6 Bahaya Mencabut Bulu Hidung Yang Perlu Anda Ketahui

Bahaya Mencabut Bulu Hidung

Bahaya sering mencabut bulu hidung tidak bisa dianggap sepele, bahkan apabila Anda terus melakukan kebiasaan buruk yang satu ini bukan tidak mungkin jika nanti bisa menyebabkan munculnya berbagai macam penyakit pada tubuh Anda. Dulu, ketika saya belum mengetahui akan hal ini sejujurnya beberapa kali saya pernah mencabut bulu hidung sendiri karena waktu itu saya cukup merasa risih karena bulu hidung saya terlihat ada yang panjang.

Ternyata sekarang saya baru sadar bahwa ternyata mencabut bulu hidung memiliki dampak yang sangat berbahaya. Menurut beberapa ahli serta artikel yang saya baca setidaknya ada beberapa efek bahaya akibat dari terlalu sering mencabut bulu hidung. Berikut simak selengkapnya dibawah ini :

Bahaya Mencabut Bulu Hidung


1. Infeksi Otak
Jika Ada orang yang bertanya kepada Anda, apakah boleh mencabut bulu hidung ? maka langsung saja jawab bahwa itu sangat tidak dianjurkan karena kebiasaan buruk tersebut bisa menyebabkan infeksi pada otak. Anda pasti tidak mau bukan apabila terkena penyakit infeksi otak ? nah maka dari itu mulai dari sekarang janganlah pernah untuk mencoba mencabut bulu hidung lagi. Karena apabila sampai kita terkena penyakit infeksi otak maka akibatnya sangat fatal sekali.

2. Mimisan
Kemudian dampak negatif lainnya akibat dari mencabut bulu hidung ini adalah bisa menyebabkan kita menjadi mimisan. Bisa saja ketika kita mencabut bulu hidung maka tanpa sengaja mengenai pembuluh darah pada bagian dalam hidung dan kemudian menyebabkan mimisan. Apalagi ketika Anda mencabut bulu hidung yang panjang dengan cukup keras maka resiko terkena mimisan sangatlah besar.

3. Jerawat di Hidung
Jerawat bukan saja muncul dikulit wajah Anda tetapi juga bisa muncul di bagian dalam hidung. Salah satu penyebab munculnya jerawat dibagian dalam hidung ini adalah dikarenakan akibat mencabut bulu hidung. Meskipun jerawat yang tumbuh dihidung adalah jerawat kecil tetapi tetap saja rasanya akan membuat kita menjadi tidak nyaman dan cukup menyakitkan. Bahkan beberapa orang ada yang sampai mengalami demam akibat tumbuhnya jerawat dihidung. So, apabila Anda ingin terhindar dari jerawat dihidung bagian dalam maka jangan lagi cabut bulu hidung Anda.

4. Resiko Terinfeksi
Ketika kita mencabut bulu hidung maka akan sangat rentan mengalami luka dan pendarahan ringan. Nah, luka dibagian dalam hidung bisa saja terpapar bakteri serta kuman yang datang dari tangan atau udara sehingga hal ini bisa menyebabkan terjadinya infeksi. Yang patut Anda ketahui bahwa ketika bakteri masuk maka pastinya akan menyebar kebagian tubuh lainnya sehingga itu tentunya sangat membahayakan kesehatan Anda.

5. Perforasi Septum
Perforasi septum adalah kerusakan pada rongga hidung yang bikin kamu nggak nyaman setelah mencabut bulu hidung. Kerusakan selepas mencabut bulu hidung ini bisa menimbulkan beragam bentuk, mulai dari luka, bisul kecil, atau kerak dari mengeringnya lendir yang sulit dihilangkan.

6. Ingrown Nose Hair
Kemudian bahaya mencabut bulu hidung yang terakhir yaitu bisa saja menyebabkan Ingrown Nose Hair yaitu suatu kondisi dimana bulu hidung yang telah Anda cabut tidak tumbuh keluar tetapi justru malah tumbuh kedalam. Hal ini tidak bisa dianggap sepele karena juga bisa menyebabkan peradangan yang menyakitkan hidung.

Manfaat Bulu Hidung


Bulu hidung memiliki manfaat bagi tubuh kita sehingga untuk itu sebaiknya kita tidak perlu mencabutinya. Adapun manfaat dari bulu hidung ini yaitu sebagai penyaring udara yang akan masuk kedalam tubuh kita sehingga kita bisa mendapatkan udara yang bersih serta sehat. Jadi, untuk itu Anda tidak perlu malu apabila mempunyai bulu hidung yang lebat karena itu justru lebih bagus, kotoran atau partikel yang ada diudara bisa tertahan dihidung kita dan tidak masuk kedalam paru-paru.


Nah itulah penjelasan mengenai manfaat bulu hidung sekaligus bahaya mencabuti bulu hidung. Jika Anda pernah mendengar berita beberapa bulan belakangan, bahkan ada orang yang sampai terkena kanker ganas di hidungnya akibat terlalu sering mencabut bulu hidung. So, be smart.

Share this :

Previous
Next Post »