5 Hal Sepele Yang Bikin Wajah Jelek dan Cepat Tua

Tanpa disadari kebanyakan orang selalu melakukan beberapa kebiasaan buruk didalam keseharianya. Salah satu kebiasaan buruk yang mungkin paling banyak dilakukan oleh beberapa orang yaitu malas membersihkan wajah ketika hendak tidur dimalam hari. Walaupun kebiasaan ini tampaknya sepele tetapi tahukah Anda, dampak dari akibat kebiasaan buruk ini sangat besar. Bahkan apabila terus dilakukan maka hal ini akan menyebabkan kulit wajah Anda menjadi rusak sehingga membuat wajah Anda tampak jelek dan tua.

membuat wajah menjadi jelek dan cepat tua



Nah selain malas membersihkan wajah dimalam hari, berikut ada beberapa kebiasaan buruk lainnya yang harus dihindari karena bisa membuat wajah menjadi jelek dan terlihat cepat tua.

1. Sering Memoles Ulang Make Up
Sebelum keluar rumah dan pergi beraktivitas, kebanyakan wanita selalu memoles wajah mereka dengan make up. Hal ini adalah sesuatu wajar karena dengan menggunakan make up maka wajah mereka akan terlihat lebih cantik dan fres sehingga membuat mereka menjadi lebih percaya diri didalam menjalani aktivitas sehari-hari.

Namun sayangnya, make up yang digunakan pada saat pagi hari sering kali tidak tahan seharian dan sering kali cenderung lebih cepat memudar setelah beberapa jam pemakaian. Untuk mengatasi hal ini maka biasanya kebanyakan wanita selalu memoles ulang make up mereka kembali agar wajah mereka menjadi cantik dan segar kembali. Kebiasaan memoles make up atau menggunakan make up berkali-kali ternyata sangat tidak baik untuk kulit wajah kita. Hal ini tidak dianjurkan, karena wajah yang sudah beberapa jam terkena makeup biasanya bercampur keringat dan bakteri, sehingga memoles ulang bedak hanya akan menyumbat pori. Akibatnya, kulit mudah berjerawat dan iritasi.

2. Tidur Dengan Wajah Kotor
Banyak orang yang sering kali lupa atau bahkan malas membersihkan wajahnya ketika hendak tidur dimalam hari. Terkadang mereka merasa lelah dan capek setelah beraktivitas seharian sehingga langsung tidur tanpa mencuci wajahnya terlebih dahulus. Padahal tidur dengan wajah yang kotor merupakan salah satu penyebab kulit wajah bermasalah. Selain bisa membuat wajah menjadi berjerawat, malas membersihkan wajah dimalam hari akan membuat wajah kita menjadi kusam dan terlihat cepat tua dibandingkan usia yang sebenarnya.

3. Menggunakan Kosmetik Abal-Abal
Kosmetik abal-abal banyak sekali beredar di pasaran, apabila kita tidak pintar-pintar didalam memilih dan membeli kosmetik maka bisa saja Anda akan mendapatkan kosmetik berkualitas rendah. Pemakaian kosmetik abal-abal sangat berdampak buruk bagi kulit wajah Anda dan bisa merusak kulit wajah. Nah, maka dari itu jangan pernah tergiur untuk membeli kosmetik-kosmetik murah yang menjanjikan ini dan itu. Pilihlah kosmetik yang benar terpercaya dan sudah terdaftar di BPOM tentunya.

4. Terlalu Sering Menggunakan Scrub Wajah
Scrub wajah sangatlah penting namun apabila dilakukan terlalu sering maka itu juga tidak baik karena bisa membuat kulit wajah Anda menjadi tipis dan lebih mudah terkena iritasi. Apabila Anda ingin melakukan eksfoliasi dengan menggunakan scrub wajah maka lakukanlah setidaknya sekali saja didalam satu minggu. Jangan terlalu sering karena dampaknya tidak baik bagi kulit wajah Anda sendiri, bukanya membuat wajah menjadi semakin cantik tetapi justru malah akan sebaliknya.

5. Menggunakan Make Up Kadarluasa
Kemudian hal sepele yang terakhir yaitu sering menggunakan make up yang sudah kadarluasa. Ada beberapa wanita yang terkadang merasa sayang untuk membuang make up mereka yang sudah kadarluasa dengan alasan karena harga make up tersebut sangat mahal. Padahal penggunaan make up yang sudah kadarluasa atau lewat masa pakainya bisa merusak kulit wajah apabila tetap terus digunakan. Maka dari itu, jangan lupa untuk selalu mengecek tanggal kadarluasa pada kosmetik Anda. Apabila sudah lewat tanggalnya maka segera buang dan beli yang baru agar kulit wajah Anda tetap terawat dan sehat.


Itulah 5 hal sepele yang bikin wajah menjadi jelek dan cepat tua. Jangan pernah remehkan dan anggap sepele hal-hal kecil yang seperti ini karena dampaknya cukup buruk untuk wajah Anda.