Penyebab Tubuh Terasa Lemas Saat Puasa dan Cara Mengatasinya

Penyebab Tubuh Terasa Lemas Saat Puasa dan Cara Mengatasinya

Di bulan ramadhan ini setiap umat muslim yang telah dewasa wajib melaksanakan ibadah puasa karena selain memang suatu kewajiban, manfaat puasa juga sangatlah banyak untuk kesehatan tubuh kita sendiri. 

Walaupun seharian menahan lapar dan haus namun aktivitas tidak boleh terganggu. Memang terkadang rasa lemas dan lesu tidak bisa dihindari sehingga mengganggu aktivitas harian. Untuk itu penting sekali mengetahui apa saja penyebab tubuh terasa lemas saat puasa dan cara mengatasinya.

Dengan mengetahui penyebab serta cara mengatasinya maka segala rutinitas harian menjadi tidak terganggu saat puasa akibat badan lemas ini. Bahkan menurut penelitian seorang atlet yang tengah menjalankan ibadah puasa tidak terganggu aktivitas latihannya asal semua dipersiapkan baik dari faktor nutrisi hingga kesungguhan dari dalam diri.


Cara Agar Kuat Menjalani Puasa


Tubuh terasa lemas saat di awal puasa merupakan hal yang wajar. Rasa lemas akibat puasa yang dijalani ini sebenarnya tidaklah membahayakan kesehatan sama sekali. Justru puasa merupakan waktu yang tepat untuk mendetoksifikasi tubuh sehingga semua racun-racun di dalam bisa keluar. Puasa juga merupakan waktunya organ tubuh beristirahat.

Biasanya rasa lemas akibat puasa hanya terjadi pada hari ke 1 hingga ke 4 puasa, setelahnya tubuh akan terbiasa sehingga badan tidak lagi merasa lemas dan lesu. Jika Anda mengkonsumsi makanan yang tepat saat buka maupun sahur maka saat siang hari konsentrasi tetap terjaga walau sedang menjalankan ibadah puasa.

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan agar badan tidak lemas walau sedang menjalani ibadah puasa, berikut ulasan lengkapnya.

1. Pilih Menu Berbuka yang Tepat
Salah satu penyebab rasa lemas ketika sedang berpuasa adalah menu yang Anda pilih untuk berbuka tidaklah tepat. Karena pemilihan menu berbuka yang salah sebagai  penyebab tubuh terasa lemas saat puasa dan cara mengatasinya adalah dengan lebih selektif saat memilih menu untuk berbuka.

Biasanya kebanyakan orang akan berbuka dengan yang manis-manis untuk mengganti glukosa yang menurun akibat puasa. Namun dibandingkan memilih gula sebagai sumber glukosa akan jauh lebih baik jika Anda memilih makanan sehat untuk menaikkan kembali glukosa seperti kurma, jus, air kelapa ataupun susu.

Agar perut tidak kembung sebaiknya hindari air es saat berbuka. Selain itu air es juga akan membuat asam lambung menjadi naik sehingga menimbulkan rasa tidak nyaman. Setelah berbuka dengan takjil yang manis, jangan langsung makan nasi karena karena tubuh perlu beradaptasi setelah seharian berpuasa. Tunaikan terlebih dahulu ibadah sholat magrib baru lanjutkan dengan makan nasi.

2. Pastikan untuk Makan Sahur
Untuk seseorang yang menjalankan ibadah puasa sangat dianjurkan untuk tidak melewatkan makan sahur. Hal ini bertujuan agar badan mendapatkan asupan nutrisi yang cukup untuk menjalankan segala aktivitas di siang hari.

Beberapa makanan yang baik dikonsumsi saat sahur diantaranya adalah roti, gandum, bubur kacang hijau, oatmeal, ubi, beras merah dan spageti. Jenis karbohidrat ini mampu bertahan jauh lebih lama sehingga menyebabkan perut tidak mudah lapar. Selain karbohidrat, konsumsi juga makanan sumber serat dan protein agar badan tidak lemas.

Konsumsi lemak berlebihan juga menjadi penyebab tubuh terasa lemas saat puasa dan cara mengatasinya sebisa mungkin menghindari makanan tinggi lemak. Rasa lemas akan Anda rasakan jika mengkonsumsi makanan berlemak karena menyebabkan produksi hormon insulin meningkat dan kadar gula dalam darah cepat turun.

Selain itu konsumsi juga makanan dalam porsi normal karena konsumsi makanan secara berlebihan akan membuat perut terasa tidak nyaman, sedangkan makan terlalu sedikit juga akan membuat tubuh kekurangan cadangan energi.


Itulah beberapa penyebab tubuh terasa lemas saat puasa dan cara mengatasinya untuk Anda. Semoga informasi di atas bermanfaat.

Share this :

Previous
Next Post »