Manfaat Mandi Air Hangat di Pagi Hari Untuk Tubuh

Manfaat Mandi Air Hangat

Salah satu alasan mengapa seseorang malas untuk mandi dipagi hari adalah karena mereka takut dingin. Memang tidak bisa dipungkiri bahwa pada pagi hari air akan terasa sangat dingin, apalagi cuaca pada saat itu sedang hujan maka sudah pasti air akan menjadi lebih dingin dibandingkan hari biasanya. Hal ini tentunya akan menambah rasa malas kita untuk mandi pagi.

Mandi pagi sangatlah penting dan tidak boleh dilewatkan, apabila Anda takut mandi karena merasa airnya sangat dingin maka bisa mencoba mandi pagi dengan menggunakan air hangat. Mandi air hangat dipagi hari akan membuat Anda terhindar dari rasa dingin. Bukan hanya itu saja, Anda juga bisa mendapatkan beragam manfaat lainnya.


Berikut beberapa manfaat mandi air hangat dipagi hari untuk tubuh yang patut Anda ketahui.

Manfaat Mandi Air Hangat


1. Melancarkan Sirkulasi Darah
Mandi air hangat dipagi hari bukan saja bisa menghilangkan rasa dingin tetapi juga bisa membantu melancarkan sirkulasi darah didalam tubuh kita. Apabila peredaran darah kita lancar maka tentunya tubuh akan menjadi sehat dan bugar.

2. Membuat Pikiran Menjadi Lebih Rileks
Ini sangat penting, sebelum berangkat kerja dipagi hari maka cobalah untuk mandi air hangat dipagi hari. Hal ini akan sangat membantu Anda didalam melepaskan stres, pikiran kita akan menjadi lebih rileks sehingga kita bisa berangkat kerja dengan semangat.

Apabila Anda mengalami insomnia maka cobalah untuk mandi air hangat dikasih garam pada malam hari. Selain akan membuat tidur menjadi nyenyak, juga bisa melepaskan penat serta lelah

3. Mengurangi Rasa Nyeri
Mandi air hangat dipagi hari bisa menjadi terapi untuk mengurangi rasa nyeri, capek dan pegal pada tubuh kita. Air hangat akan membuat aliran darah menjadi lancar, pada saat bersamaan akan terjadi pelemasan pada sendi, tendon, jaringan dan sendi. Walaupun tidak mengurangi rasa nyeri secara permanen tetapi setidaknya ini akan sedikit membantu.

4. Menjaga Kesehatan Jantung
Mandi air hangat juga dipercaya mampu membantu menjaga kesehatan jantung kita. Bukankah sudah dijelaskan diatas, bahwa mandi air hangat mampu membuat aliran darah kita menjadi lancar ? nah, apabila sirkulasi darah didalam tubuh lancar maka tentunya akan berdampak positif bagi kesehatan jantung Anda.

5. Membantu Mengeluarkan Racun di Dalam Tubuh
Dengan berendam didalam air hangat selama 5 menit maka itu sudah sangat membantu mengeluarkan racun-racun dari dalam tubuh. Saat kita berendam didalam air hangat maka kotoran yang berada dipermukaan kulit tubuh kita akan terangkat sehingga pori-pori menjadi terbuka. Racun akan keluar dari pori-pori yang terbuka tersebut.

6. Menyembuhkan Penyakit Kulit
Bagi Anda yang mempunyai masalah seperti gatal-gatal, eksim atau gangguan penyaki kulit lainnya maka juga bisa diatasi dengan mandi air hangat. Campurkan air hangat dengan belerang, atau Anda bisa pergi ketempat pemandian air hangat karena biasanya disana kandungan belerangnya lebih alami.

7. Membuat Tubuh Lebih Segar dan Bersih
Agar kita lebih bersemangat dipagi hari maka tentunya kita harus mandi pagi. Mandi pagi dengan air hangat akan membuat tubuh Anda menjadi lebih fresh serta bersih.

8. Meredakan Sakit Kepala dan Flu
Air hangat akan membuat otot-otot tubuh menjadi rileks sehingga bisa membantu mengurangi nyeri sakit kepala dan juga mampu meringankan sakit flu.

Bahaya Mandi Air Hangat Setiap Hari


Walaupun mandi air hangat memiliki segudang manfaat untuk tubuh kita tetapi ternyata kita tidak boleh melakukan ini setiap hari. Ada efek samping apabila Anda nekat mandi air hangat setiap hari dipagi hari.

1. Membuat Kulit Menjadi Kering
 Keseringan mandi air hangat akan membuat kulit Anda menjadi kering. Itulah mengapa kita tidak dianjurkan terlalu sering mandi air hangat, cukup sesekali aja maka kelembaban kulit Anda akan tetap terjaga.

2. Memicu Timbulnya Jerawat
Air hangat akan membuat pori-pori kulit kita menjadi terbuka, ini akan sangat membantu didalam mengeluarkan racun yang bersarang didalam tubuh kita. Namun ada dampak negatifnya, apabila kita membiarkan pori-pori tetap terbuka maka akan memudahkan timbulnya jerawat.

3. Membahayakan Janin
Ibu hamil yang ingin mandi air hangat juga harus berhati-hati. Usahakan agar suhu airnya tidak terlalu panas, karena ini bisa membahayakan kesehatan janin Anda dan beresiko melahirkan bayi cacat.


Itulah manfaat mandi air hangat dipagi hari untuk tubuh kita. Namun satu hal yang sangat penting untuk di ingat, meskipun mandi air hangat memiliki manfaat untuk kesehatan kita tetapi jangan dilakukan setiap hari.