Penyebab Badan Menggigil Tapi Tidak Demam dan Cara Mengatasinya

Penyebab Badan Menggigil Tapi Tidak Demam

Menggigil merupakan satu hal wajar yang biasa terjadi saat kedinginan sebagai bentuk kontraksi otot yang berulang-ulang sebagai upaya untuk menghangatkan tubuh secara alami. Kondisi udara yang terlalu dingin juga bisa menjadi penyebab badan menggigil tapi tidak demam.

Untuk menggigil dengan disertai demam biasanya merupakan suatu pertanda bahwa tubuh Anda sedang melawan bakteri, virus maupun plasmodium yang menjadi penyebab berbagai macam penyakit.

Sedangkan penyebab lain dari menggigil diantaranya adalah sinusitis, radang tenggorokan, infeksi saluran kemih, malaria, bakteri gastreonteritis, meningitis, pneumonia dan flu. Untuk informasi lebih lanjut mengenai penyebab menggigil tanpa disertai demam simak terus ulasan di bawah ini.

Penyebab Badan Menggigil Tapi Tidak Demam


1. Penyakit Kista
Jika Anda mengalami gejala tubuh yang menggigil namun tidak disertai demam sebaiknya segera diwaspadai, pasalnya hal ini merupakan salah satu tanda dari penyakit kista. Kista ini umumnya menyerang kaum hawa, maka bagi Anda kaum wanita yang mengalami gejala tidak wajar pada tubuh disertai dengan menggigil namun tidak diikuti demam maka sebaiknya segera waspada.

2. Gigitan Serangga
Gigitan serangga tertentu bisa menjadi penyebab badan menggigil tapi tidak demam.  Namun hanya serangga beracun saja yang bisa menimbulkan efek seperti ini. Untuk menggigil akibat serangga, bisa disertai demam dan bisa juga tidak. Jika gejala menggigil yang diderita tidak kunjung sembuh maka sebaiknya segera periksakan diri ke dokter agar mendapatkan perawatan.

3. Lapar
Menggigil bisa saja dialami seseorang yang dalam keadaan lapar, walau Anda minum cukup banyak air namun jika tidak makan atau hanya makan sedikit saja maka bisa menyebabkan badan menggigil atau gemetar.

Makan secara teratur sangat diperlukan agar nutrisi bisa masuk untuk menjaga kesehatan tubuh. Kondisi perut yang lapar tentu saja menjadi penyebab badan menggigil tapi tidak demam karena tubuh Anda merasa kedinginan akibat dari tidak adanya nutrisi yang masuk sehingga hanya perlu makan agar suhu tubuh kembali naik.

4. Infeksi
Ketika tubuh Anda terkena infeksi maka bisa jadi tubuh menjadi menggigil. Menggigil karena infeksi ini disebabkan karena bakteri yang masuk ke dalam aliran darah menginvasi tubuh sehingga menimbulkan kedinginan yang bisa disertai demam dan tidak disertai demam.

Ciri-ciri dari penyakit ini biasanya hampir mirip dengan pneumonia dan flu. Tentu saja tenggorokan akan terasa sakit dan disertai dengan gejala flu lainnya.

5. Menopause
Proses menoupose ternyata juga bisa mengakibatkan tubuh  menggigil yang tidak disertai demam. Jika Anda mengalami kondisi tubuh yang kurang nyaman disertai dengan badan menggigil maka sebaiknya segera periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

6. Reaksi Otot
Beberapa obat-obatan tertentu memiliki efek samping yang bisa membuat badan Anda menggigil namun tidak disertai dengan demam. Adapun contoh obat dengan efek menyerupai penyakit influenza adalah antibiotik dengan dosis tinggi serta obat untuk penyakit serangan jantung.

7. Peradangan
Peradangan yang sudah akut bisa menyebabkan tubuh menggigil dan tidak disertai demam. Terlebih lagi jika peradangan ini terjadi pada bagian kandung kemih. Tubuh menggigil akibat peradangan di kandung kemih ini tentu saja tidak akan disertai demam.

Cara Mencegah Agar Badan Tidak Menggigil


Agar terhindar dari gejala menggigil, sebaiknya meminimalisir hal-hal yang bisa membuat tubuh Anda menggigil walau terkadang tidak selalu bisa seperti ini karena tidak bisa dideteksi penyebabnya tanpa diagnosis dari ahlinya.

Hindari saja beberapa hal seperti terlambat makan, konsumsi obat-obatan dengan efek samping menggigil, binatang-binatang beracun dan makanan yang bisa menyebabkan penyakit serius seperti makanan tinggi lemak dan kolesterol. Jika gejala tidak kunjung sembuh segera periksakan diri ke dokter.


Itulah beberapa penyebab badan menggigil tapi tidak demam dan cara mengatasinya. Semoga informasi di atas bermanfaat untuk Anda.