Cara Mencegah Penyakit Gagal Ginjal Sejak Dini

Cara Mencegah Penyakit Gagal Ginjal Sejak Dini
Gagal ginjal adalah salah satu penyakit yang paling ditakuti oleh kebanyakan orang karena apabila organ ginjal kita sudah tidak berfungsi dengan baik maka tentunya hal ini akan membuat kita sangat menderita. Gagal ginjal termasuk kedalam penyakit yang mematikan karena sampai saat ini belum ada obatnya dan biasanya orang-orang yang menderita gagal ginjal diharuskan untuk melakukan cuci darah setidaknya 2-3 kali seminggu seumur hidupnya. Karena apabila mereka tidak melakukan cuci darah secara rutin dan teratur maka bisa menyebabkan kematian bagi penderita gagal ginjal.

Seperti yang kita ketahui bahwa gagal ginjal ini terbagi menjadi dua yaitu gagal ginjal kronis dan gagal ginjal akut. Gagal ginjal akut ini biasanya diakibatkan oleh suatu peristiwa yang mengarah pada kerusakan ginjal seperti dehidrasi, kehilangan banyak darah ketika operasi atau cedera dan karena penggunaan obat-obatan secara sembarangan. Sedangkan gagal ginjal kronis ini sendiri biasanya lebih mengarah pada kerusakan ginjal yang diakibatkan oleh karena adanya suatu penyakit jangka panjang seperti tekanan darah tinggi atau diabetes. Penyakit-penyakit tersebut bisa memicu terjadinya kerusakan pada ginjal secara perlahan sehingga pada akhirnya akan menyebabkan penderita nya mengalami gagal ginjal.

Nah, ngomong-ngomong masalah gagal ginjal maka berikut dibawah ini ada beberapa tips cara mencegah gagal ginjal sejak dini yang bisa kita terapkan mulai dari sekarang.


Cara Mencegah Gagal Ginjal Sejak Dini


1. Banyak Minum Air Putih
Konsumsilah air putih setidaknya satu liter setiap hari agar tubuh Anda menjadi bugar dan kesehatan ginjal tetap terjaga. Apabila kita kurang minum maka tubuh akan mengalami dehidrasi dan hal ini tanpa Anda sadari akan menyebabkan beban kerja ginjal semakin berat. Ginjal Anda tidak akan bertahan lama apabila organ tersebut selalu bekerja keras setiap hari dan dapat dipastikan lama kelamaan akan menjadi rusak. So, maka dari itu jangan sampai tunggu haus baru Anda mau minum air putih tetapi cobalah untuk membiasakan diri minum air putih secara cukup meskipun Anda sedang tidak haus.

2. Hindari Mengkonsumsi Obat Secara Sembarangan
Obat-obatan juga bisa menjadi penyebab kerusakan pada ginjal sehingga untuk itu, sebelum mengkonsumsi obat-obatan maka cobalah untuk berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter. Hindari mengkonsumsi obat-obatan secara sembarangan termasuk mengkonsumsi jamu diet atau pil-pil diet yang dijual dipasaran karena hanya akan menambah beban kerja ginjal Anda. Apabila ginjal selalu bekerja berat setiap hari maka bukan tidak mungkin jika nanti lama-kelamaan akan membuat organ tersebut menjadi rusak.

3.  Olahraga
Cara mencegah penyakit gagal ginjal yang bisa Anda lakukan sejak dini adalah yaitu berolahraga. Olahraga adalah salah satu cara mudah dan murah untuk menjaga kesehatan ginjal, bahkan apabila kita rajin berolahraga maka tubuh akan selalu bugar dan terhindar dari berbagai macam penyakit. Seperti yang kita ketahui, orang-orang yang malas olahraga tentunya akan rentan terkena penyakit salah satunya adalah diabetes. Penyakit dibetes ini bukanlah penyakit yang sepele karena diabetes juga bisa menyebabkan kerusakan pada ginjal. Nah, maka dari itu aga Anda terhindar dari berbagai macam penyakit terutama gagal ginjal maka rutinlah untuk berolahraga.

4. Menjaga Pola Makan
Mulailah sejak sekarang menjaga pola makan Anda, jauhilah makanan-makanan yang tidak sehat seperti junkfood, makanan cepat saji dan makanan yang terlalu banyak mengandung garam. Makanan-makanan diatas bisa mengundang berbagai macam penyakit terutama penyakit darah tinggi. Penyakit darah tinggi bukanlah penyakit yang sepele loh karena apabila kita biarkan tanpa ada penanganan maka penyakit yang satu ini juga bisa memicu terjadinya kerusakan pada ginjal. Nah, maka dari itu aturlah pola makan Anda dan konsumsilah makanan sehat setiap hari agar kesehatan tubuh dan ginjal Anda tetap terjaga.

5. Tinggalkan Kebiasaan Buruk
Kemudian cara selanjutnya untuk mencegah gagal ginjal adalah yaitu Anda harus meninggalkan berbagai kebiasaan-kebiasaan buruk seperti merokok, mengkonsumsi alkohol, begadang dan kebiasaan buruk mengkonsumsi minuman-minuman berenergi. Anda harus meninggalkan kebiasaan buruk diatas karena efeknya sangat buruk untuk kesehatan ginjal Anda dan bisa memicu terjadinya kerusakan pada ginjal.

6. Rutin Periksa Ke Dokter
Kemudian tips terakhir agar Anda terhindar dari penyakit gagal ginjal yaitu dengan cara rutin memeriksakan diri kedokter. Silahkan tes urin dan darah Anda kerumah sakit untuk mengetahui apa yang salah didalam tubuh Anda. Dengan begini maka Anda bisa meminimalisir segala kemungkinan buruk yang akan terjadi.


Itulah cara mencegah gagal ginjal sejak dini yang wajib Anda ketahui karena penyakit yang satu ini tidaklah main-main. Apabila Anda sudah menderita gagal ginjal maka hidup Anda akan bergantung pada mesin cuci darah.