6 Cara Mengatasi Badan Lemas Setelah Sakit


Tentu setiap orang ingin selalu sehat dan bugar setiap harinya. Tetapi terkadang tanpa bisa dihindari badan tiba-tiba sakit dan segala rutinitas menjadi terganggu. Namun setelah sembuh dari penyakit tidak serta merta badan bisa langsung bugar seperti semula, rasa lemas dan letih biasanya tidak terhindarkan ketika Anda baru sembuh dari suatu penyakit. Untuk itu penting mengetahui bagaimana cara mengatasi badan lemas setelah sakit agar bisa menjalankan segala aktivitas seperti sedia kala.

Dalam mengembalikan stamina yang hilang setelah sakit, makanan memiliki peranan yang sangat besar. Agar badan kembali bugar seperti semula seseorang yang baru sembuh dari suatu penyakit harus mengkonsumsi makan-makanan bergizi agar nutrisi yang hilang saat sakit bisa segera tergantikan. Dengan mengkonsumsi makanan sehat juga akan menghindarkan Anda terjangkit kembali penyakit yang telah diderita. Selain makanan ada juga beberapa hal yang harus dilakukan agar badan kembali bugar.

Cara Mengatasi Badan Lemas Setelah Sakit


1. Konsumsi Cukup Sayuran
Saat sedang sakit sebagian besar orang akan kehilangan nafsu makannya sehingga untuk memulihkan kembali system imun tubuh konsumsi banyak sayuran hijau merupakan cara paling tepat agar badan kembali ternutrisi. Jika nafsu makan masih rendah Anda bisa membuat jus sayuran yang akan membuat tubuh dapat menyerap nutrisi dengan sempurna.

System imun yang terganggu akibat kondisi tubuh yang sakit akan segera pulih jika Anda rajin mengkonsumsi jus sayuran sehingga imunitas kembali meningkat dan tubuh dapat menangkal segala virus maupun bakteri sumber dari penyakit.

2. Cukupi Asupan Magnesium
Ada sekitar 300 lebih fungsi metabolisme tubuh yang sangat tergantung pada magnesium. Seseorang yang terkena penyakit biasanya kekurangan magnesium sehingga system metabolisme tubuh tidak bisa menghalau penyakit.

Cara mengatasi badan lemas setelah sakit agar kembali bugar adalah dengan memenuhi asupan magnesium yang diperlukan oleh tubuh dengan cara diet sehat. Beberapa  bahan makanan sumber magnesium diantaranya adalah biji-bijian, kacang-kacangan  dan sayur-sayuran berwarna hijau. Selain meningkatkan metabolisme tubuh magnesium juga berperan dalam penyerapan vitamin D dan vitamin C yang sangat penting untuk tubuh.
Melakukan Olahraga Ringan

Beberapa jenis olahraga ringan seperti loncat, berlari dan berjalan santai mampu membantu tubuh membersihkan kelenjar getah bening dari tumpukan racun yang mengendap dalam tubuh. Dengan melakukan olahraga ringan seperti yang sudah disebutkan tadi maka racun akan terpompa keluar dari kelenjar getah bening.

3. Konsumsi Madu dan Bawang Putih
Madu merupakan makanan dengan cita rasa manis yang disukai hampir setiap orang. Mengkonsumsi madu yang dicampur dengan bawang putih mentah akan membantu tubuh kembali mendapatkan semangat. Banyaknya nutrisi yang terkandung dalam madu sangat baik untuk kesehatan tubuh dan bawang putih sendiri merupakan bumbu dapur yang juga dikenal sebagai antibiotic alami sehingga mampu mengembalikan system imun tubuh.

4. Jaga Kestabilan Cairan Tubuh
Cara mengatasi badan lemas setelah sakit yang selanjutnya adalah dengan mencukupi asupan cairan pada tubuh. Hal ini disebabkan karena pada saat tubuh sakit maka akan mengalami dehidrasi (kekurangan cairan) sehingga badan menjadi lemas. Agar tubuh kembali normal maka pastikan Anda mendapatkan asupan cairan yang cukup dengan cara mengkonsumsi 8 gelas air putih setiap harinya.

5. Penuhi Asupan Protein
Cara mengatasi badan lemas setelah sakit yang terakhir adalah dengan mengkonsumsi makanan yang tinggi akan kandungan protein. Protein memiliki peran dalam membantu tubuh mengganti sel-sel yang telah rusak dengan sel baru. Beberapa contoh makan sumber protein diantaranya adalah susu, telur, tahu tempe dan lain sebagainya.


Itulah sedikit tips bagaimana cara mengatasi bada lemas setelah sakit. Semoga informasi membantu dan bermanfaat untuk Anda.

Share this :

Previous
Next Post »