Mengenal Gejala, Penyebab Dan Cara Mengatasi Penyakit GERD

GERD (Gastroesophageal reflux disease) adalah salah satu penyakit yang bisa dikatakan cukup banyak menyerang masyarakat Indonesia namun sayangnya terkadang beberapa diantara kita sering kali tidak menyadari akan hal ini dan menganggap bahwa penyakit yang mereka alami adalah sakit maag biasa yang nantinya bisa sembuh dengan sendirinya apabila perut sudah terisi makanan. 

Meskipun terkadang gejala penyakit GERD ini hampir-hampir mirip dengan sakit maag yaitu nyeri yang ditimbulkan sering kali hilang dan timbul tetapi tahukah Anda bahwa penyakit GERD tidaklah sama dengan penyakit maag karena penyakit GERD adalah salah satu penyakit kronis yang bisa menyebabkan kanker kerongkongan atau kanker sehingga untuk itu kita tidak boleh mengabaikan penyakit GERD ini.

Mengenal Gejala, Penyebab Dan Cara Mengatasi Penyakit GERD



Apa Itu GERD

GERD adalah suatu kondisi dimana terjadinya kenaikan asam lambung menuju esofagus, yang mana hal ini akan menyebabkan nyeri pada ulu hati dan terkadang juga menyebabkan sensasi terbakar pada bagian dada menjalar hingga kebagian dalam leher ataupun kerongkongan.

Gejala Penyakit GERD


- Nyeri dada (heartburn)
- Sakit Tenggorokan
- Mual
- Muntah
- Gangguan pencernaan
- Nyeri perut
- Batuk
- Kesulitan menelan
- Asma

Penyebab Penyakit GERD


- Obesitas atau kegemukan
- Hernia hiatus
- Pengosongan lambung yang tertunda
- Kehamilan
- Merokok
- Mulut kering
- Asma
- Diabetes melitus
- Gangguan jaringan ikat, seperti skleroderma
- Pengkonsumsian obat-obat tertentu

Cara Mengobati GERD


1. Lidah Buaya
Anda bisa memanfaatkan lidah buaya untuk mengobati penyakit GERD ini. Seperti yang kita ketahui bahwa lidah buaya adalah salah satu tanaman yang mempunyai banyak khasiat bahkan selain untuk pengobatan luar, lidah buaya juga bisa di konsumsi dengan cara di jus. Mengkonsumsi jus lidah buaya secara rutin dan teratur tidak hanya membuat tubuh serta kulit menjadi sehat dan cantik saja tetapi juga bisa membantu mengatasi penyakit GERD. Nah, bagi Anda yang telah di diagnosa terkena penyakit GERD maka selain mengkonsumsi obat-obatan dokter maka bisa juga mengkonsumsi jus lidah buaya agar proses penyembuhan bisa berjalan dengan cepat. Cukup ambil beberapa batang lidah buaya yang berukuran agak besar lalu kupas kulitnya dan ambil isi dalamnya. Setelah itu blender hingga halus dan minumlah jus lidah buaya tersebut secara rutin serta teratur. Namun jangan berlebihan didalam mengkonsumsinya karena sesuatu yang berlebihan juga pasti tidak baik.

2. Antasida
Apabila Anda tidak suka mengkonsumsi lidah buaya maka bisa menggantinya dengan antasida. Meskipun antasida ini adalah obat sakit maag tetapi juga bisa diandalkan untuk meredakan nyeri yang disebabkan oleh penyakit GERD. Antasida akan menetralisir asam lambung didalam tubuh kita sehingga bisa sedikit memberikan rasa nyaman pada perut kita. Contoh-contoh antasida yang bisa Anda beli di warung terdekat adalah promag, mylanta dan antasida doen.

3. Menjalani Gaya Hidup Sehat
Kemudian apabila Anda ingin penyakit ini cepat sembuh dan tidak kembali berulang maka benahi mulai dari sekarang gaya hidup Anda. Ada beberap hal yang harus Anda hindari, seperti :

- Hindari makanan pedas, berlemak dan makanan yang mengandung coklat
- Jangan pernah berbaring setelah makan
- Kurangi merokok
- Jangan makan secara berlebihan agar berat badan tetaps tabil
- Hindari terlalu sering mengkonsumsi makanan asam

4. Operasi
Nah, apabila langkah-langkah diatas seperti mengkonsumsi obat-obatan dan perubahan gaya hidup masih tidak bisa untuk mengatasi penyakit ini maka jalan terakhir yang bisa kita ambil yaitu operasi.


Itulah penjelasan mengenai apa saja gejala, penyebab serta cara mengatasi penyakit GERD. Semoga bermanfaat dan membantu menambah wawasan Anda.