9 Bahaya Akibat Kurang Minum Bagi Tubuh

 Bahaya Akibat Kurang Minum Bagi Tubuh

Air putih memiliki peran vital bagi tubuh kita, kalian bisa saja hidup selama beberapa hari tanpa mengkonsumsi makanan tetapi Anda tidak akan bisa bertahan hidup lebih dari 3 hari tanpa mengkonsumsi air putih. Untuk perlu diketahui, air adalah komposisi utama pada tubuh manusia bahkan sekitar 80 % kandungan yang terdapat didalam tubuh kita adalah air. Maka dari itu tak heran apabila tubuh kita kekurangan sedikit saja air maka bisa menimbulkan berbagai macam masalah kesehatan pada tubuh kita.

Begitu pentingnya akan minum air putih, para ahli kesehatan selalu menganjurkan kita untuk mengkonsumsi air putih setidaknya 8 gelas atau 1 liter dalam sehari agar kesehatan tubuh kita bisa selalu terjaga. Apabila kita kurang minum air putih setiap hari maka tubuh akan mudah mengalami dehidrasi.

Nah, selain dehidrasi maka berikut dibawah ini ada beberapa bahaya akibat kurang minum air putih bagi kesehatan tubuh kita yang perlu Anda ketahui.

Akibat Kurang Minum Air Putih Bagi Tubuh


1. Membuat Fungsi Ginjal Terganggu
Jika anda terus-terusan kurang minum air putih dan sementara itu Anda selalu melakukan aktivitas berat maka lama-kelamaan hal ini bisa menyebabkan organ ginjal Anda terganggu kesehatannya. Saat kita kurang minum air putih maka hal ini akan membuat beban kerja ginjal menjadi semakin berat, jika terus dibiarkan maka sudah pasti lama kelamaan fungsi ginjal Anda akan menjadi terganggu.

Apabila organ ginjal sudah rusak maka Anda akan mengalami gagal ginjal yaitu salah satu penyakit mematikan yang belum ada obatnya.

2. Mengganggu Kesehatan Pencernaan
Pernah merasa sembelit atau BAB keras ? nah tahukah Anda ternyata hal tersebut bukan saja disebabkan karena kurang mengkonsumsi makanan berserat tetapi juga disebabkan akibat kurang minum air putih. Tubuh kita membutuhkan air putih untuk membantu melancarkan proses pencernaan, apabila asupan air putih harian Anda kurang maka jangan heran kesehatan pencernaan Anda juga akan ikut tergganggu dan dampaknya itu tadi yaitu menyebabkan BAB keras, sakit perut, diare dan susah buang air kecil

3. Membuat Tubuh Menjadi Lesu dan Mudah Lelah
Selain bisa menyebabkan penyakit, kurang minum air putih juga bisa membuat kita menjadi mudah lelah. Sedikit saja menjalani aktivitas maka tubuh akan terasa letih dan lesu seperti tidak bertenaga. Bahkan terkadang tak jarang juga bisa membuat kita menjadi mudah mengantuk.

4. Membuat Kita Sulit Berkonsentrasi
Didalam melakukan apapun maka kita harus di tuntut untuk selalu berkonsentrasi, jika konsentrasi kita terganggu maka bisa saja segala pekerjaan yang Anda kerjakan akan kurang maksimal hasilnya. Nah, agar Anda bisa selalu berkonsentrasi maka jangan lupa minum air putih. Kekurangan air putih membuat fungsi otak kita menjadi sedikit terganggu dan efeknya akan menyebabkan kita menjadi sulit untuk berkonsentrasi.

5. Menyebabkan Sakit Kepala
Ketika kita kurang minum air putih maka cairan yang masuk kedalam otak juga akan berkurang. Apabila otak kekurangan cairan maka bisa dipastikan Anda akan sakit kepala dan pusing. Selain sakit kepala, biasanya tenggorokan juga akan terasa sangat kering sehingga pada akhirnya akan membuat Anda menjadi demam

6. Resiko Terkena Infeksi Saluran Kemih
Orang-orang yang kurang minum juga beresiko terkena infeksi saluran kemih. Biasanya gejala dari penyakit ini adalah suhu badan meningkat, tidak bisa menahan buang air kecil, adanya rasa nyeri ketika buang air kecil dan bahkan yang lebih parahnya lagi yaitu keluar darah bersamaan dengan air seni

Nah, untuk itu apabila Anda tidak ingin terkena penyakit yang satu ini maka konsumsilah air putih setidkanya 1-2 liter dalam sehari. Dengan mengkonsumsi air putih cukup setiap hari maka resiko terkena infeksi saluran kemih sangatlah kecil.

7. Radang Sendi
Jangan heran apabila Anda kurang minum maka akan muncul berbagai macam keluhan pada sendi-sendi tubuh Anda. Air sangat diperlukan untuk melumasi sendi sehingga ketika Anda bergerak maka tulang rawan akan selalu terlindungi. Bayangkan apabila Anda kurang minum air putih, maka sendi Anda tidak terlindungi dengan baik sehingga apabila banyak gerak maka akan terasa nyeri serta sakit.

8. Membuat Kulit Cepat Keriput
Bukan saja berdampak untuk kesehatan, kurang minum juga bisa berdampak pada kulit Anda. Kulit akan menjadi kusam dan cepat keriput apabila kita kurang mengkonsumsi air putih. Semakin Anda kurang minum maka dari waktu ke waktu kondisi kulit Anda akan semakin terlihat perubahannya. Gak percaya ? silahkan buktikan sendiri

9. Kematian
Dan untuk yang terakhir, akibat dari kurang minum air putih ini yaitu bisa menyebabkan kematian. Meskipun hal ini sangat jarang terdengar tetapi tetap saja kita harus selalu waspada karena kurang minum tidak akan membuat Anda langsung meninggal pada hari itu juga. Tetapi akan membunuh Anda secara perlahan, penyakit-penyakit yang disebabkan oleh kurang minum hampir semuanya adalah penyakit berbahaya dan mematikan

Baca Juga : Bahaya Penyakit Batu Ginjal Yang Patut Anda Ketahui

Itulah 9 bahaya akibat kurang minum bagi kesehatan tubuh. Sebenarnya masih banyak lagi dampak negatif yang akan Anda rasakan apabila kurang minum. So, mulai dari sekarang mari kita mulai jalani gaya hidup sehat dan jangan lupa untuk mengkonsumsi air putih cukup setiap hari.