Cara Mengatasi Sembelit dan BAB Keras Secara Alami

Cara mengatasi sembelit dan buang air besar keras sebenarnya sangatlah mudah sehingga Anda tidak perlu repot-repot untuk berobat dan pergi kedokter. Seperti yang kita ketahui bahwa sembelit atau susah buang air besar memang bisa terjadi pada siapa saja baik itu anak-anak, remaja hingga orang dewasa sehingga maka dari itulah kita selalu dituntut untuk menjaga pola makan agar tubuh tetap sehat dan sistem pencernaan tetap lancar.

Bagi sebagian orang sembelit atau BAB keras sering kali di anggap masalah yang sepele, padahal apabila hal ini dibiarkan tanpa diatasi dengan cepat maka bisa saja berakibat fatal dan menyebabkan berbagai macam penyakit komplikasi, bahkan jika dalam waktu satu minggu buang air besar Anda tetap tidak lancar maka bukan tidak mungkin bisa menyebabkan BAB berdarah.

Cara Mengatasi Sembelit dan BAB Keras Secara Alami


Nah, ngomong-ngomong masalah sembelit atau susah BAB maka diartikel kali ini saya akan membahas bagaimana caranya mengatasi sembelit dan BAB keras secara alami tanpa harus mengkonsumsi obat-obatan kimia. Tetapi sebelum itu Anda simak terlebih dahulu apa saja penyebab-penyebab dari sembelit ini.


Penyebab Sembelit atau Susah BAB


1. Sering Menunda BAB
Apakah Anda sering menunda BAB ? jika iya maka sebaiknya hentikan kebiasaan buruk ini karena apabila kita sering menunda BAB maka lama kelamaan bisa menyebabkan kita menjadi sembelit dan BAB menjadi keras. So,  apabila Anda tidak mau mengalami yang namanya sembelit maka hentikan kebiasaan menunda BAB.

2. Kurang Minum
Kemudian penyebab kedua mengapa BAB kita menjadi keras adalah karena kurang mengkonsumsi air putih. Kekurangan cairan didalam tubuh tidak hanya menyebabkan Anda terkena dehidarasi tetapi juga bisa membuat tinja menjadi keras sehingga membuat Anda akan menjadi kesulitan untuk buang air besar.

3. Kurang Serat
Perhatikan asupan makanan yang Anda konsumsi setiap hari, pastikan jika didalam menu makanan harian Anda terdapat makanan berserat. Makanan berserat ini sangatlah penting bagi kesehatan tubuh dan pencernaan, kekurangan asupan makanan berserat akan menyebabkan Anda terkena sembelit dan BAB keras.

4. Mengkonsumsi Obat
Kemudian penyebab terakhir mengapa BAB Anda menjadi keras adalah karena akibat efek samping dari obat-obatan yang Anda konsumsi. Makanya sebelum mengkonsumsi obat, perhatikan atau konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter dan jangan sembarangan saja mengkonsumsinya.

Itulah setidaknya 4 penyebab utama mengapa seseorang sering mengalami sembelit dan susah buang air besar. Nah, setelah Anda mengetahui penyebab-penyebabnya maka silahkan simak tulisan dibawah ini mengenai cara mengatasi sembelit atau BAB keras secara alami.

Cara Mengatasi Sembelit dan BAB Keras


1. Tingkatkan Konsumsi Air Putih
Hal pertama yang harus Anda lakukan untuk mengatasi sembelit ini adalah dengan cara memperbanyak mengkonsumsi air putih. Seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa kekurangan cairan merupakan salah satu penyebab terjadinya sembelit sehingga maka dari itu salah satu cara terbaik dan alami untuk mengatasi sembelit ini adalah dengan cara memperbanyak konsumsi air putih setiap hari agar cairan didalam tubuh Anda terpenuhi dan sistem pencernaan Anda kembali menjadi lancar.

2. Konsumsi Makanan Berserat
Salah satu cara ampuh untuk mengatasi susah BAB atau sembelit ini adalah dengan mengkonsumsi makanan yang kaya akan serat. Konsumsilah lebih banyak buah dan sayur agar pencernaan Anda kembali lancar dan BAB tidak lagi keras. Salah satu buah yang paling manjur dan ampuh untuk melancarkan BAB adalah buah pepaya. Kalau tidak percaya maka cobalah untuk mengkonsumsi buah pepaya maka besoknya BAB Anda tidak akan keras lagi dan menjadi lancar.

3. Minum Kopi
Apakah Anda pecinta kopi ? nah, selain dengan mengkonsumsi buah dan sayur ternyata sembelit atau susah BAB juga bisa diatasi dengan hanya mengkonsumsi satu cangkir kopi. Kandungan kafein yang terdapat didalam kopi ini mampu menstimulasi otot-otot pencernaan Anda untuk bekerja lebih cepat sehingga Anda akan lebih mudah untuk buang air besar.

4. Minyak Zaitun, Habatusauda dan Madu
Kemudian cara alami selanjutnya untuk mengatasi masalah sembelit ini adalah dengan mengkonsumsi minyak zaitun, habbatusauda dan madu. Caranya yaitu, konsumsi satu sendok minyak zaitun, dua butir habbatusauda dan satu sendok makan madu ketika hendak tidur dimalam hari dan ketika bangun dipagi hari. Ketiga obat tersebut bisa dikatakan sangat ampuh untuk mengatasi sembelit dan membuat BAB anda menjadi lancar.

5. Olahraga
Selain dengan mengkonsumsi makanan diatas, Anda juga bisa membantunya dengan berolahraga. Olahraga selama 30 menit sehari tidak hanya membuat tubuh menjadi bugar tetapi juga sangat membantu melancarkan pencernaan kita dan membuat BAB menjadi lancar.

6. Hentikan Mengkonsumsi Obat
Terakhir, pastikan bahwa Anda tidak mengkonsumsi obat-obatan tertentu yang bisa mengakibatkan susah BAB. Hentikan terlebih dahulu mengkonsumsi obat tertentu hingga pencernaan Anda menjadi lancar kembali.


Itulah cara mengatasi sembelit dan BAB keras secara alami. Cara ini bisa digunakan untuk anak-anak, remaja hingga orang dewasa. Bagi ibu hamil yang mengalami susah BAB maka sebaiknya mengkonsultasikan masalah tersebut kepada dokter dan jangan sembarangan mengkonsumsi obat.