Inilah Berat Badan Normal Bayi Yang Baru Lahir

Berat Badan Normal Bayi Yang Baru Lahir
Selain jenis kelamin, pertanyaan apa sih yang paling sering ditanyakan oleh kebanyakan orang ketika Anda baru saja melahirkan bayi ? jawabannya yaitu pasti berat badan. Hal ini memang terdengar sesuatu yang lumrah dan wajar karena menurut para ahli kesehatan mengatakan bahwa berat badan bayi yang baru lahir bisa menggambarkan keadaan bayi tersebut.

Bagi Anda yang pernah kuliah di kebidanan tentunya pasti sudah tahu bahwa berat badan bayi yang baru lahir bisa memberikan gambaran mengenai jumlah protein, lemak air dan mineral pada tulang bayi tersebut. Jika ketika dilahirkan berat bayi tersebut normal maka itu pertanda bahwa nutrisi selama masa kehamilan cukup terpenuhi sehingga bayi pun lahir dalam keadaan normal dan sehat.

Nah sekarang yang menjadi pertanyaan yaitu berapa sih sebenarnya berat badan normal pada bayi yang baru saja dilahirkan ? hal ini sangatlah penting untuk diketahui oleh setiap pasangan, terutama bagi pasangan yang baru saja menikah agar nanti bisa mendapatkan bayi yang sehat dan normal.

Pertanyaan ini sebenarnya pernah saya tanyakan kepada sang dokter langsung, menurut Ia bahwa berat badan bayi normal yang baru dilahirkan berkisar diantara yaitu 2,5 kg - 3,5 kg. Jika Anda melahirkan bayi dengan berat badan berada dibawah 2,5 kg atau diatas 3,5 kg maka itu bisa dikatakan sesuatu yang tidak normal.

Berikut dibawah ini beberapa faktor yang bisa mempengaruhi berat badan sang bayi

1. Usia Ibu Hamil
Usia ibu hamil juga turut mempengaruhi berat badan bayi, wanita yang melahirkan dibawah usia 20 tahun sangat beresiko karena menurut para ahli kesehatan bahwa diusia tersebut sebenarnya wanita belum siap untuk hamil dan melahirkan. Emosi dan kejiwaan mereka masih tidak stabil sehingga sangat beresiko mengalami beragam komplikasi.

Hal ini tentu saja akan berdampak pada bayi yang ada didalam kandungan mereka dan rentan melahirkan bayi yang tidak normal. Sebaiknya rencanakanlah kehamilan Anda di usia yang tepat, menurut pakar kesehatan mengatakan bahwa usia wanita yang ideal untuk hamil dan melahirkan yaitu antara 20-30 tahun.

2. Jarak Kehamilan Yang Pendek
Karena ingin mempunyai keluarga besar maka terkadang ada beberapa pasangan yang “ngebut” untuk kejar waktu. Belum cukup dua tahun ternyata sudah melahirkan lagi, hal ini tentunya akan membuat jarak kehamilan atau kelahiran menjadi pendek. Padahal menurut Badan Koordinasi Keluarga Berencana (BKKBN) mengatakan bahwa jarak kelahiran yang ideal itu minimal dua tahun. Jika jarak kelahiran ini sangat pendek maka sangat beresiko menyebabkan bayi lahir tidak normal dan bahkan bisa menyebabkan kematian pada ibu hamil dan bayi.

3. Kadar Hemoglobin
Selama masa kehamilan pastikan jika Anda selalu sehat dan terhindar dari yang namanya anemia. Ibu hamil yang mengalami anemia atau kadar hemoglobin didalam tubuhnya sangat rendah maka hal ini nantinya akan sangat berpengaruh pada berat badan bayi Anda. Selain menyebabkan rendahnya berat badan bayi yang akan dilahirkan nanti, anemia pada ibu hamil berpotensi menyebabkan pendarahan sebelum dan sesudah melahirkan nantinya. Nah, maka dari itu konsumsilah makanan sehat agar Anda tehindar dari anemia dan bisa melahirkan bayi dengan berat yang normal.

4. Asupan Gizi
Apa yang Anda konsumsi selama masa kehamilan akan sangat menentukan kesehatan bayi Anda yang akan dilahirkan nantinya. Jika nutrisi selama kehamilan terpenuhi maka berat bayi Anda akan normal serta sehat saat dilahirkan, namun jika asupan nutrisi pada saat kehamilan tidak terpenuhi maka itu sangat beresiko untuk kesehatan bayi Anda.

Maka dari itu konsumsilah makanan-makanan sehat yang baik untuk ibu hamil. Meskipun terkadang para ibu hamil sering mengalami mual dan muntah pada saat hendak makan tetapi jangan jadikan itu alasan untuk Anda tidak mau makan. Apabila Anda tidak makan maka bukan saja kesehatan Anda yang akan menurun tetapi juga kesehatan janin yang ada didalam kandungan Anda akan tergganggu


5. Adanya Penyakit Pada Masa Kehamilan
Kemudian faktor lainnya yang mempengaruhi berat badan bayi yaitu penyakit. Ibu hamil yang menderita penyakit diabaetes, cacar air atau infeksi TORCH sangat beresiko melahirkan bayi yang tidak normal atau kelainan pada tubuh bayi. Bukan hanya itu saja, bahkan terkadang mereka sering kali mengalami keguguran.

Itulah berat badan normal bayi baru lahir beserta apa-apa saja yang menjadi faktor penyebab atau yang mempengaruhi berat badan bayi. Semoga bermanfaat dan membantu.

Share this :

Previous
Next Post »