Cara Membersihkan Kuku Yang Hitam Secara Alami


Cara membersihkan kuku yang hitam secara alami banyak dicari karena kondisi kuku yang hitam tentu dapat mengurangi rasa percaya diri seseorang. Hal ini disebabkan karena peran tangan yang selalu aktif bergerak di segala aktivitas sehingga kemungkinan kondisi kuku menjadi hitam semakin besar.

Dibandingkan dengan pergi ke salon kecantikan untuk merawat kuku, tentu menggunakan cara alami untuk membersihkan kuku yang hitam jauh lebih baik karena selain murah, hasil yang didapat juga tidak kalah dengan perawatan di salon-salon kecantikan. Tidak hanya kuku tangan, kuku kaki juga tak luput dari perawatan karena kuku kaki justru yang paling mudah terkena kotoran.

Penyebab Kuku Hitam


Kuku tangan dan kuku kaki yang hitam harus segera dibersihkan karena kondisi kuku yang hitam sering diidentikkan dengan orang jorok. Tentu hal ini benar adanya karena kuku hitam merupakan sarang dari kuman penyebab penyakit, terlebih lagi untuk kuku tangan yang sangat terlihat di segala aktifitas.

Sebelum mengetahui bagaimana cara untuk mengatasi kuku hitam, alangkah lebih baik jika Anda mengetahui penyebab dari kondisi kuku yang menghitam agar bisa melakukan penanganan tepat. Selain karena kotoran, kuku hitam juga bisa disebabkan oleh hal lain seperti infeksi, jamur, bakteri hingga virus yang menyebabkan menghitamnya kuku.

Selain itu cat kuku juga menjadi salah satu penyebab kuku menjadi hitam karena tidak sedikit cat kuku yang beredar di pasaran mengandung bahan kimia berbahaya. Oleh karena itu penting mengetahui bagaimana cara membersihkan kuku yang hitam secara alami.

Rusaknya kuku juga bisa menjadi penyebab warnanya menjadi hitam. Selain itu ditandai juga dengan warna kuku keruh dan tidak cerah, kuku menebal serta tidak mengkilap, sedangkan kondisi kuku dalam keadaan sehat seharusnya berwarna cerah dan mengkilap.

Cara Membersihkan Kuku yang Hitam Secara Alami


1. Jeruk Nipis
Cara membersihkan kuku yang hitam secara alami salah satunya bisa dengan memanfaatkan lemon atau jeruk nipis. Air jeruk nipis ini sangat efektif untuk membersihkan kuku dari kuman maupun bakteri. Selain itu air jeruk nipis juga mampu menguatkan kuku dan tidak menimbulkan efek samping apapun seperti bau menyengat ataupun lainnya. Anda bisa mencampur perasan jeruk nipis dengan air hangat secukupnya lalu gunakan campuran ini untuk merendam kuku yang hitam

Selain jeruk nipis, Anda juga bisa memanfaatkan belimbing wuluh untuk membersihkan kuku yang kotor. Perawatan kuku menggunakan belimbing wuluh akan membuatnya semakin kuat dan terhindar dari berbagai masalah kuku.

2. Minyak Zaitun
Minyak zaitun kaya akan kandungan nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan kuku. Masalah kuku yang menghitam juga bisa diatasi dengan menggunakan minyak zaitun. Hal ini disebabkan karena minyak zaitun bisa merangsang pertumbuhan kuku menjadi jauh lebih cepat sehingga kuku kotor ataupun rusak bisa segera digantikan dengan kuku baru yang sehat. Dengan mengoleskan minyak zaitun pada area sekitar kuku juga akan membuat tampilannya menjadi mengkilap.

3. Garam dan Air Hangat
Garam merupakan bumbu dapur yang memiliki kemampuan anti inflamasi. Sedikit garam yang dicampur dengan air hangat sangat efektif memperbaiki kondisi kuku yang rusak sehingga menjadi hitam. Garam juga mampu mencegah kuku mengalami infeksi sehingga sangat baik untuk kesehatan kuku.

Cara membersihkan kuku yang hitam secara alami menggunakan garam adalah dengan merendam kuku menggunakan air campuran garam tadi selama 10 sampai dengan 15 menit. Jangan lupa bersihkan kuku setelahnya menggunakan handuk bersih.

Setelah membaca tips diatas, bagaimana pendapat Anda ? ternyata mudah bukan bagaimana cara membersihkan kuku yang hitam. Kita bisa menggunakan bahan-bahan alami yang murah meriah tanpa harus pergi kesalon.