Tips Agar Bangun Pagi Badan Terasa Segar dan Tidak Lemas

Tips Agar Bangun Pagi Badan Tidak Lemas

Tips agar bangun pagi badan terasa segar dan tidak lemas banyak dicari karena kegiatan tidur yang sebenarnya merupakan kesempatan tubuh untuk beristirahat namun tidak sedikit orang yang mengalami pegal-pegal dan lemas setelah bangun tidur di pagi hari. Kondisi ini tentu sangat mengganggu dimana pagi hari setelah tidur merupakan waktunya seseorang untuk memulai segala rutinitas harian.

Tubuh yang terasa lemas dan lemah saat bangun tidur tentu akan mengganggu produktivitas seseorang menjadi menurun. Sebelum mengetahui bagaimana cara mengatasi hal ini alangkah lebih baik Anda mengetahui apa penyebabnya.

Beberapa hal yang biasanya menjadi penyebab badan lemas dan lelah setelah bangun pagi diantaranya adalah kebanyakan minum sebelum tidur, suhu ruangan yang terlalu panas, bantal tidak ideal, posisi tidur yang salah, bermain gadget sebelum tidur, begadang dan lain sebagainya. Untuk mengatasi masalah yang satu ini berikut ini akan disajikan tips mudah agar badan segar dan tidak lemas setelah bangun tidur.

Tips Agar Bangun Pagi Badan Tidak Lemas


1. Hindari Begadang
Begadang merupakan kebiasaan yang sangat tidak baik untuk kesehatan tubuh. Jika tidak terlalu penting sebaiknya hindari kegiatan yang satu ini. Begadang akan mengurangi waktu tidur Anda sehingga tubuh menjadi kurang istirahat. Perlu Anda ketahui bahwa pergantian sel-sel tubuh yang telah rusak akibat aktivitas di siang hari akan diperbarui oleh tubuh pada malam harinya .

Dengan tidur cukup selama 7 hingga 8 jam setiap harinya maka proses regenerasi sel dalam tubuh akan berjalan lancar sehingga pagi harinya badan terasa segar dan tidak lemas.

2. Tidak Makan Sebelum Tidur
Tips agar bangun pagi badan terasa segar dan tidak lemas yang selanjutnya adalah dengan tidak makan makanan berat minimal 3 jam sebelum Anda tidur. Hal ini disebabkan karena jika Anda mengkonsumsi makanan berat menjelang tidur maka system pencernaan akan bekerja keras saat Anda terlelap sehingga tidur menjadi tidak nyenyak dan yang lebih parahnya lagi bisa menyebabkan insomnia.

Namun tidur dalam kondisi perut lapar juga akan membuat badan lemas di pagi hari. Jadi sebaiknya makan 3 jam sebelum Anda tidur dengan makanan yang tidak terlalu berat agar system pencernaan tidak terganggu.

4. Membuat Jadwal Tidur
Membuat jadwal tidur merupakan salah satu tips agar bangun pagi badan terasa segar dan tidak lemas. Dengan pergi tidur dan bangun pada jam yang sama setiap harinya akan membuat Anda mendapatkan tidur berkualitas karena tubuh sudah terbiasa dengan kegiatan yang satu ini. Jadwal tidur yang tidak teratur akan sangat mengganggu jam tidur sehingga saat pagi tiba semakin sulit untuk bangun.

5. Mandi Sebelum Tidur
Kondisi badan yang bersih dan segar akan membuat tidur Anda semakin nyenyak sehingga badan terasa segar di pagi hari. Setelah melakukan aktivitas seharian maka bersihkan debu dan kotoran yang menempel pada tubuh dengan mandi. Jadi usahakan untuk tidak pulang terlalu larut agar Anda memiliki kesempatan untuk mandi sebelum tidur.

6. Konsumsi Air Putih Sebelum Tidur
Tips agar bangun pagi badan terasa segar dan tidak lemas yang terakhir adalah minum segelas air putih setelah bangun pagi agar agar organ-organ dalam tubuh bisa bekerja secara optimal. Namun sebaiknya untuk tidak minum secara berlebihan sebelum tidur karena justru akan membuat tidur terganggu, Minum secara berlebihan sebelum tidur akan membuat Anda harus bolak-balik ke kamar mandi.


Itulah tips agar badan tidak lemas saat bangun pagi. Semoga informasi ini bermanfaat dan membantu Anda.