Penyebab Sakit Kepala Saat Bangun Tidur di Pagi Hari dan Cara Mengatasinya

Penyebab Sakit Kepala Saat Bangun Tidur

Penyebab sakit kepala saat bangun tidur di pagi hari dan cara mengatasinya penting untuk diketahui karena sakit kepala yang mendera biasanya akan sangat menganggu segala aktivitas. Cara sederhana untuk mengatasi sakit kepala yang paling mudah adalah dengan beristirahat secara cukup. Kondisi tubuh yang kurang istirahat biasanya akan membuat sakit kepala saat bagun tidur.

Walau bukan masalah serius namun apabila sering mengalami hal ini tentu akan sangat menganggu. Sakit kepala saat bangun tidur yang terjadi pada tubuh seseorang memiliki penyebab berbeda-beda. Ada banyak faktor yang menjadi pencetus mengapa seseorang mengalami masalah sakit kepala ketika bangun tidur dan para ahli menyebut situasi ini dengan nama presyncope. Rasa pusing ini sangat biasa karena tidak sampai menimbulkan hilangnya kesadaran.

Namun untuk sakit kepala yang tidak kunjung sembuh biasanya disebabkan oleh adanya gangguan medis cukup serius. Untuk yang satu ini rasa pusing terjadi cukup lama dan sulit sekali hilang. Oleh karena itu sebaiknya ketahui penyebab sakit kepala saat bangun tidur di pagi hari dan cara mengatasinya agar saat terjadi situasi ini pada Anda sudah mengetahui penanganan yang tepat.

Penyebab Sakit Kepala Saat Bangun Tidur


1. Tekanan Darah Rendah
Salah satu penyebab sakit kepala ketika seseorang baru bangun dari tidur adalah tekanan darah rendah. Kondisi ini biasanya disebabkan oleh kurangnya asupan vitamin B12 yang berfungsi untuk meningkatkan produksi sel darah merah. Hal ini akan membuat seseorang mudah merasa pusing, selera makan berkurang, tidak tahan terhadap sinar matahari, sering kesemutan dan mudah mengantuk.

Untuk mengatasi tekanan darah rendah sebaiknya konsumsi makanan yang banyak mengadung vitamin B12 seperti yogurt, daging sapi, dada ayam, oatmeal, tahu, tempe dan susu. Jika penyebab sakit kepala saat bangun tidur di pagi hari dan cara mengatasinya juga sudah diketahui sebaiknya segera lakukan penangan agar rasa sakit ini tidak berlarut-larut.

2. Efek Samping Obat-Obatan
Mengkonsumsi obat untuk menyembuhkan suatu penyakit memang banyak dipilih karena bisa mengurangi rasa sakit dengan segera. Namun perlu Anda ketahui bahwa obat-obatan produksi pabrikan biasanya mengandung bahan kimia sehingga menimbulkan efek samping, termasuk sakit kepala ketika bangun tidur. Beberapa obat yang bisa menimbulkan sakit kepala saat bagun tidur adalah obat dengan kandungan anticonvulsant, analgesik, transquilier dan diuretik.

3. Penyakit Vertigo
Vertigo merupakan suatu penyakit akibat gangguan keseimbangan di bagian telinga dalam sehingga untuk beberapa kasus penyakit ini disertai juga dengan gangguan pendengaran. Jika Anda mengalami sakit kepala ketika bangun tidur yang disertai dengan ciri-ciri seperti mudah lelah, mual, nyeri otot dan peka terhadap cahaya sebaiknya segera periksakan diri ke dokter.

Cara Mengatasi Sakit Kepala Saat Bangun Tidur


Untuk meminimalisir rasa sakit kepala yang Anda alami ketika bangun tidur diantaranya adalah:

1. Istirahat yang cukup dengan tidur 7-8 jam dalam sehari
2. Kurangi konsumsi MSG
3. Konsumsi makan-makanan yang bergizi
4. Melakukan olahraga secara rutin
5. Hindari stress
6.Hindari rokok, kafein dan alkohol
7. Makan secara teratur
8. Untuk sakit kepala yang tak tertahankan konsumsi ibuprofen ataupun paracetamol
9. Konsumsi air putih agar terhidar dari dehidrasi


Itulah penyebab sakit kepala saat bangun tidur di pagi hari dan cara mengatasinya. Jika sakit kepala yang Anda rasakan tidak kunjung sembuh maka segera periksakan diri ke dokter spesialis saraf agar ditelusuri lebih lanjut. Jika diperlukan dokter akan melakukan rangkaian tes seperti CT Scan dan MRI.

Share this :

Previous
Next Post »