Cara Mudah Untuk Memperkuat Otot Lutut

Cara memperkuat otot lututKesehatan lutut kerap kali disepelekan oleh kebanyakan orang, padahal tanpa disadari seiring dengan bertambahnya usia maka lutut juga akan mengalami penurunan fungsi yaitu berkurangnya stabilitas sendi pada lutut sehingga terkadang membuat seseorang menjadi tidak bisa bebas untuk bergerak dan yang paling parah adalah menimbulkan rasa nyeri ketika akan bergerak. Selain faktor bertambahnya usia, kurangnya bergerak juga bisa menyebabkan otot pada lutut menjadi lemah.

Nah, maka dari itu jika Anda ingin lutut tetap sehat dan kuat hingga tua nanti maka mulailah sejak sekarang melakukan olahraga dan menjalani pola makan yang sehat agar otot-otot lutut semakin kuat dan tidak ada nyeri-nyeri atau rasa sakit pada sendi lutut sehingga Anda bisa tetap bugar dan aktif walaupun usia sudah tidak muda lagi.


Cara Memperkuat Otot Lutut


1. Olahraga
Mungkin semua orang sudah tahu bahwa olahraga sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Kita bisa menyesuaikan jenis olahraga apa yang kita inginkan. Misalnya, jika Anda ingin membentuk otot lengan maka tentu saja Anda harus rutin mengangkat barbel. Nah, begitu juga apabila Anda ingin memperkuat otot lutut maka ada beberapa olahraga tertentu yang wajib Anda lakukan. Seperti apa olahraga untuk memperkuat otot lutut ? yuk simak dibawah ini.

a. Setengah Squat
Olahraga pertama yang bisa Anda lakukan adalah squat jump tetapi setengahnya saja. Caranya sangat mudah yaitu Posisikan kedua tangan Anda dibelakang kepala dan saling berpegangan, kemudian setelah itu buka kedua kaki Anda seperti orang yang sedang pasang kuda-kuda. Setelah itu turunkan badan Anda secara perlahan dan tahan beberapa menit. Ulangi lagi cara tersebut setidaknya 15 menit sehari.

b. Jalan Santai
Seperti yang sudah dibahas diatas bahwa salah satu pemicu melemahnya otot pada lutut adalah karena kurangnya bergerak. Nah, maka dari itu apabila Anda ingin otot lutut tetap kuat hingga tua nanti maka jangan malas untuk bergerak. Cobalah bangun dipagi hari dan lakukan jalan santai atau jogging kecil agar otot-otot pada lutut menjadi semakin kuat.

c. Latihan Keseimbangan
Kemudian olahraga selanjutnya adalah latihan keseimbangan. Caranya sangat mudah, apabila Anda pernah kena setrap saat disekolah dulu maka seperti itulah gerakan nya. Pertama, tegak lurus dan posisikan tangan pada pinggang. Kemudian angkat kaki kanan dan tekuk, kaki kiri tidak usah diangkat nanti Anda malah jatuh (kidding). Tahan gerakan tersebut selama 5 menit, lalu kemudian lakukan kembali bergantian dengan kaki kiri. Latihan ini mampu membuat otot lutut menjadi kuat dan mengatasi masalah nyeri pada sendi.

d. Naik Turun Tangga
Naik turun tangga sangat menyebalkan bagi sebagian orang sehingga tak heran apabila banyak orang yang lebih memilih untuk naik lift karena tinggal tegak dan pencet tombol saja maka sampai dilantai yang Anda inginkan. Padahal naik turun tangga bisa dikatakan sebagai olahraga untuk memperkuat otot lutut sekaligus membuat tubuh menjadi bugar.

2. Suplemen Alami
Kemudian selain berolahraga, Anda juga harus membantunya dengan mengkonsumsi suplemen. Tetapi perhatikan pilihlah suplemen alami bukan yang sintetis agar lebh terjamin dan tidak merusak kesehatan organ tubuh lainnya.

3. Minum Susu
Susu juga sangat membantu untuk menguatkan tulang dan mengkokohkan lutut. Kandungan kalsium dan vitamin pada susu ini tidak hanya baik untuk tulang saja tetapi juga bisa membuat kekebalan tubuh meningkat. Bahkan, menurut penelitian mengatakan bahwa seseorang yang rutin mengkonsumsi susu setiap pagi akan membuat pikiran mereka menjadi segar.

4. Konsumsi Makanan Sehat
Terakhir adalah dengan cara mengkonsumsi makanan sehat yang bisa mengurangi peradangan pada sendi. Anda wajib memasukan ikan, minyak zaitun dan alpukat didalam menu makanan karena makanan-makanan tersebut tidak hanya enak tetapi juga bisa membantu mengurangi peradangan pada sendi-sendi tubuh kita.

Itulah cara memperkuat lutut secara alami tanpa harus mengkonsumsi obat-obatan. Mulailah menjaga kesehatan lutut dari sekarang agar Anda tidak menyesal di hari tua nanti.

Share this :

Previous
Next Post »