Cara Mengetahui Penyakit Melalui Warna Lidah

Mendeteksi penyakit dari warna lidah mungkin tidak pernah terpikirkan oleh kita selama ini karena kebanyakan dari kita menganggap bahwa perubahan warna lidah adalah sesuatu hal yang biasa dan tidak perlu terlalu dikhwatirkan. Padahal, itu adalah sesuatu yang tidak normal karena perubahan warna lidah merupakan satu pertanda bahwa ada beberapa masalah kesehatan pada tubuh Anda.

Seperti yang kita ketahui, lidah adalah salah satu organ penting yang memiliki banyak manfaat bagi manusia. Selain berfungsi sebagai indera pengecap, lidah juga dapat membantu pencernaan makanan dengan mengunyah dan menelan. Lidah pada orang normal biasanya berwarna merah muda, namun terkadang warna lidah tersebut bisa saja berubah sesuai dengan kondisi yang terjadi pada tubuh kita sehingga untuk itu sebaiknya kita harus selalu waspada dan memperhatikan kesehatan tubuh serta lidah.

Cara Mengetahui Penyakit  Melalui Warna Lidah


Berikut dibawah ini cara mengetahui apa saja penyakit yang menyerang kita berdasarkan warna lidah.


Deteksi Penyakit Melalui Warna Lidah


1. Lidah Berwarna Putih
Seperti yang sudah dijelaskan diatas tadi bahwa lidah pada orang normal biasanya berwarna merah muda. Nah, apabila Anda mendapati warna lidah berubah menjadi warna putih maka itu bisa jadi satu pertanda bahwa Anda sedang mengalami penyakit tifus atau bisa juga menunjukan gejala flu serta masalah pencernaan. Perhatikan secara baik-baik, apabila warna putih pada lidah Anda terlihat tipis-tipis maka itu tanda nya Anda sedang kurang darah.


2. Lidah Berwarna Kuning
Pernahkah Anda mendapati warna lidah berubah menjadi kuning ? jika pernah maka jangan pernah abaikan hal tersebut karena ternyata lidah berwarna kuning adalah satu pertanda bahwa adanya infeksi bakteri. Selain itu, warna kuning ini juga bisa menandakan bahwa panas tubuh Anda sedang berlebih, yang mana hal ini disebabkan oleh karena terlalu sering mengkonsumsi alkohol, merokok, makanan pedas hingga adanya stres.

3. Lidah Berwarna Merah
Warna merah pada lidah juga bisa menjadi satu pertanda bahwa ada satu gangguan pada tubuh Anda.  Coba perhatikan, apabila warna merah hanya terdapat pada ujung lidah saja maka itu tandanya bahwa ada masalah pada jantung Anda. Namun apabila warna merah ini terdapat di ujung kanan atau kiri maka itu menandakan bahwa ginjal dan kantung empedu Anda sedang dalam kondisi tidak baik.

4. Lidah Berwarna Biru
Warna lidah biru juga menandakan adanya ketidak beresan pada kondisi tubuh Anda. Lidah berwarna biru adalah pertanda bahwa adanya darah yang dingin atau statis. Apabila warna ungu tersebut sudah sedikit menjurus ke warna ungu maka bisa dikatakan kondisi yang cukup parah.

5. Lidah Berwarna Ungu
Kemudian apabila lidah Anda terlihat berwarna ungu maka itu adalah satu pertanda bahwa aliran darah Anda sedang tidak lancar atau juga bisa menandakan bahwa Anda sedang demam. Jika warna ungun ini sudah meliputi semua bagian lidah Anda maka itu tandanya organ didalam tubuh Anda sedang mengalami panas yang cukup tinggi.


Itulah cara mengetahui penyakit dari warna lidah. Namun meskipun demikian untuk mengetahui lebih jelas apa saja penyakit yang menyerang Anda dan bagaimana cara mengatasinya maka bisa segera mengunjungi serta berkonsultasi kepada dokter.