12 Manfaat Semangka Untuk Kesehatan Tubuh

Apakah Anda suka mengkonsumsi buah semangka ? saya rasa mungkin hampir setiap orang gemar dan menyukai buah yang satu ini. Selain rasanya yang manis dan enak, semangka juga bisa sangat mudah ditemukan dipasaran dan harganya juga cukup terjangkau.

Buah semangka biasanya paling enak di konsumsi saat cuaca sedang panas karena kandungan airnya yang banyak mampu menghilangkan rasa haus dengan cepat dan membuat tubuh menjadi segar kembali.

Manfaat Semangka bagi kesehatan


Nah ngomong-ngomong masalah semangka ternyata selain enak, buah yang satu ini juga memiliki manfaat dan khasiat yang luar biasa untuk kesehatan tubuh. Gak percaya ? silahkan simak apa saja manfaat dari buah semangka ini.


Manfaat Semangka Bagi Kesehatan


1. Mencegah Penyakit Asma
Manfaat buah semangka yang pertama adalah mencegah penyakit asma. Siapa sangka kandungan Vitamin C yang tinggi dalam buah semangka mampu meningkatkan kekebalan tubuh sehingga mencegah gangguan pernafasan. Hanya dengan memakan semangkuk kecil buah semangka setiap hari saja Anda dapat mencegah gangguan pernapasan yang Anda derita.

2. Menurunkan Tekanan Darah
Tekanan darah atau hipertensi biasanya dapat timbul jika seseorang sedang emosi. Buah semangka memiliki efek yang sangat baik pada pembuluh darah di jantung. Kandungan kalium yang terdapat pada semangka sangat bagus sehingga dapat menurunkan tekanan darah Anda.

3. Mencegah Dehidrasi
Apa itu dehidrasi? Dehidrasi adalah suatu kondisi dimana tubuh kekurangan cairan mineral. Karena buah  semangka memiliki banyak sekali kandungan air, kekurangan cairan mineral bisa diatasi dengan mengonsumsi semangka. Jika Anda kekurangan banyak sekali cairan mineral juga bisa membuat ginjal bekerja berat sehingga menimbulkan gangguan pada ginjal.

4. Menangkal Kanker
Manfaat buah semangka selanjutnya, dapat menangkal penyakit kanker. Vitamin C dan zat licopen pada semangka sangat penting untuk melindungi tubuh dari serangan radikal bebas penyebab kanker.  Kandungan antioksidan yang sangat tinggi dan sangat baik bagi penderita kanker prostat, kanker getah bening dan beberapa jenis kanker lainnya.

5. Mencegah Peradangan
Peradangan ternyata salah satu penyakit berbahaya. Kandungan senyawa kolin yang ada pada semangka memiliki peran penting dalam menjaga keseimbangan otot tubuh, membantu tubuh menciptakan efek rilex dan memperbaiki ingatan otak.

6. Mengatasi Nyeri Otot
Memang banyak sekali manfaat semangka bagi tubuh, asam amino citruline yang ada pada semangka dapat meredakan nyeri otot. Senyawa inilah yang membuat otot pada tubuh menjadi lebih rilex dan tidak tegang. Semangka sangat baik jika dikonsumsi oleh atlet setelah melakukan pertandingan.

7. Mengatasi Sembelit
Kandungan serat dan air yang sangat tinggi didalam buah semangka ternyata juga bisa mengatasi masalah sembelit terutama karena kekurangan serat larut dalam usus. Serat yang ada pada semangka dapat membentuk gel alami pada usus besar sehingga melancarkan penyerapan nutrisi dan juga melancarkan saat buang air besar.

8. Memelihara kesehatan Jantung
Jika buah nanas dapat mengatasi penyakit serangan jantung, lain halnya dengan semangka. Semangka berguna untuk memelihara kesehatan jantung Anda. Senyawa likopen berfungsi membantu memelihara kesehatan jantung. Semangka dapat membuat aliran darah dalam jantung menjadi lebih maksimal, memelihara sel tubuh, mengurangi tingkat oksidatif pada pembuluh darah yang sering menyebabkan serangan jantung. Selain untuk kesehatan jantung, senyawa likopen ini juga mempertahankan kepadatan tulang sehingga mencegah Anda terkena osteoporosis.

9. Membuat Kulit Halus Dan Lembut
Tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan, semangka juga baik untuk kecantikan. Vitamin A yang ada pada semangka bisa memperbaiki sistem jaringan sel tubuh pada bagian rambut dan kulit dan  menjadikan kulit lebih halus dan lembab, sehingga mencegah kulit tampak kusam dan kekurangan nutrisi. Jika Anda mengonsumsi semangka secara rutin dapat dipastikan kulit Anda akan lebihhalus dan tidak kering

10. Mengatasi Diet
Ternyata asam amino citruline yang ada pada semangka tidak hanya berguna untuk mengatasi nyeri otot tetapi dapat juga mengatasi lemak yang ada didalam tubuh. Asam amino tersebut didapatkan dari semangka setelah dirubah oleh ginjal menjadi arginin. Kemampuan senyawa ini lebih tinggi ketika diu ah menjadi arginin dan menyebabkan tubuh melemahkan sel-sel lemak dan larut dalam saluran pengeluaran.

11. Memelihara kesehatan Mata
Karena buah semangka mengandung vitamin A dan zat beta karoten yang berfungsi memelihara kesehatan retina dan lensa mata. Semangka juga bisa mencegah penyakit yang disebabkan oleh factor usia seperti katarak dan penyakit rabun pada orang tua.

12. Melancarkan urin
Semangka memiliki kandungan air yang sangat tinggi dan bisa meningkatlan aliran urin dalam tubuh sehingga mampu membantu mengeluarkan racun didalam hati sehingga meringankan sistem kerja ginjal.


Itulah 12 manfaat semangka bagi kesehatan yang mungkin jarang sekali kita ketahui. So, meskipun buah ini murah meriah tetapi sangat menyegarkan dan menyehatkan loh.