Cara Menghilangkan Jerawat Besar Tanpa Mata


Jerawat merupakan masalah yang sering dialami oleh sebagian besar orang. Gangguan pada wajah yang satu ini merupakan masalah serius karena bisa merusak riasan make up  hingga bisa menurunkan rasa percaya diri seseorang. Terlebih lagi untuk jerawat berukuran besar tanpa mata atau lebih dikenal sebagai jerawat batu. Sebenarnya ada banyak sekali  cara menghilangkan jerawat besar tanpa mata, mulai dari cara alami hingga cara modern yang bisa dilakukan oleh salon-salon kecantikan.

Karena ukurannya yang besar, tentu jenis jerawat ini tidak bisa dibiarkan begitu saja. Dibutuhkan penanganan yang tepat agar masalah kulit yang satu ini bisa diatasi dengan benar.

Cara Menghilangkan Jerawat Besar Tanpa Mata


Ketahui Penyebabnya

Sebelum mengobatinya, alangkah lebih baik jika Anda mengetahui penyebab dari munculnya jerawat ini agar penanganan yang dilakukan bisa tepat. Perlu Anda ketahui bahwa jerawat batu timbul akibat tersumbatnya saluran kelenjar minyak di wajah oleh sebum ataupun kotoran sisa dari make up  yang tidak dibersihkan. Sumbatan ini pada akhirnya menyebabkan minyak alami pada wajah tidak bisa keluar dan akhirnya menggumpal di dalam saluran hingga membengkak (benjol).

Hal itulah yang menyebabkan terjadinya jerawat batu. Namun selain sumbatan tersebut ada beberapa hal yang menjadi pemicu munculnya jerawat batu, diantaranya adalah stress, kelenjar minyak yang hiperaktif, kotoran atau polusi, dan bakteri.

Lakukan Cara Penanganan yang Tepat

Biasanya saat muncul jerawat, tangan pasti gatal untuk segera memencetnya. Padahal hal seperti ini sama sekali tidak membantu mengatasi masalah jerawat Anda. Terlebih lagi saat kondisi jerawat sedang meradang yang ditandai dengan rasa nyeri, jerawat berwarna merah dan bengkak maka tindakan memencet hanya akan membuat bakteri menyebar dan akhirnya bisa merusak jaringan ikat kulit. Selain itu memencet jerawat akan meninggalkan cekungan atau bekas lubang secara permanen.

Jadi seberapa besarpun keinginan Anda untuk memencet jerawat maka sebaiknya hindarilah karena hal ini bukanlah langkah yang tepat.

Pilih Metode Pengobatan

Adapun cara menghilangkan jerawat besar tanpa mata secara alami adalah dengan memanfaatkan daun lidah buaya. Lidah buaya sendiri merupakan tanaman yang sudah dikenal memiliki kandungan vitamin E yang sangat baik untuk kesehatan kulit.

Hal yang harus Anda lakukan adalah mengambil daun lidah buaya secukupnya, buang bagian kulitnya dan ambil bagian gelnya untuk dibuat jus. Campur jus gel lidah buaya dengan serbuk sambiloto dan bedak dingin. Ramuan ini bisa digunakan sebagai masker yang bisa mengatasi masalah jerawat batu Anda.

Jika Anda menginginkan cara menghilangkan jerawat besar tanpa mata yang cepat, maka bisa pergi ke dokter kulit. Nantinya dokter akan memberikan suntikan kortikosteroid di bagian jerawat batu yang hasilnya bisa dilihat dalam jangka waktu 2 sampai 3 hari saja maka jerawat akan mengempis.

Cegah Jerawat Muncul Kembali

Apabila jerawat batu sudah berhasil diatasi maka sebaiknya lakukan pencegahan agar jerawat tidak muncul kembali. Berikut ini ada beberapa tips mudah untuk Anda agar jerawat tidak muncul kembali.

Adapun hal yang harus dilakukan adalah hindari makanan yang pengolahannya melalui proses digoreng, jaga kebersihan diri, hindari stress berkepanjangan, biasakan minum teh setiap hari, lakukan olahraga secara teratur agar sirkulasi darah lancar, hindari minuman yang tinggi gula, hindari alkohol, perbanyak konsumsi sayur dan buah serta batasi konsumsi makanan yang terlalu pedas.

Tentu setelah cara menghilangkan jerawat besar tanpa mata sudah berhasil Anda lakukan maka langkah pencegahan merupakan hal selanjutnya yang harus dilakukan agar jerawat tidak muncul kembali.