Cara Mengatasi Jerawat Yang Gatal Pada Wajah

Cara Mengatasi Jerawat Yang Gatal Pada Wajah
Jerawat diwajah tidak hanya membuat kita menjadi tidak percaya diri tetapi juga membuat kita menjadi risih karena terkadang jerawat tersebut menimbulkan rasa gatal. Meskipun hal ini tidak terlalu membahayakan kesehatan tetapi jerawat diwajah yang menimbulkan rasa gatal tentunya sangat mengganggu dan membuat kita menjadi serba salah, apabila digaruk akan menyebabkan infeksi tetapi jika dibiarkan membuat kita menjadi tidak nyaman.

Nah, bagi Anda yang mungkin mengalami hal seperti ini maka jangan khawatir karena diartikel kali ini saya akan berbagi tips bagaimana cara mengatasi jerawat yang gatal diwajah Anda. Namun sebelum kita membahasnya, sebaiknya Anda ketahui terlebih dahulu apa saja sih penyebab jerawat menjadi gatal.


Penyebab Jerawat Gatal


1. Bakteri
Penyebab pertama adalah karena adanya bakteri. Bakteri ini bisa saja timbul akibat karena ulah Anda sendiri yaitu karena terlalu sering menyentuh jerawat. Usahakan agar tidak terlalu sering menyentuh jerawat yang ada diwajah Anda karena apabila tangan kita tidak steril maka hal ini bisa menyebabkan bakteri dari tangan berpindah ke kulit wajah Anda dan berkembang biak yang kemudian menyebabkan gatal tidak hanya pada jerawat saja tetapi juga seluruh kulit wajah Anda.

2. Kosmetik
Kemudian penyebab selanjutnya mengapa jerawat bisa menjadi gatal adalah karena pemakaian make up atau kosmetik. Apabila wajah Anda sedang berjerawat maka sebaiknya hentikan terlebih dahulu menggunakan kosmetik karena hal ini bisa membuat jerawat yang ada diwajah Anda menjadi semakin parah dan menyebabkan rasa gatal pada jerawat itu sendiri.

3. Keringat
Keringat merupakan juga menjadi penyebab jerawat yang ada diwajah Anda menjadi gatal. Maka dari itu usahakan agar Anda selalu menyediakan tisu agar bisa membersihkan wajah dan mengelap keringat sehingga debu dan kotoran tidak menempel pada kulit wajah Anda. Debu dan kotoran yang menempel diwajah merupakan salah satu penyebab jerawat diwajah menjadi gatal.

4. Stres
Penyebab selanjutnya adalah karena akibat stres. Meskipun terdengar aneh tetapi memang benar adanya jika stres tidak hanya membuat seseorang rentan terkena depresi tetapi juga bisa membuat kulit wajah menjadi kusam dan berjerawat. Tidak hanya itu saja, stres yang berlebihan bisa memperparah kondisi jerawat Anda.

Cara Mengatasi Jerawat Gatal Secara Alami


1. Rutin Membersihkan Wajah
Cara pertama yang harus Anda lakukan agar jerawat yang ada diwajah Anda berkurang rasa gatalnya adalah dengan rutin membersihkan kulit wajah setiap hari. Kebersihan kulit wajah sangatlah penting karena apabila kita malas dalam membersihkan wajah maka akan terjadi penumpukan sel-sel kulit mati di wajah Anda. Sel kulit mati yang telah menumpuk ini tidak hanya membuat wajah Anda menjadi kusam tetapi juga bisa menyebabkan gatal pada jerawat, bahkan yang lebih parahnya lagi yaitu bisa membuat jerawat diwajah Anda menjadi susah untuk disembuhkan.

Cucilah wajah Anda dengan menggunakan air hangat dan jangan menggaruknya apabila jerawat tersebut menimbulkan rasa gatal karena hal ini nantinya bisa menyebabkan infeksi. Sebaiknya hindari penggunaan sabun pencuci wajah terlebih dahulu karena hal ini hanya akan membuat wajah Anda semakin kering dan memicu rasa gatal.

2. Mentimun
Mentimun merupakan buahan yang cukup bisa diandalkan untuk mengatasi jerawat yang gatal diwajah Anda. Mentimun ini bersifat mendinginkan dan sebagai anti radang, apabila digunakan secara rutin maka bisa menghilangkan jerawat beserta bekasnya.
Gunakan saja mentimun ini sebagai masker wajah, cara membuatnya sangat mudah kok yaitu tinggal haluskan saja mentimun dengan menggunakan blender lalu kemudian oleskan pada wajah Anda secara merata.

3. Daun Sirih
Cara mengatasi jerawat yang gatal bisa juga dengan menggunakan daun sirih. Saya yakin Anda pasti tahu dengan bahan alami yang satu ini karena memang daun sirih ini sangat mudah kita temukan di sekitar kita. Daun sirih memiliki manfaat yang sangat luar biasa baik itu bagi kesehatan maupun kecantikan. Salah satu manfaatnya bagi kecantikan adalah bisa mengatasi jerawat yang gatal di wajah Anda.

Cara mengaplikasikan nya sangat mudah yaitu cukup rebus saja beberapa lembar daun sirih dengan dua gelas air putih, kemudian setelah itu gunakan air rebusan daun sirih tersebut pada wajah Anda. Oleskan secara merata pada seluruh wajah Anda, maka mudah-mudahan jerawat dan rasa gatal yang ada diwajah Anda akan hilang.

4. Lidah Buaya
Lidah buaya juga bisa diandalkan untuk mengatasi jerawat yang gatal pada wajah Anda. Caranya yaitu cukup oleskan saja gel lidah buaya pada seluruh wajah kulit wajah Anda secara merata dan diamkan saja hingga mengering. Tidak hanya menghilangkan gatal saja, lidah buaya ini juga mampu melembabkan kulit, menghilangkan jerawat dan membantu memperbaiki kulit Anda.


5. Belimbing
Jerawat yang gatal juga bisa diatasi dengan menggunakan belimbing tetapi penggunaan belimbing ini harus dibarengi dengan belerang. Caranya yaitu haluskan satu buah belimbing, lalu kemudian campurkan dengan belerang secukupnya saja. Oleskan ramuan ini pada jerawat Anda agar gatalnya bisa berkurang.

6. Perbanyak Konsumsi Sayur dan Buahan
Cara terakhir adalah dengan memperbanyak sayur dan buahan. Nutrisi dan kandungan yang terdapat didalam buah dan sayur tidak hanya membuat tubuh menjadi sehat tetapi juga bisa membantu mempercantik kulit Anda. Selain perbanyak mengkonsumsi buah dan sayur, perbanyak juga mengkonsumsi air putih setiap hari.


Itulah cara mengatasi jerawat yang gatal pada wajah secara alami. Semoga bermanfaat dan silahkan bagikan agar lebih banyak lagi orang mengetahui informasi ini.