaCL) dan kemudian ganti perban setiap hari, apabila diperlukan maka juga bisa mengolesinya dengan salep antibiotik. Namun pastikan jika Anda sudah berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter mengenai salep antibiotik yang baik untuk Anda.

5. Perbanyak Istirahat
Pasca operasi caesar kondisi tubuh Anda masih sangat lemah sehingga untuk itu Anda sangat dianjurkan untuk beristirahat dan usahakan jangan terlalu banyak beraktivitas terlebih dahulu. Istirahat yang cukup akan sangat membantu Anda untuk mempercepat proses pemulihan pasca operasi caesar.

6. Jangan Berhubungan Terlebih Dahulu
Untuk mempercepat proses pemulihan pasca operasi caesar maka sebaiknya Anda tidak berhubungan terlebih dahulu dengan suami. Sebaiknya tunggulah hingga 4-6 minggu pasca melahirkan.

7. Konsumsi Makanan Sehat
Mengkonsumsi makanan sehat pasca operasi caesar juga menjadi salah satu faktor penting untuk mendukung serta mempercepat proses pemulihan kondisi tubuh Anda dan membuat bekas luka operasi caesar mengering dengan cepat. Dengan mengkonsumsi makanan sehat dan bergizi maka tubuh Anda akan selalu fit dan tidak lemas. Selain itu, ASI pun menjadi lancar sehingga asupan ASI bayi Anda terpenuhi.

8. Hindari Mengejan Saat BAB
Mengejan saat BAB sangat tidak baik untuk ibu yang baru saja melakukan operasi caesar karena hal ini bisa mempengaruhi dan memperlambat proses penyembuhan Anda. Nah, maka dari itu perbanyaklah mengkonsumsi air putih serta buah dan sayur agar BAB Anda tidak keras sehingga buang air besar menjadi lancar.

9. Periksa Kedokter Secara Rutin
Kemudian tips yang terakhir agar Anda bisa segera cepat pulih pasca operasi caesar adalah yaitu dengan cara rutin untuk memeriksakan diri kedokter secara berkala. Dengan berkonsultasi kepada dokter ahli maka Anda bisa mengetahui apa saja hal-hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan sehingga kondisi Anda akan bisa segera cepat pulih dengan segera.


Itulah cara agar Anda bisa cepat pulih pasca operasi caesar. Proses penyembuhan operasi caesar memang agak sedikit lama, bahkan terkadang memakan waktu 4-6 minggu sehingga untuk itu Anda harus berhati-hati ketika didalam masa proses penyembuhan pasca operasi caesar ini. Karena apabila tidak hati-hati maka terkadang bisa saja luka bekas operasi caesar tersbebut menimbulkan rasa nyeri yang hebat, bengkak, kemerahan hingga adanya cairan yang keluar dari luka bekas operasi tersebut.