Bahaya Langsung Minum Teh Setelah Makan

Bahaya Minum Teh Setelah Makan

Minum teh setelah makan dianggap sesuatu yang biasa, bahkan orang-orang dikampungku sering kali melakukan kebiasaan ini. Apalagi ketika sedang berada di tempat hajatan, bukannya minum air putih tetapi sehabis makan langsung dilanjutkan dengan mengkonsumsi air teh. Ini sudah menjadi kebiasaan sehingga tidak ada yang perlu dikhawatirkan.

Dulu sayapun juga berpikir seperti itu, mengkonsumsi teh setelah makan tidak akan membahayakan kita kok, buktinya masih hidup sampai saat ini. Tetapi pemikiran seperti ini akhirnya saya tinggalkan karena ternyata kebiasaan ini sangatlah tidak baik. Berikut setidaknya beberapa dampak buruk yang harus Anda ketahui apabila terus-terusan mengkonsumsi teh sehabis makan.

Bahaya Minum Teh Setelah Makan


1. Menggangu Pencernaan
Mungkin dampaknya tidak akan langsung terasa tetapi apabila terus menerus dilakukan maka lama-kelamaan nanti Anda juga akan merasakan dampaknya. Tahukah Anda bahwa daun teh itu sebenarnya bersifat asam. Nah, hal itu bisa mempengaruhi kemampuan tubuh untuk mencerna makanan.

2. Menghambat Penyerapan Zat Besi
Asam fitat yang terdapat didalam teh merupakan zat nongizi yang mana bisa mengikat mineral besi (Fe), seng (Zn), atau magnesium (Mg). Dampaknya tubuh akan kesulitan didalam menyerap mineral-mineral tersebut karena telah di ikat oleh asam fitat tadi.

Selanjutnya Anda pasti sudah tahu, dengan terhambatnya penyerapan zat besi oleh tubuh maka tubuh Anda akan kekurangan zat besi yang pada akhirnya menyebabkan Anda terkena penyakit anemia. Jadi jangan heran apabila terkadang kepala Anda merasa suka pusing ketika terus-terus melakukan kebiasaan ini.

3. Memicu Anemia
Seperti yang sudah dijelaskan diatas, minum teh setelah makan bisa menghambat penyerapan zat besi. Zat besi ini sangat penting untuk tubuh sebagai pembentuk sel darah merah, apabila pasokan zat besi berkurang maka tentunya akan membuat Anda menjadi kekurangan darah atau anemia.

4. Pengurangan Bioavailabilitas Katekin
Minum teh tepat setelah kita makan memang bisa dibilang menyegarkan dan paling pas, mau itu hangat atau diberi es, manis atau tawar. Tapi telah ditemukan juga bahwa sebenarnya mengonsumsi teh baik itu setelah maupun sambil makan malah mengurangi bioavailabilitas katekin untuk tubuh kita. Senyawa tersebut adalah senyawa yang ada pada teh dan memiliki fungsi vital pada segala macam masalah fisiologis

5. Resiko Bayi Cacat
Ibu hamil sangat tidak anjurkan melakukan kebiasaan ini yaitu minum teh setelah makan. Apabila ibu hamil sering melakukan kebiasaan ini maka akan sangat beresiko didalam melahirkan bayi cacat dibagian otak atau tulang belakang.


Itulah bahaya minum teh setelah makan yang patut Anda ketahui. Tidak ada yang melarang Anda untuk mengkonsumsi teh tetapi usahakan memberikan jeda waktu antara dua hingga tiga jam setelah mengkonsumsi makanan berat. Hal ini bertujuan supaya tubuh kita bisa menyerap zat besi dan memproduksinya dengan baik.

Share this :

Previous
Next Post »