Cara Mengatasi Mulut Kering dan Bau

Cara mengatasi mulut kering sebenarnya tidaklah terlalu sulit sehingga untuk itu Anda tidak perlu repot-repot apalagi merasa panik dan langsung mengunjungi dokter ketika mengalami kondisi ini. Mulut kering bukanlah sesuatu yang berbahaya karena setiap orang bisa saja mengalami hal ini pada sesekali waktu sehingga apabila Anda mengalami mulut kering hanya sesekali saja maka hal tersebut bisa dikatakan adalah sesuatu yang wajar. Namun lain halnya apabila kondisi mulut kering ini terus menerus Anda alami atau berkelanjutan maka ini baru bisa dikatakan sudah tidak wajar dan mengkhwatirkan.

Banyak hal yang menjadi penyebab mengapa mulut sering kali terasa kering, namun biasanya penyebab paling umum adalah karena akibat kurangnya cairan (dehidrasi) didalam tubuh sehingga produksi air liur (sativa) berkurang. Ketika produksi air liur berkurang maka bukan hanya membuat mulut menjadi kering saja tetapi juga bisa menimbulkan berbagai masalah lainnya yaitu seperti bau mulut, membuat tenggorokan menjadi kering dan menyebabkan bakteri menjadi mudah berkembang didalam mulut Anda. Selain kekurangan cairan, penyebab mulut kering lainnya adalah karena adanya gangguan psikologis seperti perasaan gugup dan cemas.

Cara Mengatasi Mulut Kering dan Bau


Mulut kering tentunya sangat tidak enak dan membuat kita menjadi tidak nyaman sehingga untuk itu Anda tidak boleh membiarkan kondisi ini berlarut-larut. Berikut dibawah ini ada beberapa cara mengatasi mulut kering tanpa harus kedokter.


Cara Mengatasi Mulut Kering dan Bau


1. Konsumsi Banyak Air Putih
Air putih sangat penting untuk tubuh kita sehingga untuk itu kita tidak boleh kekurangan minum air putih karena dampaknya sangat fatal bagi kesehatan kita. Apabila kita kurang minum air putih maka tubuh akan mengalami dehidrasi. Nah, ketika tubuh dehidrasi maka produksi air liur didalam mulut juga akan ikut terganggu sehingga hal ini menyebabkan mulut anda menjadi kering.

Untuk itu, jika Anda ingin terhindar dari masalah mulut kering ini maka perbanyaklah mengkonsumsi air putih. Setidaknya konsumsilah air putih 1,5 liter dalam sehari agar tubuh tetap sehat dan tidak kekurangan cairan sehingga mulut anda tidak akan kering lagi.

2. Rutin Sikat Gigi 3 Kali Sehari
Kemudian cara mengatasi masalah mulut kering yang selanjutnya adalah yaitu dengan rutin menyikat gigi 3 kali sehari. Menyikat gigi secara rutin akan membuat kesehatan gigi dan gusi Anda tetap terjaga dan membuat bau mulut Anda menjadi segar. Gigi dan gusi yang sehat akan sangat membantu didalam proses produksi air liur didalam mulut Anda sehingga mulut Anda tidak menjadi kering dan tetap lembab.

3. Mengkonsumsi Permen Karet
Ketika mulut anda mulai terasa kering maka solusi jitu yang bisa Anda lakukan adalah yaitu dengan cara mengkonsumsi permen karet, tetapi usahakan Anda memilih permen karet bebas gula. Mengunyah permen karet bisa memancing kalenjer ludah agar bisa memproduksi air liur didalam mulut kita. Meskipun permen karet ini sangat membantu tetapi Anda jangan berlebihan mengkonsumsi permen karet karena sesuatu yang berlebihan pasti tidak akan bagus.

4. Konsumsi Makanan Berserat
Makanan berserat juga bisa menjadi andalan untuk mengatasi masalah mulut kering ini. Mengkonsumsi makanan berserat seperti wortel dan seledri bisa meningkatkan sekresi air liur dan menjaga kesehatan gigi serta menghindari dari karies gigi.

5. Hindari Rokok
Apabila mulut Anda terasa kering maka segeralah untuk menghentikan kebiasaan buruk seperti merokok. Mengkonsumsi alkohol serta rokok akan semakin memperburuk kondisi Anda dan membuat mulut menjadi semakin kering. Selain itu, Anda juga harus menghindari makanan pedas dan asin agar tidak terjadi iritasi pada lidah dan rongga mulut.

6. Bernapas Melalui Hidung Bukan Mulut
Kemudian untuk mencegah agar kondisi mulut kering yang Anda alami tidak bertambah parah maka cobalah untuk tidak bernapas melalui mulut tetapi bernapaslah melalui hidung.

7. Jangan Mengkonsumsi Obat Sembarangan
Beberapa obat tertentu terkadang bisa membuat mulut Anda terasa kering sehingga untuk itu maka Anda harus berhati-hati dan selalu berkonsultasi kepada dokter ketika ingin mengkonsumsi obat. Biasanya obat-obatan yang membuat mulut menjadi kering adalah obat yang dipakai untuk mengobati depresi, kecemasan, nyeri, alergi dan pilek (antihistamin dan dekongestan), obesitas, jerawat, epilepsi, hipertensi (diuretik), diare, mual, gangguan psikotik, inkontinensia (kandung kemih), asma (bronkodilator tertentu) dan penyakit Parkinson


Itulah cara mengatasi mulut kering dan bau. Seperti yang sudah saya jelaskan diatas bahwa mulut kering adalah salah satu penyebab bau mulut sehingga tidak boleh dibiarkan dan harus diatasi dengan cepat.

Share this :

Previous
Next Post »