5 Tips Menghindari Kerusakan Rambut Saat Berenang

Cara Melindungi Rambut Saat BerenangBerenang adalah salah satu kegiatan yang sangat mengasyikan dan menyehatkan tubuh sehingga tak heran apabila banyak orang yang menyukai kegiatan berenang, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa sering kali menjadi lupa waktu apabila sudah bermain-main dikolam renang. Nah, meskipun berenang ini sangat bagus bagi kesehatan tubuh tetapi Anda juga tetap harus waspada dan hati-hati ketika mandi dikolam renang karena seperti yang kita ketahui bahwa air kolam renang biasanya mengandung kaporit, yang mana zat ini sangat tidak baik bagi rambut Anda. Apabila Anda tidak pandai-pandai didalam melakukan perawatan rambut ketika sedang ataupun selesai berenang maka bukan tidak mungkin jika nantinya rambut Anda akan menjadi kasar, kering serta pecah-pecah.

Bahaya air kolam renang bagi rambut memang tidak bisa dianggap sepele sehingga untuk itu apabila Anda ingin pergi berenang maka lakukanlah beberapa perawatan rambut berikut dibawah ini untuk melindungi rambut Anda dari kerusakan akibat kaporit yang terkandung didalam air kolam renang.


Cara Melindungi Rambut Saat Berenang


1. Basahi Rambut Dengan Air Bersih
Sebelum Anda menceburkan diri kekolam renang maka usahakan terlebih dahulu untuk membasahi rambut dan kulit Anda dengan menggunakan air bersih. Hal ini bertujuan untuk mencegah agar tidak terjadi kerusakan parah pada rambut Anda. Dengan membasahi rambut terlebih menggunakan air bersih maka zat klorin yang terdapat pada air kolam renang akan sulit masuk kedalam rambut Anda sehingga rambut Anda akan terhindar dari kerusakan akibat zat klorin tersebut.

2. Gunakan Kondisioner Rambut
Setelah itu, gunakan kondisioner rambut untuk menjaga agar rambut Anda tetap lembut dan tidak kasar akibat zat klorin yang terdapat pada air kolam renang. Cara menggunakan kondisioner ini juga harus Anda perhatikan dan tidak boleh sembarangan agar hasilnya maksimal. Tuangkan sedikit kondisioner yang sering Anda gunakan kedalam botol sprey dan kemudian tambahkan sedikit air, lalu kocok. Setelah itu semprotkan kondisioner yang ada didalam botol sprey tersebut keseluruh rambut Anda secara merata.

3. Hindari Mengikat Rambut
Kemudian, untuk menjaga agar kondisi rambut Anda tidak rusak saat berenang maka sebelum terjun kekolam renang usahakan agar Anda tidak mengikat rambut. Biarkan saja rambut Anda terurai tanpa diikat karena apabila ketika berenang rambut kita ikat maka biasanya akan terjadi kerusakan pada rambut, helaian rambut terlihat seperti pecah-pecah. So, apabila Anda ingin rambut tetap sehat saat berenang maka hindari mengikat rambut.

4. Bilas Rambut Ketika Selesai Berenang
Apabila ketiga hal diatas tadi dilakukan ketika sebelum Anda terjun ke kolam renang maka tips berikutnya ini yaitu wajib Anda lakukan jika telah selesai berenang. Bagi Anda yang telah selesai berenang maka pastikan bahwa Anda membilas rambut dengan menggunakan air bersih dan shampo. Apabila Anda sudah sampai dirumah maka silahkan cuci ulang rambut Anda dengan menggunakan air hangat agar zat-zat kimia seperti klorin yang menempel dirambut Anda bisa hilang. Setelah itu, jangan lupa untuk menggunakan serum rambut atau pelembab agar rambut Anda tidak kering

5. Biarkan Rambut Mengering Secara Alami
Terakhir, pastikan bahwa Anda tidak menggunakan haridryer untuk mengeringkan rambut karena ini bisa membuat rambut Anda menjadi lebih rusak. Biarkan saja rambut Anda kering secara alami dengan cara di angin-anginkan, meskipun keringnya agak lama tetapi ini adalah salah satu cara terbaik agar rambut Anda tetap sehat meskipun rajin berenang.


Itulah cara melindungi rambut saat berenang agar rambut Anda tetap sehat dan tidak rusak akibat terpapar kaporit yang terdapat pada air kolam renang. Oh iya, apabila Anda tidak ingin susah-susah melakukan hal diatas maka solusi praktis yang bisa Anda lakukan yaitu dengan cara menggunakan penutup kepala untuk melindungi rambut Anda agar tidak terkena air kolam renang secara langsung. Namun bagi Anda yang tidak mempunyai penutup kepala untuk berenang maka wajib melakukan hal diatas agar rambut Anda tidak rusak akibat zat kimia yang ada didalam kolam renang.