5 Manfaat Tidur Siang Bagi Anak

Setiap orang tua tentunya ingin melihat anaknya tumbuh menjadi anak yang sehat, cerdas dan aktif sehingga untuk mewujudkan hal tersebut para orang tua selalu memberikan asupan makanan yang sehat dan bergizi setiap hari. Nah, tetapi tahukah Anda bahwa selain dengan memberikan asupan makanan yang kaya akan gizi ternyata ada salah satu hal atau kebiasaan yang wajib Anda terapkan pada anak Anda agar tumbuh kembang mereka berjalan dengan baik. Kebiasaan tersebut adalah tidur siang. Manfaat tidur siang bagi anak sangatlah banyak, bahkan menurut penelitian mengatakan bahwa tidur siang bisa membantu tumbuh kembang si anak  dan membantu membuat suasana hati mereka menjadi lebih terjaga.

Nah, bagi Anda yang masih belum tahu dan merasa penasaran mengenai apa saja manfaat tidur siang bagi anak maka silahkan simak selengkapnya dibawah ini.

Manfaat Tidur Siang Bagi Anak



Manfaat Tidur Siang Bagi Anak


1. Membuat Tubuhnya Lebih Sehat
Tidur siang akan membuat tubuh anak-anak menjadi lebih sehat dan segar. Anak-anak yang selalu mendapatkan asupan makanan sehat setiap hari dan waktu tidurnya juga terpenuhi  tentunya akan membuat sistem kekebalan tubuh mereka menjadi lebih baik dan membuat mereka menjadi jarang sakit. Selain itu, tidur siang juga bisa membuat energi mereka cepat pulih setelah capek beraktivitas dan bermain seharian.

2. Merangsang Pertumbuhan
Selain membuat tubuh menjadi lebih sehat, menurut penelitian mengatakan bahwa anak yang rutin tidur siang setiap hari akan memiliki pertumbuhan tubuh yang optimal. Hal ini disebabkan karena hormon pertumbuhan akan bekerja lebih aktif pada siang hari disaat anak sedang tidur siang. So, maka dari itu apabila Anda ingin sang anak tumbuh kembangnya menjadi optimal maka mulai saat ini cobalah untuk meminta anak Anda berhenti bermain disiang hari dan menyuruhnya tidur siang.

3. Membuat Suasana Hati Anak Lebih Bahagia
Anak-anak yang rutin tidur siang dipercaya lebih bahagian dibandingkan anak yang tidak pernah tidur siang. Anak-anak yang jarang tidur siang akan lebih gampang menjadi stres dan rewel ketika dimalam hari. Nah, maka dari itu apabila Anda ingin sang anak lebih bahagia dan tidak rewel dimalam hari maka pastikan jika mereka rutin tidur siang setiap hari.

4. Membuat Otak Anak Lebih Cerdas
Para peneliti mengatakan bahwa anak-anak yang rutin tidur siang akan mempunyai kemampuan lebih tinggi dibandingkan anak yang jarang tidur siang. Mereka biasanya lebih cepat didalam memproses suatu informasi dan mengaplikasikan nya. Hal ini disebabkan karena anak-anak yang rutin tidur siang kondisi tubuhnya lebih prima sehingga mereka lebih optimal didalam menerima, memproses, dan mengaplikasikan informasi yang diterimanya sehari-hari.

5. Mengembalikan Energi
Anak-anak terutama balita biasanya apabila baru bisa belajar berjalan maka mereka akan selalu aktif terus dan selalu bergerak setiap hari. Nah, hal ini tentunya akan membuat tenaga mereka terkuras sehingga untuk itu mereka membutuhkan waktu untuk tidur siang agar energi dan tenaga mereka segera kembali. Apabila si anak ataupun balita tidak tidur siang maka bisa dipastikan bahwa mereka akan rewel dimalam hari.


Itulah manfaat tidur siang bagi anak dan balita yang harus bunda ketahui. So, mulai dari sekarang jangan biarkan anak Anda selalu bermain dan melewatkan tidur siang nya karena tidur siang memiliki banyak manfaat yang luar biasa bagi kesehatan dan tumbuh kembang si anak.