Cara Membersihkan Wajah Yang Benar Sebelum Tidur

Cara Membersihkan Wajah Yang Benar Sebelum Tidur

Memiliki kulit wajah yang putih bersinar merupakan dambaan setiap wanita. Kulit wajah sehat mampu meningkatkan rasa percaya diri seseorang, sedangkan kulit wajah berjerawat dan kusam identik dengan pemiliknya yang kurang bisa menjaga kebersihan. Agar kulit wajah terbebas dari kotoran, sel-sel kulit mati dan minyak alami wajah maka perlu sekali mengetahui bagaimana cara membersihkan wajah yang benar sebelum tidur.

Pentingnya mengetahui bagaimana cara membersihkan wajah yang benar sebelum tidur karena kondisi wajah yang kurang bersih akan membuat sisa kotoran pada kulit wajah menyumbat pori hingga menimbulkan berbagai masalah seperti munculnya komedo, jerawat hingga kulit tampak kusam. Masalah jerawat paling sering terjadi pada remaja, namun terkadang timbul juga pada seseorang dengan rentang usia 30an. 

Membersihkan wajah sebelum tidur merupakan perawatan wajah yang tidak boleh ditinggalkan jika Anda ingin terhindar dari berbagai masalah wajah. Berikut dibawah ini beberapa tips bagaimana cara membersihkan wajah yang benar sebelum tidur dimalam hari

Cara Membersihkan Wajah Sebelum Tidur 


1. Gunakan Cleanser yang Tepat
Agar jenis pencuci muka atau cleanser yang digunakan tepat maka ketika hendak membeli sebuah produk pencuci muka baca betul-betul keterangan pada label. Sesuaikan produk pencuci muka yang dipilih dengan jenis kulit Anda agar terhindar dari alergi yang mungkin saja terjadi.

Contohnya saja untuk jenis kulit kombinasi dimana bagian lain pada wajah cenderung kering namun area sekitar hidung dan dahi biasanya lebih berminyak maka pilih cleanser yang tidak membuat kulit kering namun setelah penggunaan kulit tetap lembab.

2. Gunakan Bandana atau Ikat Rambut
Cara membersihkan wajah yang benar sebelum tidur adalah dengan menggunakan bandana atau pengikat rambut agar tidak ada rambut yang mengenai wajah sehingga proses pencucian muka bisa lebih maksimal.

Selain itu sebaiknya lakukan cuci muka menggunakan sabun maksimal 2 kali dalam sehari agar minyak alami wajah tetap seimbang. Jika make up yang Anda gunakan tidak terlalu tebal dan tidak banyak beraktivitas sehingga tidak berkeringat maka cukup cuci muka menggunakan air hangat saja.

3. Gunakan Air Hangat
Basuh muka dengan air hangat sehingga membuat pori-pori wajah terbuka, kondisi ini akan membuat debu dan kotoran yang menyumbat bisa terangkat dengan mudah. Baru setelah beberapa saat ambil cleanser dan gosok pada tangan hingga berbusa, kemudian usapkan busa tersebut ke seluruh bagian wajah dengan gerakan memutar disertai pijatan halus agar sisa-sisa kotoran bisa terangkat. Selain itu berikan pijatan lembut pada wajah yang akan memperlancar sirkulasi darah di area wajah sehingga kulit menjadi sehat.

Sebaiknya penggunaan air hangat untuk membilas wajah tidak terlalu sering. Hanya saat wajah terasa sangat kotor atau setelah menggunakan make up yang tebal saja karena terlalu sering mencuci membasuh muka menggunakan air hangat akan membuat kulit kering karena minyak alami wajah luruh.

4. Ulangi dengan Air Dingin
Setelah sabun mengenai seluruh bagian muka secara merata maka bilas menggunakan air biasa hingga busa bersih, cara membersihkan wajah yang benar sebelum tidur selanjutnya adalah dengan mengulanginya dengan air dingin atau air es agar pori-pori wajah bisa tertutup kembali.
Keringkan dengan Handuk Bersih

Setelah wajah bersih, gunakan handuk berbahan lembut untuk mengeringkan muka. Hindari menggosok wajah dengan handuk karena akan membuat kerutan di wajah. Cara yang paling tepat mengeringkan wajah dengan handuk adalah dengan menepuk-nepuk wajah menggunakan handuk bersih secara perlahan-lahan. Setelah benar-benar kering, gunakan juga moisturizer atau pelembab agar kulit wajah tidak kering. 


Itulah cara membersihkan wajah yang benar sebelum tidur. Pemilihan produk pencuci dan penggunaan yang tepat akan membuat kulit wajah Anda tampak lebih bersih, lembut dan awet muda.

Share this :

Previous
Next Post »