Penyebab Keputihan Berlebihan Pada Wanita dan Cara Mengatasinya

Keputihan adalah salah satu masalah kecil yang memiliki dampak besar bagi wanita sehingga untuk itu sebagai wanita kita tidak boleh menyepelekan dan mengabaikan masalah keputihan ini. Menurut para pakar kesehatan mengatakan bahwa, keputihan adalah salah satu kondisi normal yang bisa saja dialami oleh setiap wanita di saat-saat tertentu. Dimana pada kondisi tersebut, organ reproduksi wanita akan mengeluarkan lendir yang encer, bening, tidak berbau dan juga tidak menyebabkan gatal.

Nah meskipun keputihan adalaha sesuatu yang normal dialami oleh setiap wanita tetapi kita tetap harus mewaspadai hal ini karena terkadang keputihan yang dialami oleh setiap wanita berbeda, ada yang normal dan ada yang tidak normal

Cara Mengatasi Keputihan Berlebihan dan Penyebabnya



Ciri-Ciri Keputihan Normal

1. Bentuknya cair/encer
2. Warna bening atau sedikit putih
3. Jumlahnya sedikit
4. Hampir tidak berbau
5. pH asam, antara 3,8 – 4,5
6. Tidak menimbulkan rasa gatal atau nyeri.

Ciri-Ciri Keputihan Tidak Normal

1. Bentuknya kental
2. Berwarna putih susu, kuning atau hijau
3. Dalam jumlah banyak
4. Berbau tidak sedap
5. Menimbulkan gatal kadang nyeri pada genital dan sekitarnya
6. Mengandung darah

Penyebab Keputihan Berlebihan


1. Siklus Menstruasi
Biasanya wanita yang mendekati siklus menstruasi jumlah keputihan yang keluar akan semakin banyak. Meskipun hal ini bisa dikatakan wajar tetapi Anda tetap harus memperhatikan nya apabila terdapat ciri-ciri seperti cairan atau lendir berwarna putih susu, kuning dan hijau serta berbau maka itu adalah tanda keputihan abnormal. Tetapi bila tidak Anda temui tanda diatas maka hal tersebut adalah keputihan yang normal dan jumlahnya yang keluar secara berlebihan karena diakibatkan karena mendekati siklus menstruasi sehingga Anda tidak perlu terlalu khawatir.

2. Adanya Bakteri
Kemudian penyebab mengapa Anda sering kali mengalami keputihan berlebihan adalah karena adanya infeksi bakteri pada organ reproduksi Anda. Biasanya Infeksi bakteri ini  disebebkan akibat terlalu sering gonta-ganti pasangan sehingga menyebabkan Anda tertular penyakit. Apabila sudah begini maka segera konsultasikan ke dokter agar bisa segera diatasi dengan cepat dan tepat.

3. Adanya Kanker Rahim
Itulah mengapa kita tidak boleh mengabaikan masalah keputihan, meskipun keputihan ini masalah kecil tetapi dampaknya sangat besar bagi kesehatan wanita. Jangan pernah sepelekan keputihan ini karena keputihan berlebihan adalah salah satu tanda atau gejala awal dari kanker rahim.

4. Stres
Stres juga bisa menjadi pemicu keputihan berlebihan pada wanita. Bahkan bukan hanya menyebabkan keputihan berlebihan saja tetapi stres juga bisa membahayakan kesehatan tubuh kita dan berpotensi memicu terjadinya depresi.

5. Kurang Menjaga Kebersihan
Kemudian penyebab keputihan berlebihan pada wanita yang terakhir yaitu karena kurangnya menjaga kebersihan organ reproduksi. Banyak wanita yang sering kali melupakan kebersihan daerah yang satu ini, padahal apabila kita malas menjaga area pribadi tersebut maka bisa berdampak negatif bagi dirinya sendiri. Salah satu masalah yang akan menghampiri Anda yaitu keputihan abnormal.

Cara Mengatasi Keputihan Berlebihan


1. Menjaga Kebersihan
Jika Anda ingin terbebas dari masalah keputihan ini maka langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah menjaga kebersihan organ reproduksi. Perhatikan didalam pemilihan sabun pembersih daerah pribadi Anda dan perhatikan juga pemilihan celana dalam. Usahakan agar Anda menggunakan celana dalam yang berbahan dasar katun agar bisa menyerap keringat. Oh iya, perhatikan juga didalam pemilihan pembalut. Cucilah organ reporduksi Anda dengan menggunakan air hangat dan jangan terlalu sering menggunakan sabun pembersih atau sabun antibakteri.

2. Daun Sirih
Kemudian cara mengatasi keputihan selanjutnya yaitu bisa dengan menggunakan bahan-bahan alami rumahan seperti daun sirih. Cara mengaplikasikan nya sangat mudah yaitu rendam daun sirih kedalam air hangat dan biarkan selama 30 menit dan apabila sudah agak dingin airnya maka gunakan untuk mencuci organ reproduksi Anda.

3. Rendaman Biji Ketumbar
Cara alami lainnya yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi keputihan yang berlebihan adalah yaitu dengan cara mengkonsumsi air rendaman biji ketumbar. Rendam biji ketumbar dan biarkan semalaman, lalu silahkan Anda minum air rendaman tersebut pada pagi hari ketika baru bangun tidur.

4. Kunyit
Kita juga bisa mengandalkan kunyit untuk mengatasi masalah keputihan ini. Cara membuat ramuan tradisional untuk mengatasi keputihan dari kunyit sangatlah mudah. Ambil dua rimpang kunyit, daun beluntas 1 genggam, buah asam satu genggam dan gula aren secukupnya. Rebus semua bahan diatas dengan menggunakan 3 gelas air dan biarkan hingga mendidih. Apabila air sudah tinggal satu gelas maka matikan api dan saring air rebusan tersebut. Minum satu kali sehari hingga masalah keputihan yang Anda alami berkurang dan hilang.

5. Menghindari Stres
Seperti yang sudah dituliskan diatas bahwa salah satu penyebab keputihan abnormal adalah stress. Nah, maka dari itu apabila Anda ingin terbebas dari masalah keputihan ini maka cobalah untuk menjauhi hal-hal yang membuat Anda menjadi stres agar tubuh dan pikiran kita tetap rileks.

6. Periksa Ke Dokter
Apabila masalah keputihan ini sudah membuat Anda sangat tidak nyaman maka jalan terakhir yaitu periksakan diri kedokter agar bisa mendapatkan penanganan yang cepat dan tepat.


Itulah penyebab dan cara mengatasi keputihan secara alami yang bisa Anda coba aplikasikan dirumah. Semoga bermanfaat dan membantu kalian semua.

Share this :

Previous
Next Post »