Penyebab Batuk Yang Tak Kunjung Sembuh


Batuk merupakan gangguan kesehatan yang tergolong ringan namun sangat mengganggu aktivitas dan bahkan bisa sangat memalukan karena di sembarang tempat rasa gatal di tenggorokan sangat menyiksa dan akhirnya menyebabkan batuk. Batuk kronis merupakan batuk yang tak kunjung sembuh dan berlangsung hingga 8 minggu. Ada banyak sekali penyebab batuk yang tak kunjung sembuh.

Batuk yang terjadi secara terus-terusan bisa sangat mengganggu dan bahkan membuat waktu tidur menjadi tidak nyenyak. Dalam kondisi tertentu batuk juga disertai dengan pusing, mual, hingga patahnya tulang rusuk.

Agar bisa mencari penanganan yang tepat, sebaiknya ketahui apa saja yang mungkin menjadi penyebab penyakit batuk yang tidak kunjung sembuh ini.

Penyebab Batuk yang Tak Kunjung Sembuh


1. Infeksi Saluran Pernafasan
Batuk biasanya disebabkan oleh gangguan pernafasan seperti flu, pilek dan infeksi saluran pernafasan lain. Biasanya disertai juga dengan hidung mampet dan demam akibat dari saluran udara di paru-paru yang sangat peka sehingga meradang. Jika batuk yang Anda alami disebabkan oleh hal ini maka disebut dengan sindroma batuk kronis bagian atas.

Sedangkan infeksi yang jauh lebih serius disebabkan oleh adanya virus atau bakteri yang disebut dengan pneumonia. Ciri-ciri penyakit ini adalah adanya dahak berwarna hijau, mual, nyeri di bagian dada, menggigil dan rasa lelah.

2. Penyakit Asma
Penyebab batuk yang tak kunjung sembuh yang berikutnya adalah lemahnya saluran paru-paru sehingga mudah sekali mengalami inflamasi dan pembengkakan. Biasanya batuk karena penyakit asma ini semakin parah saat pagi dan malam hari. Gejala asma biasa ditandai dengan dada kencang dan terasa sesak, kondisi ini dikenal dengan istilah serangan asma.

Untuk beberapa orang yang alergi terhadap debu, serbuk sari, rambut hewan bisa memicu timbulnya batuk  disertai dengan gejala lain seperti bersin dan hidung tersumbat. Jika mengalami hal ini maka sebaiknya segera cari tahu apa saja yang memicu timbulnya alergi dan segera hindari kontak dengan pemicunya ini. Agar tidak menimbulkan gangguan kesehatan yang lebih parah maka periksakan diri ke dokter.

3. Penyakit TBC
TBC juga menjadi salah satu penyebab batuk yang tak kunjung sembuh karena adanya infeksi bakteri pada saluran pernafasan. Dibandingkan dengan organ tubuh lain, bakteri TBC lebih sering menjangkiti paru-paru dengan presentase sebesar 90%. Adapun gejala penyakit TBC adalah batuk, berat badan menurun, mudah lelah, mual, benjolan di sekitar leher dan keringat dingin di malam hari.

4. Bronchitis Akut
Bronchitis akut adalah penyakit pada saluran paru-paru karena adanya infeksi dan peradangan. Selain batuk, penyakit ini juga sering ditandai dengan rasa sesak di dada, sakit tenggorokan, menggigil, demam dan gejala demam lain.

Biasanya bronkhitis hanya terjadi beberapa hari dan sembuh dengan sendirinya, namun batuknya hingga berminggu-minggu. Kondisi bronkhitis akut yang tak kunjung sembuh bisa menyebabkan bronkhitis kronis yang ditandai dengan produksi lendir akibat iritasi secara terus menerus.

5. Penyakit COPD
Kondisi radang atau rusaknya kantung udara dan saluran paru-paru hingga menyebabkan batuk disebut dengan istilah COPD. Batuk yang terjadi pada penderita COPD ini memicu munculnya lendir sehingga secara alami tubuh mengatasinya dengan batuk. Kerusakan saluran pernafasan akibat penyakit ini bisa juga menimbulkan sesak nafas.

Penyakit COPD menjadi penyebab batuk yang tak kunjung sembuh lebih banyak menyerang para perokok aktif. Untuk memastikan apakah seseorang terserang COPD bisa melalui serangkaian tes medis seperti  spirometry dengan cara menghirup udara sedalam mungkin dan mengeluarkannya ke dalam sebuah wadah berupa tabung.


Itulah beberapa penyebab mengapa batuk tak kunjung sembuh. Ada baiknya Anda melakukan pemeriksaan ke rumah sakit untuk meminimalisir hal-hal yang tak di inginkan.

Share this :

Previous
Next Post »