7 Penyebab Nafsu Makan Berkurang

Makan adalah salah satu kebutuhan pokok bagi manusia karena tanpa makan maka tubuh kita akan menjadi lemas serta tidak mempunyai energi yang cukup untuk melakukan berbagai aktivitas harian, bahkan yang lebih ekstrim lagi yaitu bisa menyebabkan seseorang meninggal akibat kelaparan. Nah, maka dari itu tak heran apabila para ahli kesehatan menganjurkan kita untuk selalu mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi setiap hari secara teratur agar tubuh menjadi bugar dan sehat.

Nah ngomong-ngomong masalah makan, ternyata banyak diantara kita yang terkadang nafsu makan nya menurun atau berkurang. Meskipun berkurangnya nafsu makan ini bukanlah sesuatu penyakit yang serius tetapi kita tidak boleh mengabaikan hal ini dan kita harus mencari tahu apa yang menyebabkan nafsu makan kita menurun atau berkurang. 

Penyebab Nafsu Makan Berkurang


Kebanyakan dari kita sering kali menganggap bahwa penurunan nafsu makan ini biasanya disebabkan karena kondisi tubuh yang sedang tidak sehat, padahal selain hal tersebut ternyata ada beberapa hal lainnya yang bisa menjadi pemicu atau menyebabkan nafsu makan kita berkurang. Berikut beberapa penyebab yang membuat nafsu makan menurun atau berkurang.

Penyebab Nafsu Makan Berkurang


1. Demam
Seperti yang sudah dijelaskan diatas tadi bahwa demam bisa menjadi salah satu penyebab mengapa seseorang menjadi tidak nafsu makan. Biasanya ketika kita sedang demam maka lidah akan terasa pahit sehingga apapun makanan yang kita konsumsi serasa tidak enak. Apabila sudah begini maka tentunya akan membuat nafsu makan Anda berkurang dan menurun. Tetapi tenang, ketika Anda sembuh nanti maka biasanya nafsu makan Anda akan segera kembali seperti semula.

Baca Juga : 


2. Stres
Selain kondisi tubuh yang tidak sehat, stres juga bisa menjadi salah satu penyebab mengapa nafsu makan kita menjadi berkurang. Orang-orang yang sedang banyak pikiran biasanya tidak berselera untuk makan dan mereka cenderung hanya murung dan mengurung diri. Apabila hal ini dibiarkan tanpa ada penanganan maka bisa saja nantinya stres tersebut bisa berubah menjadi depresi. So, perbanyaklah olahraga karena olahraga akan sangat membantu menghilangkan tingkat stres dan membuat nafsu makan meningkat kembali.

3. Bosan
Kemudian penyebab lainnya yang membuat kita menjadi malas untuk makan atau tidak berselera untuk makan adalah karena bosan. Bukan berarti bosan untuk makan ya, tetapi biasanya kita jenuh dengan makanan yang ada karena merasa makanan yang kita konsumsi hanya itu-itu saja tanpa ada variasi menu. Nah, apabila permasalahan Anda seperti ini maka solusinya hanya satu yaitu cobalah sesekali untuk makan diluar atau meminta istri Anda untuk memasak sesuatu yang berbeda dan makanan kesukaan Anda maka dijamin selera makan Anda akan kembali meningkat.

4. Adanya Suatu Penyakit 
Selain ketiga faktor diatas, kemudian ada lagi penyebab yang membuat nafsu makan kita menurun atau berkurang. Faktor penyebab tersebut yaitu adanya suatu penyakit seperti adanya peradangan pada perut dan usus, adanya penyakit diabetes, influensa, adanya suatu penyakit serius seperti penyakit jantung, liver atau ginjal dan penyakit-penyakit lainnya. So, jangan pernah anggap sepele menurunnya nafsu makan ini karena bisa saja hal tersebut adalah satu pertanda bahwa ada yang tidak beres pada kesehatan Anda.

5. Usia
Faktor usia juga bisa menjadi penyebab nafsu makan berkurang. Ketika usia kita bertambah maka biasanya indera perasa dan indera bau kita menjadi kurang peka sehingga hal ini terkadang membuat kita menjadi kurang berminat untuk makan.

6. Mengkonsumsi Obat Tertentu
Mengkonsumsi obat-obat tertentu seperti digoksin, fluoxetine, hydralazine dan quinidine juga bisa menjadi penyebab nafsu makan berkurang. Nah, apabila Anda merasa sedang mengkonsumsi obat-obatan tersebut maka jangan heran ya apabila nafsu makan Anda sedikit berkurang karena memang obat diatas dapat menekan nafsu makan kita.

7. Merokok dan Alkohol
Kemudian penyebab terakhir yang bisa membuat nafsu makan kita menurun adalah yaitu kebiasaan merokok dan mengkonsumsi alkohol. Nah, apabila Anda seorang perokok dan sering mengkonsumsi alkohol maka segera hentikan kebiasaan buruk tersebut karena sebenarnya kebiasaan tersebut sangat tidak baik bagi kesehatan dan bisa memicu menurunnya nafsu makan.


Itulah penyebab nafsu makan berkurang atau menurun yang sering kali tidak kita sadari. Jangan anggap sepele dan biarkan saja apabila nafsu makan mulai menurun karena hal ini nantinya bisa berdampak negatif bagi diri Anda sendiri.